Tingkatkan Kualitas Layanan Publik, BRI dan Ombudsman Republik Indonesia Gelar Sosialisasi

Oleh : Wiyanto | Jumat, 01 November 2024 - 17:35 WIB

BRI bersama Ombudsman
BRI bersama Ombudsman

INDUSTRY.co.id-Jakarta — Sebagai upaya untuk memperkuat tata kelola layanan publik, Ombudsman Republik Indonesia menggelar sosialisasi dan edukasi kepada Bank BRI tentang pencegahan maladministrasi. Kegiatan ini berlangsung di di Radio Auditorium Brilian, Kantor Pusat BRI di Jakarta pada (17/10).

Ombudsman Republik Indonesia berperan krusial sebagai pengawas dan penegak tata kelola pelayanan publik. Institusi ini bertanggung jawab dalam mengawasi, menyelesaikan laporan dan aduan masyarakat, serta memberikan rekomendasi untuk perbaikan pelayanan.

Anggota Ombudsman Republik Indonesia Sektor Perekonomian Yeka Hendra Fatika, I, menjelaskan “Kami tidak hanya mengawasi, tetapi juga berupaya membangun hubungan kolaboratif dengan penyelenggara layanan, termasuk BRI, untuk memastikan bahwa prinsip-prinsip Good Governance diterapkan secara efektif,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Retail Funding and Distribution BRI Andrijanto mengungkapkan touch point pengaduan nasabah telah bergeser dari konvensional ke digital channel melalui Sabrina dan BRImo. BRI juga telah mengembangkan tracking system pengaduan sehingga nasabah dapat memantau tahapan proses penanganan pengaduan. “BRI berkomitmen senantiasa memberikan solusi yang tepat untuk membangun kepercayaan nasabah sesuai dengan prinsip Good Corporate Governance,” ujar Andrijanto.

Dengan meningkatnya penggunaan layanan digital, BRI mencatat pertumbuhan pengguna aplikasi mobile banking mencapai 24,66% dibandingkan tahun lalu. Ini menunjukkan bahwa masyarakat semakin percaya dan beralih ke layanan digital yang lebih efisien dan transparan.

Kolaborasi antara BRI dan Ombudsman diharapkan dapat menjawab tuntutan tersebut, serta memperkuat mekanisme pengaduan yang ada, sehingga masyarakat merasa lebih terlindungi.

Ombudsman dan BRI berharap bahwa kegiatan ini dapat menjadi langkah awal untuk menciptakan lingkungan pelayanan publik yang lebih baik. Melalui edukasi dan kolaborasi yang intensif, diharapkan dapat mengurangi kasus maladministrasi dan meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap layanan perbankan.

Kegiatan sosialisasi ini menegaskan pentingnya sinergi antara lembaga publik dan sektor perbankan dalam menciptakan pelayanan yang transparan, akuntabel, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Dengan demikian, BRI dan Ombudsman siap menghadapi tantangan di era digital dan memastikan pelayanan publik yang lebih baik untuk seluruh lapisan masyarakat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelepasan ekspor Chery OMODA 5 ke Vietnam

Jumat, 01 November 2024 - 19:08 WIB

Ekspansi ke Pasar Global, Chery Motor Indonesia Ekspor Ratusan OMODA 5 ke Vietnam

PT Chery Motor Indonesia melakukan ekspor perdana 120 unit mobil OMODA 5 ke Vietnam. Bertempat di Cikarang Dry Port, ekspor perdana ini menandai komitmen besar PT Chery Motor Indonesia dalam…

 Proses pemasangan Precise Interlock Brick dalam pembangunan hunian tapak rumah lingkungan tipe 36 di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Jumat, 01 November 2024 - 17:52 WIB

Keren! SIG Tangkap Peluang Pertumbuhan dari Program 3 Juta Rumah, Profitabilitas Terjaga dan Tetap Positif

Jakarta – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melaporkan kinerja keuangan konsolidasi (unaudited) periode Januari s.d. September tahun 2024, dengan ringkasan sebagai berikut:

Rektor Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) Yudi Samyudia, Yayasan Museum Arsitektur Indonesia Avianti Armand, Herb Feith Indonesian Engagement Centre, Monash University Miya Irawati, Ph.D., Guru Besar Institut Teknologi Bandung Prof. M. Syahril B. Kusuma dan Presiden UPJ Frans Satyaki Sunito foto bersama disela acara Bedah Buku

Jumat, 01 November 2024 - 16:40 WIB

Gerak Jakarta: UPJ Gelar Bedah Buku Sejarah Pembangunan Kota Jakarta

Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) menggelar Bedah Buku "Gerak Jakarta: Sejarah Ruang-Ruang Hidup" dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun PT. Pembangunan Jaya ke-63. Acara yang diselenggarakan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita bersama jajaran direksi PT Chery Sales Indonesia saat melepas ekspor perdana OMODA 5 Turbo

Jumat, 01 November 2024 - 15:32 WIB

Dari CDP Jababeka, Menperin Agus Lepas Ekspor Perdana Chery OMODA 5 Turbo Setir Kiri ke Vietnam

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita secara resmi melepas ekspor mobil Chery OMODA 5 ke Vietnam. Pelepasan ekspor perdana Chery Indonesia ini dilakukan di pelabuhan Cikarang…

ALVA perkenalkan warna dan fitur baru N3 di IMOS 2024

Jumat, 01 November 2024 - 15:27 WIB

Hadir di IMOS 2024, ALVA Perkenalkan Warna dan Fitur Unggulan N3

ALVA, merek kendaraan listrik terkemuka di Indonesia, memperkenalkan tiga warna baru untuk motor listrik N3 dalam acara Press Day di IMOS 2024 yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang.