Di Usia ke-9, Ninja Xpress Fokus Pada Bisnis Berkelanjutan Melalui Semangat Rekalibrasi

Oleh : Candra Mata | Kamis, 31 Oktober 2024 - 08:38 WIB

Semangat Rekalibrasi Ninja Xpress
Semangat Rekalibrasi Ninja Xpress

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Merayakan 9 tahun perjalanan memajukan industri logistik tanah air, Ninja Xpress melakukan Rekalibrasi sebagai langkah bisnis melalui upaya transformasi yang fokus pada model bisnis Business-to-business-restock (“B2BR”) yang bertujuan untuk mendukung para pelaku bisnis ritel atau korporasi dalam mencapai tujuan bisnis mereka.

Menerapkan model bisnis B2B dengan menghadirkan berbagai layanan inovatif seperti layanan Ninja Business to Business Restock (“B2BR”) yang di didukung oleh ekosistem logistik yang terintegrasi, Ninja Xpress berupaya untuk memberi dampak yang jauh lebih besar bagi supply chain management Indonesia dan juga menghadirkan berbagai pilihan pengiriman yang dibutuhkan oleh korporasi. 

Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer Ninja Xpress menjelaskan, selama sembilan tahun terakhir Ninja Xpress selalu beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan pasar. "Melalui semangat Rekalibrasi, kami memfokuskan kembali model bisnis untuk lebih mendukung korporasi secara berkelanjutan dengan tetap berfokus pada semangat yang sama yakni selalu siap bantu sampai di tujuan. Dengan ekosistem logistik yang telah berdiri sejak 2015, kami tidak hanya memperhatikan volume pengiriman, tetapi juga ingin memberikan nilai lebih yang mendukung pertumbuhan bisnis seluruh shipper kami" ujarnya.

Dalam semangat Rekalibrasi, Andi Djoewarsa menambahkan, Ninja Xpress beradaptasi dan mentransformasi bisnisnya agar tetap relevan dengan kebutuhan beragam kebutuhan. "Memanfaatkan ekosistem logistik yang sudah terbangun, Ninja Xpress memperkuat fasilitasnya dengan meluncurkan beberapa layanan baru pada tahun 2024, yaitu Ninja International Deliveries dan Ninja B2BR,"terangnya.

Adapun langkah ini bertujuan untuk memperkokoh pondasi bisnis guna melayani kebutuhan platform dan korporasi, serta memastikan setiap layanan berdampak signifikan bagi keberlanjutan dan profitabilitas Ninja Xpress dan para shipper.

Tak hanya itu, layanan Ninja B2BR sendiri dirancang khusus untuk mengoptimalkan manajemen rantai pasok atau supply chain bagi korporasi, terutama pelaku bisnis ritel. "Melalui Ninja B2BR, Ninja Xpress menawarkan solusi logistik terintegrasi yang mencakup manajemen pergudangan, pengiriman, serta layanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap shipper," ungkap Andi Djoewarsa.

Lebih lanjut Andi Djoewarsa menerangkan, model bisnis B2B ini memberikan fleksibilitas bagi mitra usaha untuk mengelola operasi logistik secara praktis dan ekonomis sesuai skala bisnis mereka. "Salah satu korporasi Ninja Xpress yang akan memanfaatkan layanan Ninja B2BR adalah brand kecantikan Larissa Aesthetic Center asal Yogyakarta, yang telah berdiri lebih dari 40 tahun dan memiliki lebih dari 50 cabang tersebar di berbagai wilayah Indonesia," pungkasnya.

Dionisius Simanjuntak, Sales & Marketing Manager Larissa, menjelaskan bahwa tantangan utama yang dihadapi Larissa dengan banyaknya cabang di seluruh Indonesia adalah memastikan pengiriman produk tepat waktu dan kualitasnya tetap terjaga. "Jika stabilitas suhu selama pengiriman tidak terjamin, kualitas produk dapat menurun dan memungkinkan produk dikembalikan, yang tentu berdampak pada bisnis kami," jelasnya.

Larissa mengungkapkan, untuk mengatasi ini, Larissa bekerja sama dengan Ninja Xpress melalui layanan Ninja B2BR yang memungkinkan pemantauan dan pengendalian proses pengiriman secara menyeluruh. “Dengan Ninja B2BR, kami dapat melacak pengiriman dari setiap cabang hingga sampai ke konsumen tanpa biaya tambahan, yang selain praktis, juga mendukung efisiensi biaya operasional pengiriman kami,” terangnya.

Selain itu, shipper lain, Love Bonito, brand fashion wanita global dengan kehadiran di berbagai negara termasuk Indonesia, juga memanfaatkan layanan Ninja B2BR untuk mendukung manajemen rantai pasok produk fashion mereka. 

Gracio, Operations and Place Manager Love Bonito untuk Indonesia & Malaysia, menjelaskan bahwa kebutuhan mereka tidak hanya pada pengiriman tetapi juga pada manajemen rantai pasok yang profesional. “Kemudahan integrasi sistem Ninja Xpress telah mempercepat proses supply chain dan secara signifikan mengurangi beban operasional kami. Dengan diskon hingga 45% dan tingkat ketepatan waktu di atas 95%, Ninja Xpress mendukung keberlanjutan bisnis Love Bonito sekaligus menjaga kepuasan pelanggan,” ujarnya.

Selain Larissa dan Love Bonito, beberapa Shipper Ninja Xpress lainnya yang bergerak di bidang kecantikan juga menggunakan Ninja B2BR seperti RAENA Beauty, PT. Mutiara Berlian Solo, dan Collagen Roove. Selain itu ada beberapa shipper dari industri food and beverages juga puas menggunakan layanan Ninja B2BR yaitu Bluder Cokro, Kartika Sari, dan minuman Dirnosaurus.

9 Tahun Perjalanan Ninja Xpress

Adanya transformasi dalam semangat Rekalibrasi ini bukan sesuatu yang tiba-tiba, sejak pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2015, Ninja Xpress telah konsisten beradaptasi dan berkembang seiring dengan perubahan kebutuhan pasar. Melalui kolaborasi dengan berbagai marketplace di Indonesia, Ninja Xpress terus memperluas jangkauan layanan dan inovasi digital, hingga berhasil menjangkau 100% wilayah Indonesia pada tahun 2018.

Pada tahun 2022, Ninja Xpress meluncurkan berbagai edukasi bisnis inovatif seperti blog.ninjaxpress.co hingga riset Suara UKM negeri yaitu riset yang dilakukan bersama pihak ketiga, mencari trend yang sedang terjadi di industri sebagai bahan pelajaran bagi ritel maupun UMKM, dan bekerja sama untuk menyediakan layanan terbaik untuk UKM.

Selain itu, sejak Januari hingga Agustus 2024, Ninja Xpress telah mengantarkan lebih dari 54 juta paket, dengan dukungan lebih dari 27.000 Ninjas yang tersebar di seluruh Indonesia. Ninja Xpress juga terus memperkuat kolaborasinya dengan pemerintah, termasuk menjadi mitra resmi Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat dalam mendukung program "Jabar Juara" serta Rumah UMKM Jabar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Karya Seni Kolaborasi TACO dan Indieguerillas

Kamis, 31 Oktober 2024 - 12:11 WIB

Dukung Industri Kreatif, TACO dan Indieguerillas Berkolaborasi Hadirkan Karya Seni di Pameran Art Jakarta 2024

TACO, perusahaan penyedia solusi interior di Indonesia, dengan bangga kembali hadir di pameran seni rupa kontemporer internasional, Art Jakarta 2024 yang diselenggarakan pada 4 - 6 Oktober 2024…

Taco di Indobuild Tech BSD Tangerang

Kamis, 31 Oktober 2024 - 12:00 WIB

TACO Kembali Raih Penghargaan Superbrands 2024

TACO, perusahaan penyedia solusi interior di Indonesia, pelapis dinding dan lantai, aksesori furniture, serta lem kuning serbaguna untuk memenuhi kebutuhan proyek residential dan komersial,…

Wakil Direktur utama BSI Bob T Ananta (tengah) menyaksikan penandatangan nota kesepahaman pemanfaatan layanan jasa dan produk perbankan syariah antara PT Bank Syariah Indonesia Tbk dan CV Amanda di acara Indonesia Sharia Economic Festival 2024. Ditandatangani oleh Business & Financing Analyst Senior Manager CV Amanda Agus Supriadi (kiri) dan Senior Vice President Commercial BSI Akbar Ghania Permana

Kamis, 31 Oktober 2024 - 11:49 WIB

BSI Perkuat Halal Ekosistem, Optimalkan Potensi Industri Makanan dan Minuman

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) memperkuat posisi sebagai market leader bank syariah dengan terus menggali potensi bisnis ekosistem halal dari berbagai segmen industri, salah satunya industri…

SD Darmono Dirut PT Jababeka Tbk dan Budianto Liman, Wadirut PT Jababeka Tbk (Foto Bisnis.com)

Kamis, 31 Oktober 2024 - 11:48 WIB

Kinerja Solid, Laba Bersih Jababeka (KIJA) Melonjak 232 Persen

PT Jababeka Tbk (KIJA) mencatatkan pendapatan total sebesar Rp 3.367 miliar untuk sembilan bulan pertama tahun 2024 (9M24), meningkat 47% dibandingkan periode yang sama tahun 2023 (9M23).

Muscle First Rilis New Pro Creatine

Kamis, 31 Oktober 2024 - 10:40 WIB

Muscle First Rilis New Pro Creatine yang Bikin Latihan Lebih Intens

Muscle First resmi merilis produk terbaru mereka yaitu New Pro Creatine. Meskipun sebelumnya sudah memiliki produk creatine tersendiri, rupanya Muscle First tetap bersemangat melakukan ekspansi…