Komitmen Pembangunan Berkelanjutan, Pegadaian Cetak Generasi Emas Lewat The Gade Sociopreneur

Oleh : Hariyanto | Selasa, 03 Desember 2024 - 11:02 WIB

Pemenang The Gade Sociopreneur
Pemenang The Gade Sociopreneur

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Pegadaian kembali membuktikan komitmennya terhadap pembangunan berkelanjutan dengan menggelar penganugerahan The Gade Sociopreneurship Challenge (TGSC) 2024 pada Senin (2/12/2024) di Ballroom The Gade Tower, Jakarta. Acara ini menjadi puncak dari serangkaian perjalanan panjang yang diikuti oleh ribuan mahasiswa dari seluruh Indonesia, mencerminkan semangat yang penuh dedikasi dalam menciptakan perubahan sosial. 

Turut hadir dalam acara ini Muhammad Fajrin Rasyid, Ketua Bidang Pengembangan Kewirausahaan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat DPP Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI), yang memberikan apresiasi atas inisiatif Pegadaian dalam mendorong wirausaha sosial berbasis keberlanjutan.

Mengusung tema “Young Generation Innovations Towards a Sustainable Future”, TGSC 2024 hadir sebagai wadah bagi generasi muda untuk menunjukkan kepedulian dan kreativitasnya dalam menghadapi tantangan sosial dan lingkungan melalui wirausaha sosial. Selama lebih dari tiga bulan, kompetisi ini berhasil menarik 810 tim dengan total 2.400 mahasiswa yang berasal dari 104 perguruan tinggi, tersebar di 23 provinsi dan 60 kota/kabupaten. 

Setelah melalui beberapa tahap seleksi, terpilihlah 10 tim terbaik yang diundang untuk mengikuti final di Jakarta. Setelah pitching presentasi proposal dan exhibition, ditentukan 3 tim terbaik, yakni Tim Econella dari Universitas Indonesia sebagai Juara 1, Tim Minatara dari Universitas Gadjah Mada sebagai Juara 2, dan Tim Sparkle dari Universitas Hasanuddin sebagai Juara 3. Mereka tidak hanya menunjukkan keunggulan inovasi, tetapi juga komitmen nyata terhadap pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs).

Dalam sambutannya, Direktur Jaringan, Operasi dan Penjualan PT Pegadaian Eka Pebriansyah, menegaskan pentingnya peran generasi muda dalam menciptakan masa depan yang lebih baik. 

“Melalui The Gade Sociopreneurship Challenge, kami ingin memberi ruang kepada anak muda untuk berkontribusi lebih dari sekadar ide. Kami ingin mereka menciptakan solusi nyata yang berdampak langsung pada masyarakat dan lingkungan, sekaligus menguatkan ekosistem kewirausahaan sosial di Indonesia,” jelas Eka.

Pada kesempatan yang sama, para finalis diberi kesempatan untuk memperkenalkan produk inovatifnya kepada para tamu undangan yang hadir, termasuk para mitra strategis PT Pegadaian. Dari proyek berbasis teknologi hingga inovasi yang mengedepankan pemberdayaan komunitas lokal, setiap karya yang dipamerkan membawa pesan kuat tentang masa depan berkelanjutan yang dapat diciptakan melalui kolaborasi.

Sebelumnya, 10 tim finalis terpilih telah melalui  sesi virtual camp, sebuah program mentoring intensif yang dirancang untuk memperkuat kapasitas mereka dalam wirausaha sosial. Dengan bimbingan dari para ahli, mereka belajar tentang strategi pemasaran, pengelolaan bisnis, hingga cara membangun keberlanjutan jangka panjang.

Komitmen PT Pegadaian tidak berhenti pada penghargaan ini. Para pemenang juga mendapatkan dukungan melalui pendanaan usaha dan program mentoring untuk memastikan ide-ide mereka dapat diimplementasikan dengan maksimal. Langkah ini sejalan dengan misi PT Pegadaian untuk mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, pemberdayaan masyarakat, dan inklusi keuangan di Indonesia.

TGSC menjadi bukti bahwa generasi muda Indonesia memiliki potensi besar untuk menciptakan perubahan. Dengan kreativitas dan semangat mereka, visi masa depan yang berkelanjutan kini semakin nyata.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Direktur PT DFI Retail Nusantara, Hadrianus Wahyu Trikusumo (foto tengah) beserta Jajaran Direksi memperkenalkan nama dan logo baru perusahaan dari sebelumnya PT Hero Supermarket Tbk menjadi PT DFI Retail Nusantara Tbk (”Perseroan”/”DFI Nusantara”)

Rabu, 04 Desember 2024 - 23:02 WIB

HERO Resmi Ganti Nama Jadi DFI Retail Nusantara, Fokus Kembangkan Bisnis Guardian dan IKEA

PT Hero Supermarket Tbk (HERO) mengumumkan perubahan nama menjadi PT DFI Retail Nusantara Tbk. Keputusan itu ditetapkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB).

Kemeriahan Natal dan Tahun Baru di AEON Mall Sentul City.

Rabu, 04 Desember 2024 - 22:44 WIB

Shaun The Sheep Hingga Dikta Wicaksono Meriahkan Natal dan Tahun Baru di AEON Mall Sentul City

Sejumlah kegiatan seru telah disiapkan AEON Mall Sentul City. Mulai dari penampilan dari karakter favorit Shaun The Sheep dan Attack on Titan hingga berbagai acara menarik lainnya seperti parade,…

Semarak Perayaan 2 Tahun Al Jazeerah Signature Bali

Rabu, 04 Desember 2024 - 22:17 WIB

Al Jazeerah Signature Bali, Komitmen Cita Rasa Timur Tengah dan Kepedulian Lingkungan

Al Jazeerah Signature Bali, memperkenalkan Anniversary Package yang dikurasi langsung oleh Head Chef Corporate, Chef Abu Arzouni, chef asal Lebanon yang hadirkan berbaai menu spesial khas Timur…

Terapkan Bisnis Berkelanjutan, IIF Raih CorporateTreasurer Awards 2024

Rabu, 04 Desember 2024 - 21:36 WIB

Terapkan Bisnis Berkelanjutan, IIF Raih CorporateTreasurer Awards 2024

Jakarta- PT Indonesia Infrastructure Finance (IIF) meraih CorporateTreasurer Awards 2024 yang diselenggarakan oleh Haymarket Media Group. Pada acara tersebut, IIF meraih penghargaan pada kategori…

Sun Life salurkan bantuan untuk korban erupsi gunung Lewotobi

Rabu, 04 Desember 2024 - 21:32 WIB

Sun Life Salurkan Bantuan Ratusan Juta Rupiah untuk Korban Erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki

Sun Life menjalin kerja sama dengan Wahana Visi Indonesia (WVI) telah menyalurkan bantuan dana sebesar Rp275 juta untuk mendukung pemulihan anak-anak dan komunitas yang terdampak erupsi Gunung…