SIG dan Jamdatun Tingkatkan Sinergi untuk Mewujudkan Tata Kelola Perusahaan yang Baik

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 18 Desember 2024 - 17:03 WIB

Direktur Utama SIG, Donny Arsal (kiri) dan Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara, R. Narendra Jatna menandatangani perjanjian kerja sama bidang konsultasi hukum bidang perdata dan tata usaha negara di The East Tower, Jakarta Selatan, pada Selasa (17/12/2024).
Direktur Utama SIG, Donny Arsal (kiri) dan Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara, R. Narendra Jatna menandatangani perjanjian kerja sama bidang konsultasi hukum bidang perdata dan tata usaha negara di The East Tower, Jakarta Selatan, pada Selasa (17/12/2024).

INDUSTRY.co.id, Jakarta – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) dan Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara menyepakati kerja sama bidang konsultasi hukum bidang perdata dan tata usaha negara untuk membantu Perusahaan dalam pengambilan keputusan bisnis yang bertanggung jawab. Kerja sama ini ditandai dengan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama oleh Direktur Utama SIG, Donny Arsal dan Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara (Jamdatun), R. Narendra Jatna di The East Tower, Jakarta, Selasa (17/12/2024).

Direktur Utama SIG, Donny Arsal mengatakan, kerja sama antara SIG dan Jamdatun merupakan wujud komitmen SIG untuk menjalankan bisnis secara profesional sesuai prinsip tata kelola perusahaan yang baik. Melalui kerja sama ini, SIG berharap keputusan bisnis yang ditetapkan oleh Perusahaan sesuai dengan peraturan hukum yang berlaku sehingga dapat menciptakan nilai bagi negara dan pemangku kepentingan lainnya.

”Sebagai BUMN penyedia solusi bahan bangunan, SIG berkomitmen untuk mendukung program pembangunan infrastruktur dan perumahan yang dijalankan oleh pemerintah, melalui kelancaran pasokan produk yang bermutu dan bekualitas, serta layanan terbaik. Semua ini dapat terwujud dengan penerapan tata kelola yang baik, dan kerja sama dengan Jamdatun ini akan membantu SIG dalam pengambilan keputusan bisnis yang bertanggung jawab,” kata Donny Arsal.

Sementara itu, R. Narendra Jatna mengungkapkan bahwa misi Presiden Republik Indonesia Prabowo Subianto dalam RPJMN 2025-2029 adalah melanjutkan pengembangan infrastruktur di mana SIG dapat fokus berperan dan memberikan kontribusi. "Yang perlu menjadi perhatian bagi jajaran Direksi SIG adalah penjabaran Asta Cita yang terkait dengan pembangunan infrastruktur dalam program prioritas Presiden nomor 13 yaitu menjamin pembangunan hunian berkualitas terjangkau bersanitasi baik untuk masyarakat perdesaan/perkotaan dan rakyat yang membutuhkan," kata R. Narendra Jatna.

Selain itu, program prioritas Presiden nomor 14 yaitu melanjutkan pemerataan ekonomi dan penguatan UMKM melalui program kredit usaha dan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) serta kota-kota inovatif, karakteristik, mandiri lainnya.

R. Narendra Jatna menyampaikan apresiasi atas kepercayaan yang diberikan SIG kepada para Jaksa Pengacara Negara. "Perjanjian ini merupakan langkah strategis untuk mengoptimalkan mitigasi risiko hukum yang mungkin timbul dalam operasional bisnis SIG, baik terkait kerugian materil, immateril, risiko reputasi, maupun kepatuhan," ungkap R. Narendra Jatna.

Lebih lanjut R. Narendra Jatna menekankan pentingnya pemahaman fiduciary duty, yakni prinsip melaksanakan kepercayaan untuk mengurus perseroan dengan iktikad baik, termasuk prinsip duty of skill and care, yakni prinsip mengedepankan kecakapan dan kehati-hatian dalam pengambilan keputusan bisnis. "Setiap keputusan yang diambil harus didasari dengan prinsip kehati-hatian, beritikad baik, serta fokus pada kepentingan perseroan dengan tetap mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku," ujar R. Narendra Jatna.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dust jadi sorotan di ajang SPOTLIGHT 2024.

Rabu, 18 Desember 2024 - 19:45 WIB

DUST Membawa Sentuhan Budaya ke Panggung SPOTLIGHT 2024

Dengan mengusung tema “DUST Meets Cultural Threads”, DUST menghadirkan koleksi eksklusif hasil kolaborasi bersama PT Multi Sandang Tamajaya di ajang SPOTLIGHT 2024.

Contact Center ICONNET Raih ISO 9001:2015, Pelayanan Makin Mudah dan Cepat

Rabu, 18 Desember 2024 - 19:00 WIB

Contact Center ICONNET Raih ISO 9001:2015, Pelayanan Makin Mudah dan Cepat

Jakarta– PLN Icon Plus melalui Contact Center ICONNET menorehkan pencapaian penting dengan berhasil meraih sertifikasi ISO 9001:2015 Quality Management System dari British Standards Institution…

Seorang ibu pelaku UMKM nasabah PNM Mekaar.

Rabu, 18 Desember 2024 - 18:29 WIB

PNM Dampingi Ratusan Nasabah UMKM Pangan untuk Daftar Izin Edar BPOM

Didaftarkan ke BPOM, produk ratusan nasabah PNM Mekaar segera mendapat penilaian layak lolos ke tahap bimbingan teknis dan menjalani pendampingan.

Direktur SDM, Teknologi dan Informasi PERURI, Gandung Anggoro Murdani menerima penghargaan sebagai Perusahaan Informatif dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2024.

Rabu, 18 Desember 2024 - 18:21 WIB

PERURI Kembali Raih Penghargaan Sebagai Perusahaan Informatif

Penghargaan Sebagai Perusahaan Informatif dari KIP merupakan kali kedua PERURI meraih kategori informatif setelah tahun lalu juga mendapatkan penghargaan serupa.

Melalui Kick Off Collaboration Program, Bank Mandiri memperkuat sinergi dengan K3MART

Rabu, 18 Desember 2024 - 17:25 WIB

Perluas Ekosistem Pembayaran, Bank Mandiri Perkuat Kolaborasi dengan K3MART

Bank Mandiri terus memperluas ekosistem pembayaran digital sebagai bagian dari komitmen dalam menghadirkan layanan yang menyeluruh kepada nasabah. Upaya terbaru ini diwujudkan lewat kolaborasi…