Ajinomoto Profesional Dorong Mahasiswa Kuliner Ciptakan Hidangan Sehat dan Profitable
Oleh : Nina Karlita | Jumat, 13 Desember 2024 - 22:44 WIB

Ajinomoto Profesional Edukasi Calon Pengusaha Kuliner Kreasikan Produk yang Bijak Garam & Profitable
INDUSTRY.co.id - Jakarta – Dalam upayanya mendukung gaya hidup sehat sekaligus mendorong pertumbuhan bisnis kuliner yang berkelanjutan, Grup Ajinomoto Indonesia melaksanakan Seminar Food Service di Program Studi (Prodi) Hotel Manajemen Binus University pada 21 November 2024.
Seminar ini mengusung konsep Bijak Garam, bagian dari kampanye Ajinomoto Health Provider, yang bertujuan memperpanjang harapan hidup sehat masyarakat Indonesia melalui pola makan yang lebih baik.
Bertempat di Restaurant Laboratory Kampus Anggrek, Jakarta Barat, acara ini bertujuan memberikan wawasan kepada mahasiswa mengenai penerapan konsep sehat dan efisien dalam bisnis kuliner. Ajinomoto memperkenalkan penggunaan bahan-bahan inovatif seperti MSG AJI-NO-MOTO PLUS sebagai solusi mengurangi garam tanpa mengorbankan cita rasa.
Dalam seminar tersebut, mahasiswa tidak hanya diajak memahami keunggulan produk-produk Ajinomoto Professional, tetapi juga mendapatkan inspirasi menu berbasis pedoman gizi seimbang. Andalina Novyanti, Head of Horeca Department Ajinomoto Indonesia, menekankan pentingnya peran calon chef dalam menciptakan tren kuliner yang sehat.
“Sebagai calon pengusaha kuliner, penting bagi teman-teman mahasiswa untuk menciptakan menu yang tidak hanya lezat tetapi juga sehat dan menguntungkan. Kampanye Bijak Garam kami bertujuan membantu masyarakat mengurangi risiko penyakit metabolik seperti hipertensi tanpa kehilangan kelezatan makanan,” ujar Andalina.
Konsep Bijak Garam, lanjutnya, adalah strategi menggantikan sebagian garam dengan MSG untuk mengurangi kadar natrium secara signifikan. Sebagai contoh, penggunaan 1 sendok teh garam dan ½ sendok teh MSG dapat memberikan rasa yang sama seperti 2 sendok teh garam pada masakan, namun lebih sehat.
Mahasiswa Binus University mendapatkan kesempatan mencicipi menu Tori no Suimono, sup ayam khas Jepang, dalam dua versi: dengan hanya garam dan kombinasi garam dengan MSG. Perbedaan rasa dan kelezatan menjadi pengalaman belajar langsung mengenai manfaat konsep Bijak Garam.
Chef Dedes Dwi Ratna Sari, Executive Chef dari Stube Group Jakarta, turut hadir membagikan inspirasi lima menu inovatif, termasuk Beef Black Pepper Popia, Chicken Maryland with White Sauce, dan Sushi Sandwich with Beef Maranggi Satay. Menu-menu ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan kuliner modern yang sehat dan profitable.
Seminar ini menandai langkah awal Ajinomoto dalam memperkenalkan konsep Bijak Garam kepada mahasiswa dan calon pengusaha kuliner.
Baca Juga
Gading Festival Food & Fun, Tempat Ngabuburit dan Bukber Favorit…
SIG Hadirkan Kenyamanan Beribadah dan Berbuka Puasa di Sundown Markette…
Muhaimin Iskandar Kunjungi Sundown Markette: Komitmen Nyata Pemerintah…
The People’s Cafe (TPC) Hadirkan Menu Spesial Ramadan Kolaborasi…
Cafe Kissa, Destinasi Kuliner Jepang Modern yang Menghadirkan Kenyamanan…
Industri Hari Ini

Senin, 24 Maret 2025 - 21:48 WIB
Pepsodent, Masjid Istiqlal, dan PDGI Gelar Program 'Ramadan Berbagi BerkaHHH' untuk Jaga Kesehatan Gigi 1.500 Anak Yatim
Pepsodent bersama Masjid Istiqlal dan PDGI menggelar program "Ramadan Berbagi BerkaHHH" untuk menjaga kesehatan gigi 1.500 anak yatim melalui edukasi, layanan gratis, dan santunan.

Senin, 24 Maret 2025 - 21:41 WIB
BPOM Bantah Isu di Medsos soal Produk Ratansha Gunakan Merkuri
Jakarta-Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) membantah informasi tidak akurat di media sosial tentang pabrik skincare milik PT. Ratansha Purnama Abadi ditutup dan telah diajukan ke pengadilan…

Senin, 24 Maret 2025 - 21:26 WIB
Lebih dari 26 Tahun Sukses memperkuat Brand di Industri Transportasi, MPMRent Raih Indonesia Digital Popular Brand Award 2025
Jakarta- Dalam dunia bisnis yang kompetitif, mobilitas yang efisien dan andal menjadi faktor krusial dalam mendukung operasional perusahaan. Untuk itu, pemilihan mitra penyedia rental mobil…

Senin, 24 Maret 2025 - 20:55 WIB
HOKI Berhasil Catatkan Penjualan Rp1,29 Triliun di 2024
Produsen beras ternama merek ‘Topi Koki’ yang tercatat di Bursa Efek Indonesia, PT Buyung Poetra Sembada, Tbk., (HOKI) berhasil membukukan penjualan Rp1,29 triliun di 2024, meningkat dibandingkan…

Senin, 24 Maret 2025 - 19:55 WIB
ExportHub.id Dukung Transformasi UMKM Malang Menuju Pasar Ekspor Bersama Bank Indonesia
ExportHub.id mendukung Bank Indonesia Malang dalam kegiatan “Beyond Borders: Transformasi UMKM Menembus Pasar Ekspor” di Wilayah Kerja Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang. Acara ini…
Komentar Berita