Inovasi Jadi Kunci, Sejumlah Brand Sukses Raih Top Innovation Choice Award & Penghargaan Pertama di Indonesia

Oleh : Hariyanto | Senin, 02 Desember 2024 - 09:03 WIB

Peraih Top Innovation Choice Award & Penghargaan Pertama di Indonesia
Peraih Top Innovation Choice Award & Penghargaan Pertama di Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dalam menjalankan bisnis, inovasi menjadi aktivitas yang tidak bisa ditinggalkan. Ada berbagai tujuan dan keuntungan dalam melakukan inovasi, seperti dari menciptakan keunggulan kompetitif dan menemukan unique selling point, sehingga sebuah brand mampu menarik konsumen, mempertahankan pelanggan setia, hingga menemukan pelanggan baru.

Karena itu inovasi menjadi harga mati yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Terlebih lagi jika inovasi yang diciptakan adalah sesuatu yang baru dan pertama di kategorinya, hal itu akan membuat sebuah brand menjadi unggul, bahkan berpotensi menjadi market leader.

Turut mendukung perkembangan brand-brand di Indonesia dalam melakukan inovasi, infobrand.id sebagai media brand dan bisnis, bekerjasama dengan Tras N Co Indonesia, sebagai perusahaan consulting yang fokus pada penelitian dan perkembangan brand di Indonesia, kembali menghadirkan penghargaan bergengsi di bidang inovasi, yakni Top Innovation Choice Award dan Penghargaan Pertama di Indonesia. 

Top Innovation Choice Award, merupakan penghargaan bergengsi di bidang inovasi yang diberikan oleh Tras N Co Indonesia dan Media infobrand.id atas keberhasilan perusahaan atau brand dalam menciptakan inovasi produk atau layanan. Sementara penghargaan Pertama di Indonesia, yang merupakan apresiasi dan pengakuan bergengsi atas keberhasilan brand dalam menciptakan produk atau layanan dan menjadi pionir di kategorinya, untuk diberikan pengakuan publik sebagai peraih predikat yang “Pertama di Indonesia”. 

Susilowati Ningsih, CEO infobrand.id mengungkapkan, tujuan penyelenggaraan Top Innovation Choice Award untuk mendorong brand-brand di Indonesia untuk menghasilkan ide kreatif dan inovatif yang berdampak positif terhadap kinerja bisnis, sehingga menciptakan kompetisi yang kompetitif di antara perusahaan-perusahaan atau brand-brand di Indonesia. 

Sementara Penghargaan Pertama di Indonesia, diharapkan menjadi pemicu akan kepercayaan konsumen dalam memilih produk/layanan yang terdepan, dan mendorong perusahaan untuk melakukan terobosan dan inovasinya dalam membangun bisnis di Tanah Air.  

“Top Innovation Choice Award 2024 merupakan penyelenggaraan ke-12, dan Penghargaan Pertama di Indonesia ke-14, menjadi bukti penghargaan tersebut telah diterima oleh brand-brand di Indonesia, karena merupakan pengakuan sebuah brand memiliki inovasi yang telah menjadi pilihan konsumen, dan penegasan sebuah inovasi pertama di kategorinya,” jelas Susilowati Ningsih, pada Awarding Ceremony di The Sultan Hotel, Jakarta, Jumat (29/11/2024). 

Untuk menentukan pemenang dua penghargaan tersebut, infobrand.id bekerjasama dengan Tras N Co Indonesia sebagai perusahaan consulting yang fokus pada penelitian akan perkembangan brand di Indonesia. 

Panji Nurdiyansyah, Research Director Tras N Co Indonesia menjelaskan, untuk menentukan peraih Top Innovation Choice Award 2024, dilakukan penilaian terhadap lebih dari 300 inovasi produk dan layanan yang dihadirkan sepanjang satu tahun terakhir, melalui tiga aspek penilaian: Innovation Idea Aspect, Innovation Advantage Aspect dan Innovation Differentiation Aspect.

Sementara Penghargaan Pertama di Indonesia diberikan kepada perusahaan atau brand yang berhasil menciptakan inovasi baru dalam kurun waktu dua tahun terakhir, atau meluncurkan produk/jasa di kategori baru sebagai pionir di kategorinya, yang ditentukan berdasarkan tiga pendekatan: The First Aspect, Evidence Aspect dan Validation Aspect.

Panji menambahkan, dari riset dan penilaian yang dilakukan terungkap, inovasi yang dilakukan oleh brand untuk menjawab kebutuhan konsumen yang terus berubah. Dengan inovasi yang dilakukan membuat sebuah brand memiliki produk yang relevan dengan kebutuhan, sehingga menjadi pilihan yang tepat. 

“Kreativitas dalam berinovasi juga membuat perusahaan dan brand terus mengasah kemampuan yang menjadi modal besar untuk bersaing dan bertahan hidup untuk kelangsungan bisnis yang dijalankan,” jelas Panji. 

Adapun brand-brand peraih Penghargaan Top Innovation Choice Award 2024 antara lain; Joymeal dengan inovasi JoyMeal Abonori, Zymuno dengan inovasi Madu Herbal Zymuno, Jevarine dengan inovasi Calming Body Salve, Wonderlux dengan inovasi Densifying Hair Serum, Anlene dengan inovasi Anlene Gold 5X Habbatussauda, Deorex dengan inovasi Deorex Dry Max. 

Sementara Peraih Penghargaan Pertama di Indonesia, antara lain; Miutis sebagai Premium tisu bambu berwarna putih bebas klorin pertama di Indonesia yang telah teruji secara klinis non-iritan berdasarkan hasil uji SIG Laboratory. Arummi Cashew Milk sebagai Susu Kacang Mede Lokal Pertama di Indonesia. So Good Mac and Cheese Chicken Nugget sebagai Mac and Cheese Chicken Nugget Pertama di Indonesia. 

Ekonomi Sabun Cuci Piring Nanas dan Jeruk Nipis, sebagai Cairan pencuci piring pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan natural pineapple extract dari buah nanas dalam bentuk pouch. Bodrexin Flu & Batuk Pe Dry Syrup, sebagai Obat flu dan batuk dengan format Dry Syrup Pertama di Indonesia. Deorex Dry Max, sebagai Clinical Antiperspirant Pertama di Indonesia. Dan Sweety Dry X-Pert, sebagai Popok Bayi dengan Teknologi X-Zone Pertama di Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Caption foto: vivo V50

Jumat, 14 Maret 2025 - 04:27 WIB

vivo V50 Resmi Meluncur di Indonesia: Unggul dengan Teknologi Imaging ZEISS dan Resolusi Kamera Wide-Angle Tertinggi di Kelasnya

vivo Indonesia secara resmi meluncurkan vivo V50, smartphone seri V terbaru yang dirancang untuk memberikan desain yang semakin nyaman digenggam, pengalaman fotografi sekelas profesional sekaligus…

KAI Logistik bersama Dompet Dhuafa Jawa Tengah kembali menggelar program sosial bertajuk “Berbagi Parsel Ramadan dan Muliakan Yatim” pada 12 dan 13 Maret 2025. Acara yang digelar di Kantor KAI Logistik Semarang ini diisi dengan pembagian 30 paket parsel Ramadan, santunan 20 anak yatim, serta buka puasa bersama.

Jumat, 14 Maret 2025 - 03:48 WIB

KAI Logistik Jawa Tengah dan Dompet Dhuafa Jateng Gelar Berbagi Parsel Ramadan dan Muliakan Yatim

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Logistik Jawa Tengah bersama Dompet Dhuafa Jawa Tengah kembali menggelar program sosial bertajuk “Berbagi Parsel Ramadan dan Muliakan Yatim” pada 12 dan 13…

Kampanye 'Teh Celup Sosro Hidupkan Ramadanmu' (THR) 2025.

Kamis, 13 Maret 2025 - 23:23 WIB

Dukung Perempuan Berdaya, Teh Celup Sosro Bersama FOI Hadirkan 50.000 Semangat Kebaikan

Teh celup sosro, sebagai salah satu merek teh pilihan masyarakat Indonesia yang paling digemari karena ciri khas menggunakan bahan baku teh hitam berkualitas pilihan, dan diolah secara higienis…

KPID DKI Jakarta Temukan Indikasi Pelanggaran Siaran di 10 Hari Pertama Ramadhan

Kamis, 13 Maret 2025 - 23:20 WIB

KPID DKI Jakarta Temukan Indikasi Pelanggaran Siaran di 10 Hari Pertama Ramadhan

Jakarta – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) DKI Jakarta menggelar evaluasi terhadap tayangan televisi dan radio selama 10 hari pertama bulan Ramadhan. Hasil pemantauan menunjukkan masih…

Penumpang KA Ekonomi Dominasi 73,73% dari Total Pelanggan KAI pada Februari 2025

Kamis, 13 Maret 2025 - 23:11 WIB

Penumpang KA Ekonomi Dominasi 73,73% dari Total Pelanggan KAI pada Februari 2025

Jakarta-PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat peningkatan jumlah penumpang kereta api ekonomi pada Februari 2025. Total pelanggan KA Ekonomi Jarak Jauh dan Ekonomi Lokal mencapai 2.843.579…