Di Usia ke-9, Ninja Xpress Fokus Pada Bisnis Berkelanjutan Melalui Semangat Rekalibrasi

Oleh : Candra Mata | Kamis, 31 Oktober 2024 - 08:38 WIB

Semangat Rekalibrasi Ninja Xpress
Semangat Rekalibrasi Ninja Xpress

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Merayakan 9 tahun perjalanan memajukan industri logistik tanah air, Ninja Xpress melakukan Rekalibrasi sebagai langkah bisnis melalui upaya transformasi yang fokus pada model bisnis Business-to-business-restock (“B2BR”) yang bertujuan untuk mendukung para pelaku bisnis ritel atau korporasi dalam mencapai tujuan bisnis mereka.

Menerapkan model bisnis B2B dengan menghadirkan berbagai layanan inovatif seperti layanan Ninja Business to Business Restock (“B2BR”) yang di didukung oleh ekosistem logistik yang terintegrasi, Ninja Xpress berupaya untuk memberi dampak yang jauh lebih besar bagi supply chain management Indonesia dan juga menghadirkan berbagai pilihan pengiriman yang dibutuhkan oleh korporasi. 

Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer Ninja Xpress menjelaskan, selama sembilan tahun terakhir Ninja Xpress selalu beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan pasar. "Melalui semangat Rekalibrasi, kami memfokuskan kembali model bisnis untuk lebih mendukung korporasi secara berkelanjutan dengan tetap berfokus pada semangat yang sama yakni selalu siap bantu sampai di tujuan. Dengan ekosistem logistik yang telah berdiri sejak 2015, kami tidak hanya memperhatikan volume pengiriman, tetapi juga ingin memberikan nilai lebih yang mendukung pertumbuhan bisnis seluruh shipper kami" ujarnya.

Dalam semangat Rekalibrasi, Andi Djoewarsa menambahkan, Ninja Xpress beradaptasi dan mentransformasi bisnisnya agar tetap relevan dengan kebutuhan beragam kebutuhan. "Memanfaatkan ekosistem logistik yang sudah terbangun, Ninja Xpress memperkuat fasilitasnya dengan meluncurkan beberapa layanan baru pada tahun 2024, yaitu Ninja International Deliveries dan Ninja B2BR,"terangnya.

Adapun langkah ini bertujuan untuk memperkokoh pondasi bisnis guna melayani kebutuhan platform dan korporasi, serta memastikan setiap layanan berdampak signifikan bagi keberlanjutan dan profitabilitas Ninja Xpress dan para shipper.

Tak hanya itu, layanan Ninja B2BR sendiri dirancang khusus untuk mengoptimalkan manajemen rantai pasok atau supply chain bagi korporasi, terutama pelaku bisnis ritel. "Melalui Ninja B2BR, Ninja Xpress menawarkan solusi logistik terintegrasi yang mencakup manajemen pergudangan, pengiriman, serta layanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap shipper," ungkap Andi Djoewarsa.

Lebih lanjut Andi Djoewarsa menerangkan, model bisnis B2B ini memberikan fleksibilitas bagi mitra usaha untuk mengelola operasi logistik secara praktis dan ekonomis sesuai skala bisnis mereka. "Salah satu korporasi Ninja Xpress yang akan memanfaatkan layanan Ninja B2BR adalah brand kecantikan Larissa Aesthetic Center asal Yogyakarta, yang telah berdiri lebih dari 40 tahun dan memiliki lebih dari 50 cabang tersebar di berbagai wilayah Indonesia," pungkasnya.

Dionisius Simanjuntak, Sales & Marketing Manager Larissa, menjelaskan bahwa tantangan utama yang dihadapi Larissa dengan banyaknya cabang di seluruh Indonesia adalah memastikan pengiriman produk tepat waktu dan kualitasnya tetap terjaga. "Jika stabilitas suhu selama pengiriman tidak terjamin, kualitas produk dapat menurun dan memungkinkan produk dikembalikan, yang tentu berdampak pada bisnis kami," jelasnya.

Larissa mengungkapkan, untuk mengatasi ini, Larissa bekerja sama dengan Ninja Xpress melalui layanan Ninja B2BR yang memungkinkan pemantauan dan pengendalian proses pengiriman secara menyeluruh. “Dengan Ninja B2BR, kami dapat melacak pengiriman dari setiap cabang hingga sampai ke konsumen tanpa biaya tambahan, yang selain praktis, juga mendukung efisiensi biaya operasional pengiriman kami,” terangnya.

Selain itu, shipper lain, Love Bonito, brand fashion wanita global dengan kehadiran di berbagai negara termasuk Indonesia, juga memanfaatkan layanan Ninja B2BR untuk mendukung manajemen rantai pasok produk fashion mereka. 

Gracio, Operations and Place Manager Love Bonito untuk Indonesia & Malaysia, menjelaskan bahwa kebutuhan mereka tidak hanya pada pengiriman tetapi juga pada manajemen rantai pasok yang profesional. “Kemudahan integrasi sistem Ninja Xpress telah mempercepat proses supply chain dan secara signifikan mengurangi beban operasional kami. Dengan diskon hingga 45% dan tingkat ketepatan waktu di atas 95%, Ninja Xpress mendukung keberlanjutan bisnis Love Bonito sekaligus menjaga kepuasan pelanggan,” ujarnya.

Selain Larissa dan Love Bonito, beberapa Shipper Ninja Xpress lainnya yang bergerak di bidang kecantikan juga menggunakan Ninja B2BR seperti RAENA Beauty, PT. Mutiara Berlian Solo, dan Collagen Roove. Selain itu ada beberapa shipper dari industri food and beverages juga puas menggunakan layanan Ninja B2BR yaitu Bluder Cokro, Kartika Sari, dan minuman Dirnosaurus.

9 Tahun Perjalanan Ninja Xpress

Adanya transformasi dalam semangat Rekalibrasi ini bukan sesuatu yang tiba-tiba, sejak pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2015, Ninja Xpress telah konsisten beradaptasi dan berkembang seiring dengan perubahan kebutuhan pasar. Melalui kolaborasi dengan berbagai marketplace di Indonesia, Ninja Xpress terus memperluas jangkauan layanan dan inovasi digital, hingga berhasil menjangkau 100% wilayah Indonesia pada tahun 2018.

Pada tahun 2022, Ninja Xpress meluncurkan berbagai edukasi bisnis inovatif seperti blog.ninjaxpress.co hingga riset Suara UKM negeri yaitu riset yang dilakukan bersama pihak ketiga, mencari trend yang sedang terjadi di industri sebagai bahan pelajaran bagi ritel maupun UMKM, dan bekerja sama untuk menyediakan layanan terbaik untuk UKM.

Selain itu, sejak Januari hingga Agustus 2024, Ninja Xpress telah mengantarkan lebih dari 54 juta paket, dengan dukungan lebih dari 27.000 Ninjas yang tersebar di seluruh Indonesia. Ninja Xpress juga terus memperkuat kolaborasinya dengan pemerintah, termasuk menjadi mitra resmi Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat dalam mendukung program "Jabar Juara" serta Rumah UMKM Jabar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Thomas Franken, Direktur K, Portfolio Plastics & Rubber, Messe Düsseldorf GmbH dan Rini Sumardi Direktur Wakeni (wahana kemala niaga)

Kamis, 21 November 2024 - 14:51 WIB

Messe Duesseldorf Ajak Industri Plastik dan Karet Indonesia Akselerasi Penerapan Industri Hijau Melalui Pameran K

Jakarta– Messe Düsseldorf selaku penyelenggara pameran K mengajak para pengusaha industri plastik dan karet Indonesia untuk mengakselerasi penerapan industri hijau di lingkungan bisnis mereka.

Peluncuran Nippon Paint Spotless Plus Series

Kamis, 21 November 2024 - 14:26 WIB

Nippon Paint Luncurkan Spotless Plus Series Dengan Inovasi AirGuard Technology untuk Rumah Lebih Sehat

Nippon Paint meluncurkan Spotless Plus Series dengan hasil akhir Matt & Sheen, cat interior ultra-premium dengan spesifikasi setara untuk project rumah sakit, kini dapat digunakan oleh para…

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad

Kamis, 21 November 2024 - 13:42 WIB

Peringatan Bulan Mutu Nasional 2024: Standardisasi untuk Transformasi Ekonomi yang Berkelanjutan

Dalam upaya mewujudkan visi Indonesia Emas 2045 dan mendukung target pertumbuhan ekonomi sebesar 8 %, Pemerintah Indonesia terus mendorong penerapan pembangunan berkelanjutan yang tertuang dalam…

Bank Saqu rayakan satu tahun perjalanan dengan menghadirkan program Rising Stars

Kamis, 21 November 2024 - 12:42 WIB

Rayakan Satu Tahun Perjalanan, Bank Saqu Gelar Rising Stars sebagai Ajang Apresiasi Bagi Mitra Strategis

Dalam rangka merayakan perjalanan tahun pertama yang penuh inspirasi, Bank Saqu, layanan perbankan digital dari PT Bank Jasa Jakarta yang dimiliki oleh Astra Financial dan WeLab, menggelar acara…

Pameran SIAL Interfood

Kamis, 21 November 2024 - 11:19 WIB

Korea Pavilion Hadirkan 24 Brand Ternama di SIAL Interfood 2024

Kementerian Pertanian Republik Korea bersama dengan Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corporation (aT Center) berpartisipasi dalam Pameran Pangan Terbesar se-Indonesia, SIAL Interfood 2024 yang…