Mahasiswa UPI Kembangkan Bahan Ajar Ekopedagogik Kuatkan Pemahaman Sumber Daya Pesisir
Oleh : Kormen Barus | Kamis, 14 November 2024 - 18:23 WIB
Pulau Tidung, Kepulauan Seribu (Ist)
INDUSTRY.co.id - Jakarta - Secara geografis, DKI Jakarta memiliki kawasan pesisir yang kaya akan sumber daya alam. Sayangnya kekayaan sumber daya alam di pesisir Jakarta itu, belum dikenal oleh para pelajar yang tinggal di pesisir Jakarta, seperti Kalibaru Cilincing, Marunda bahkan di Kepulauan Seribu, salah satu kabupaten di DKI Jakarta yang wilayahnya sebagian besar lautan.
Temuan itu terungkap dari hasil penelitian seorang mahasiswa doktoral Univeristas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Para siswa SMP di kawasan pesisir tersebut, ternyata banyak yang masih belum memahami jenis-jenis mangrove dan terumbu karang serta manfaatnya, begitu pula dengan potensi sumber alam lainnya.
“Mereka hanya tahu bahwa tumbuhan pesisir dan laut adalah tanaman bakau. Dengan begitu, pengembangan bahan ajar yang memperhatikan karakteristik lingkungan dan kearifan lokal sekolah menjadi penting, sehingga lingkungan sekolah pesisir menjadi perhatian bersama,” ujar Shahibah Yuliani, mahasiswa doktoral dari Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial UPI Bandung, kepada Industry.co.id, Kamis (14 November 2024),
Mengatasi masalah tersebut, Shahibah mengembangkan bahan ajar untuk siswa SMP yang lebih menekankan konten sumber daya alam pesisir dan laut, khususnya di perairan Jakarta. Dia meneliti dan mengembangkan bahan ajar tersebut, yakni bahan ajar ekopedagogik sebagai buku panduan IPS.
Untuk menguji buku bahan ajar tersebut, pada 25 April 2024 telah dilakukan diseminasi sebagai pengenalan produk buku yang tengah dikembangkan dan nantinya akan diberikan kepada peserta didik di sekolah kepulauan seribu dan SMP pesisir lainnya di Jakarta.
Kegiatan diseminasi tersebut diperkuat juga dengan pemberian materi kepad guru-guru di SMP 241 Pulau Tidung dalam pembuatan bahan ajar dengan memanfaatkan lingkungan lokal dan pemahaman ekoliterasi di Kawasan pesisir.
“Agar peserta didik memiliki penguasaan tentang pesisir dan kreativitas dalam memanfaatkan sumber daya pesisir dan laut,” ujar Shahibah.
Komentar Berita