Lazarus Eksploitasi Kerentanan Zero-Day di Chrome Untuk Mencuri Kripto

Oleh : Hariyanto | Kamis, 31 Oktober 2024 - 16:02 WIB

Ilustrasi Aset Kripto
Ilustrasi Aset Kripto

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tim Riset dan Analisis Global Kaspersky (GReAT) mengungkap kampanye berbahaya canggih oleh kelompok Advanced Persistent Threat (APT) Lazarus, yang menargetkan investor kripto di seluruh dunia. 

Para penyerang menggunakan situs web permainan kripto palsu yang mengeksploitasi kerentanan zero-day di Google Chrome untuk memasang spyware dan mencuri kredensial dompet kripto. Temuan ini dipresentasikan di Security Analyst Summit 2024 di Bali.

Pada bulan Mei 2024, para ahli Kaspersky, saat menganalisis insiden dalam telemetri Kaspersky Security Network, mengidentifikasi serangan menggunakan malware Manuscrypt, yang telah digunakan oleh kelompok Lazarus sejak 2013 dan didokumentasikan oleh Kaspersky GReAT dalam lebih dari 50 kampanye unik yang menargetkan berbagai industri. 

Analisis lebih lanjut mengungkapkan kampanye berbahaya canggih sangat bergantung pada teknik rekayasa sosial dan AI generatif untuk menargetkan investor kripto.

Kelompok Lazarus dikenal karena serangannya yang sangat canggih pada platform kripto dan memiliki riwayat menggunakan eksploitasi zero-day. Kampanye yang baru terungkap ini mengikuti pola yang sama: Peneliti Kaspersky menemukan bahwa pelaku ancaman mengeksploitasi dua kerentanan, termasuk bug kebingungan tipe yang sebelumnya tidak diketahui di V8, mesin JavaScript dan WebAssembly sumber terbuka Google. 

Kerentanan zero-day ini diperbaiki sebagai CVE-2024-4947 setelah Kaspersky melaporkannya ke Google. Kerentanan ini memungkinkan penyerang untuk mengeksekusi kode arbitrer, melewati fitur keamanan, dan melakukan berbagai aktivitas jahat. Kerentanan lain digunakan untuk melewati perlindungan sandbox V8 Google Chrome.

Para penyerang mengeksploitasi kerentanan ini melalui situs web gim palsu yang dirancang secara menyeluruh dan mengundang pengguna untuk bersaing secara global dengan tank NFT. Mereka berfokus pada membangun rasa percaya untuk memaksimalkan efektivitas kampanye, merancang detail untuk membuat aktivitas promosi yang tampak senyata mungkin. 

Ini termasuk pembuatan akun media sosial di X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter) dan LinkedIn untuk mempromosikan gim selama beberapa bulan, menggunakan gambar yang dihasilkan AI untuk meningkatkan kredibilitas. Lazarus telah berhasil mengintegrasikan AI generatif ke dalam operasi mereka, dan para ahli Kaspersky mengantisipasi bahwa para penyerang akan merancang serangan yang lebih canggih menggunakan teknologi ini.

Para penyerang juga berupaya melibatkan influencer kripto untuk promosi lebih lanjut, memanfaatkan kehadiran media sosial mereka tidak hanya untuk mendistribusikan ancaman tetapi juga untuk menargetkan akun kripto mereka secara langsung.

"Meskipun sebelumnya kita pernah melihat pelaku APT mengejar keuntungan finansial, kampanye ini unik. Para penyerang melampaui taktik yang biasa dengan menggunakan game yang berfungsi penuh sebagai kedok untuk mengeksploitasi zero-day Google Chrome dan menginfeksi sistem yang menjadi target, " kata Boris Larin, Pakar Keamanan Utama di GReAT Kaspersky.

"Dengan pelaku terkenal seperti Lazarus, bahkan tindakan yang tampaknya tidak berbahaya—seperti mengeklik tautan di jejaring sosial atau dalam email—dapat mengakibatkan peretasan total pada komputer pribadi atau seluruh jaringan perusahaan. Upaya signifikan yang diinvestasikan dalam kampanye ini menunjukkan bahwa mereka memiliki rencana yang ambisius, dan dampak sebenarnya bisa jauh lebih luas, berpotensi memengaruhi pengguna dan bisnis di seluruh dunia," imbuhnya.

Pakar Kaspersky menemukan permainan sah yang tampaknya merupakan prototipe untuk versi penyerang. Tak lama setelah penyerang meluncurkan kampanye untuk mempromosikan permainan mereka, pengembang permainan asli mengklaim bahwa kripto senilai US$20.000 telah ditransfer dari dompet mereka. Logo dan desain permainan palsu tersebut sangat mirip dengan yang asli, hanya berbeda dalam penempatan logo dan kualitas visual. 

Mengingat adanya kesamaan dan tumpang tindih dalam kode tersebut, para ahli Kaspersky menekankan bahwa anggota Lazarus berusaha keras untuk memberikan kredibilitas pada serangan mereka. Mereka membuat permainan palsu menggunakan kode sumber yang dicuri, mengganti logo dan semua referensi ke permainan yang sah untuk meningkatkan ilusi keaslian dalam versi mereka yang hampir identik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sunscreen Amaterasun.

Kamis, 02 Januari 2025 - 19:32 WIB

7 Rekomendasi Sunscreen Amaterasun yang Sesuai dengan Jenis Kulit dan Kebutuhan

Amaterasun hadir dengan inovasi produk Intelligent DNA Guardian yang menawarkan multi proteksi hingga level DNA, memperkuat skin barrier, dan menjaga kulit tetap sehat serta awet muda dalam…

Somethinc Calm Down Gentle Micellar Water.

Kamis, 02 Januari 2025 - 17:25 WIB

Somethinc Perluas Seri Calm Down dengan Gentle Micellar Water untuk Kulit Sensitif

Somethinc Calm Down Gentle Micellar Water dirancang untuk tidak hanya menghapus waterproof makeup dan sunscreen, tetapi juga membersihkan debu, kotoran, dan partikel polusi, serta menenangkan…

Dok. Pertamina Trans Kontinental

Kamis, 02 Januari 2025 - 15:15 WIB

Transformasi Standarisasi Marine Terminal, PTK Gelar Go Live POC Digitalization Port Operation

PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) tutup tahun 2024 dengan menggelar go live Proof of Concept (POC) Digitalization Port Operation sekaligus meresmikan Operation Command Center Room pada selasa…

Peluncuran AZKO

Kamis, 02 Januari 2025 - 15:07 WIB

Perjanjian Lisensi Dengan ACE Hardware International Holdings, Ltd. Berakhir, ACES Luncurkan AZKO

PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (AHI) (ACES) resmi meluncurkan AZKO, identitas merek baru yang menandai langkah strategis perusahaan sebagai Your Home Life Improvement Partner untuk masyarakat…

Kerjasama XPENG dan ERAL

Kamis, 02 Januari 2025 - 14:48 WIB

Lanjutkan Ekspansi, XPENG Tunjuk ERAL Sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek di Indonesia

Melanjutkan ekspansi ke pasar Asia Tenggara, XPENG, perusahaan mobilitas berbasis AI sekaligus produsen kendaraan listrik pintar (Smart EV) asal Tiongkok resmi menunjuk Erajaya Active Lifestyle…