Dompet Dhuafa Bersama PARFI Sepakati Kampanye Kemanusiaan dan Pemberdayaan Budaya

Oleh : Candra Mata | Rabu, 11 Desember 2024 - 17:35 WIB

Dompet Dhuafa resmi berkolaborasi dengan PARFI (Persatuan Artis Film Indonesia) untuk melakukan kampanye kemanusiaan dan pemberdayaan berbasis budaya. Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) yang berlangsung pada Selasa (10/12/2024), di Sasana Budaya Rumah Kita, Gedung Philanthropy, Jakarta Selatan.
Dompet Dhuafa resmi berkolaborasi dengan PARFI (Persatuan Artis Film Indonesia) untuk melakukan kampanye kemanusiaan dan pemberdayaan berbasis budaya. Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) yang berlangsung pada Selasa (10/12/2024), di Sasana Budaya Rumah Kita, Gedung Philanthropy, Jakarta Selatan.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sebagai lembaga filantropi yang telah berdedikasi selama 31 tahun dalam pemberdayaan masyarakat, Dompet Dhuafa resmi berkolaborasi dengan PARFI (Persatuan Artis Film Indonesia) untuk melakukan kampanye kemanusiaan dan pemberdayaan berbasis budaya. Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) yang berlangsung pada Selasa (10/12/2024), di Sasana Budaya Rumah Kita, Gedung Philanthropy, Jakarta Selatan.

Kesepakatan kolaborasi yang penuh makna terjalin antara dua lembaga kemanusiaan dan organisasi yang menyatukan pelaku seni dan budaya di dunia perfilman itu dikemas dalam sebuah acara bertajuk “Bersama, Berbudaya, Berdaya”, sekaligus menjadi simbol komitmen bersama untuk mendukung kegiatan kemanusiaan dan pemberdayaan melalui pendekatan budaya.

Penandatanganan dilakukan oleh Ahmad Juwaini selaku Ketua Pengurus Yayasan Dompet Dhuafa, dan Marcella Zalianty selaku Ketua Umum PARFI 56. Prosesi ini disaksikan langsung oleh Parni Hadi selaku Inisiator dan Ketua Pembina Dompet Dhuafa, Yudi Latif selaku Dewan Pembina Yayasan Dompet Dhuafa Republika, juga Rahmad Riyadi dan Yayat Supriyatna, Ketua & Anggota Pengawas Dompet Dhuafa, serta Olivia Zalianty.

Kerja sama ini bertujuan untuk memperluas cakupan kampanye kemanusiaan dan pemberdayaan masyarakat, dengan melibatkan kedua lembaga dalam program-program yang melibatkan sumber daya dari kedua belah pihak. Dompet Dhuafa, yang dikenal dengan lima pilar program pemberdayaan, yakni pendidikan, ekonomi, kesehatan, sosial kemanusiaan, dakwah, dan budaya, akan memperkuat pilar budaya dalam setiap inisiatifnya.

“Dompet Dhuafa dan PARFI menyatukan hati, menyatukan niat baik, untuk berbuat kebaikan,” ujar Parni Hadi, yang juga menambahkan bahwa sinergi ini akan membantu mempercepat dan memperluas proses dan dampak pemberdayaan masyarakat miskin di Indonesia.

Sebagai wartawan senior di Indonesia, Parni Hadi pada kolaborasi ini bermaksud akan mengadakan program creative writing. Ia akan memperkenalkan tentang jurnalisme profetik. Ia ingin sekali orang-orang yang menjadi wartawan harus memiliki sifat profetik (kenabian), yaitu menulis dengan niat baik, niat mulia, dengan tujuan yang baik, yaitu amar ma'ruf nahi mungkar. Bukan wartawan atau jurnalis yang asal nulis saja.

Sementara itu, Marcella Zalianty, dalam sambutannya mengaku kagum dengan Dompet Dhuafa yang memiliki kepedulian dan kecintaan yang besar terhadap kebudayaan. Baginya, budaya adalah kekayaan yang harus sama-sama dilestarikan dan diperkenalkan secara lebih luas. Melalui kebudayaan, masyarakat Indonesia juga memiliki kesempatan untuk memperkenalkan dan mempromosikan kekayaannya kepada dunia. lebih jauh dari itu, kebudayaan dan kemanusiaan akan semakin memperkuat identitas bangsa Indonesia. 

"Saya kagum, ternyata Dompet Dhuafa ini punya kepedulian dan kecintaan yang luar biasa terhadap kebudayaan. Kami senang sekali bahwa ini bisa menjadi ruang yang baik, yang tepat, untuk berkolaborasi menjadi lebih bermanfaat. Tidak hanya untuk profesi, tidak hanya untuk sesama, namun kita sama-sama bergandengan tangan untuk memajukan kebudayaan Indonesia dan memberdayakan masyarakat Indonesia. Melalui kerjasama ini, tentu ada banyak tujuan mulia yang ingin kita capai. Salah satunya adalah menggalang kesadaran masyarakat untuk lebih peduli lagi, lebih aktif lagi, dalam program-program pemberdayaan, khususnya lagi bagi perempuan," jelasnya.

Pada ruang lingkup kesepakatan ini, kedua lembaga sepakat untuk menjalankan beberapa program bersama, antara lain kampanye kemanusiaan dan penggalangan dana yang melibatkan berbagai kanal promosi, event, pagelaran seni, dan movement. Selain itu, dukungan dari influencer dan artis yang terlibat juga akan memperkuat program-program ini, dengan tujuan menyasar penerima manfaat dari kedua belah pihak.

Kolaborasi ini juga mencakup upaya pelestarian kebudayaan Indonesia melalui kongres, peringatan hari seni dan kebudayaan, serta pagelaran seni dan produksi film. Setiap tahun, kegiatan ini akan dilaksanakan dengan dukungan dari hasil penggalangan dana kampanye bersama.

Acara penandatanganan ditutup dengan penabuhan gong oleh Parni Hadi sebagai simbol bahwa kerja sama antara Dompet Dhuafa dan PARFI kini resmi dimulai dan siap dijalankan.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Petualangan Edukasi Bebelac Tummyversity di Jepang, Ajak Si Kecil Bereksplorasi

Rabu, 11 Desember 2024 - 19:12 WIB

Petualangan Edukasi Bebelac Tummyversity di Jepang: Ajak si Kecil Eksplorasi Untuk Dukung Tumbuh Kembang Optimalnya

Tokyo– Sebagai Ahli Pencernaan No.1, Bebelac terus berkomitmen mendukung kesehatan pencernaan anak-anak Indonesia yang merupakan aspek penting terhadap tumbuh kembang optimal, terutama terhadap…

Mercer mengungkapkan rata-rata gaji di Indonesia akan meningkat 6,3% pada tahun 2025

Rabu, 11 Desember 2024 - 18:52 WIB

Mercer Mengungkapkan Rata-Rata Gaji di Indonesia akan Meningkat 6,3% pada Tahun 2025

Jakarta– Mercer, pemimpin global dalam mendefinisikan kembali dunia kerja, mengelola hasil pensiun dan investasi, serta membuka kesehatan dan kesejahteraan karyawan yang nyata, dan merupakan…

PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC)

Rabu, 11 Desember 2024 - 18:44 WIB

ASLC Tangkap Peluang Dari Peningkatan Pembelian Mobil Bekas Menjelang Akhir Tahun 2024

Emiten perdagangan otomotif omnichannel bidang penjualan ritel mobil bekas (Caroline.id), bisnis lelang (JBA) serta bisnis gadai (MotoGadai),  PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC) terus aktif …

Edwin Lim, Country Director, Fortinet Indonesia

Rabu, 11 Desember 2024 - 18:43 WIB

Prediksi Ancaman Siber 2025 dari Fortinet: Bersiaplah untuk Ancaman Siber Berbasis AI yang Lebih Besar dan Berani

Jakarta-Fortinet, pemimpin global dalam keamanan siber yang mendorong konvergensi jaringan dan keamanan, telah merilis Laporan Prediksi Ancaman Siber 2025 , yang memberikan wawasan penting tentang…

PT Trisula Textile Industries Tbk (BELL)

Rabu, 11 Desember 2024 - 18:24 WIB

Berhasil Jaga Tren Kinerja Positif, BELL Optimis Capai Target Tahun 2024

PT Trisula Textile Industries Tbk (BELL), emiten penyedia kain, seragam, dan fashion berkualitas berhasil menjaga tren kinerja positif sepanjang tahun 2024.