Kupas Revolusi AI, Infomedia Hadirkan INFINITE Conference 2024

Oleh : Wiyanto | Rabu, 30 Oktober 2024 - 12:29 WIB

Prescon Infinite yang digelar Infomedia anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia Tbk,Kiri-Kanan: Andri Herawan Sasoko - VP Corporate Communication Telkom Telkom, Eddy Sofryano - Direktur Utama Infomedia, Honesti Basyir - Direktur Group Business Development Telkom dan Komang Budi Aryasa - EVP Digital Business and Technology Telkom
Prescon Infinite yang digelar Infomedia anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia Tbk,Kiri-Kanan: Andri Herawan Sasoko - VP Corporate Communication Telkom Telkom, Eddy Sofryano - Direktur Utama Infomedia, Honesti Basyir - Direktur Group Business Development Telkom dan Komang Budi Aryasa - EVP Digital Business and Technology Telkom

INDUSTRY.co.id-Jakarta - PT Infomedia Nusantara (Infomedia) yang merupakan anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk yang bergerak di layanan alih daya proses bisnis digital (Digital BPO), sukses menyelenggarakan konferensi pertamanya dengan tema “INFINITE - Infomedia Insight for Technology Excellence.” Acara yang berlangsung di Auditorium Telkom Landmark Tower, Jakarta Selatan ini mengangkat topik inovasi serta keunggulan teknologi dalam transformasi bisnis menuju digital.

Konferensi ini mempertemukan para pelaku bisnis dari berbagai industri untuk mendiskusikan penerapan proses bisnis modern yang didukung oleh teknologi mutakhir seperti otomasi, kecerdasan buatan (AI), dan analitik.

Direktur Utama Infomedia Eddy Sofryano menyampaikan, “INFINITE merupakan bagian dari komitmen Infomedia untuk mendukung perusahaan-perusahaan di Indonesia dalam menghadapi tantangan dan mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan melalui penerapan teknologi 3A. Konferensi ini akan menyoroti penggunaan strategis teknologi 3A (Automation, AI & Analytics) untuk mendorong pertumbuhan, efisiensi, dan efektivitas dalam operasi bisnis, dengan meningkatkan keterlibatan pelanggan. Dengan hadirnya INFINITE, kami berharap terbentuk sinergi dan kolaborasi dalam penerapan teknologi digital untuk mendukung peningkatan daya saing perusahaan serta pengalaman bagi pelanggan.”

Pembahasan 3A, yang kali ini difokuskan pada topik AI, merupakan respons terhadap tren teknologi yang tengah berkembang pesat di dunia bisnis saat ini. Menurut Regional Head, Cloud AI Customer Engineering di Google Cloud Dambo Ren, saat ini investasi dalam kecerdasan buatan (AI) mengalami pertumbuhan pesat, mencapai 158 miliar dolar dan berkembang hingga 10 kali lipat. Lebih lanjut, Dambo menyampaikan bahwa sekitar 60% perusahaan di wilayah Asia Pasifik telah mengadopsi Generative AI, yang berkontribusi pada peningkatan pendapatan hingga 6% ketika diterapkan dalam proses produksi dan operasional bisnis. Keterlibatan AI pada tahap yang lebih lanjut ini menegaskan pentingnya teknologi ini dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional perusahaan, termasuk di Indonesia.

Jajak pendapat yang dilakukan oleh Gartner menunjukkan bahwa 55% perusahaan telah menjajaki penerapan AI dalam produksi mereka, dan 45% lainnya meningkatkan investasi pada AI generatif di berbagai fungsi bisnis. Dengan persentase 22% mengalokasikan investasi di lebih dari tiga fungsi yang berbeda, dapat diobservasi bahwa pengembangan perangkat lunak mencatatkan adopsi tertinggi, diikuti oleh pemasaran dan layanan pelanggan. Keterlibatan teknologi ini menunjukkan betapa pentingnya AI dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional perusahaan, tidak terkecuali di Indonesia.

Penerapan teknologi dan inovasi AI juga merupakan langkah TelkomGroup dalam mendukung transformasi digital di Indonesia. Dalam kesempatan yang sama, Direktur Group Business Development Telkom Honesti Basyir menyampaikan, “Peningkatan kapabilitas AI di TelkomGroup dilakukan melalui berbagai pengembangan teknologi, Telkom sendiri berkomitmen untuk mengembangkan berbagai solusi digital yang relevan dengan kebutuhan pasar, hingga mampu menghadapi tantangan di masa depan.”

Direktur Eksekutif Forum Human Capital Indonesia Lieke Roosdianti P. mengutarakan, “AI dan automation kini menjadi kebutuhan utama dalam modernisasi proses bisnis, terutama di bidang rekrutmen. Dengan kemampuannya sebagai media cerdas, AI tidak hanya membantu mempercepat pekerjaan repetitif, tetapi juga mengubah proses klerikal menjadi lebih efisien dan akurat, mendorong transformasi digital yang lebih cepat dan efektif."

Dalam penerapan teknologi AI dan Automation pada proses Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) beberapa waktu lalu, proses rekrutmen dari ribuan data pelamar dapat dilakukan dengan lebih singkat sehingga tahapan proses screening dapat berlangsung 10x lebih cepat, secara akurasi dapat meningkat hingga 98%, dan tentunya meningkatkan produktivitas HR yang menjalankan proses ini. Penggunaan AI juga semakin optimal untuk meminimalisasi adanya fraud dalam proses online test. AI dapat melakukan proses pencocokan wajah pelamar dengan foto pada KTP, mendeteksi adanya orang lain atau perilaku yang mencurigakan pada saat online test.

Tak hanya insight dan diskusi, konferensi INFINITE juga menyajikan experience center yang memperkenalkan mekanisme terkini dalam penerapan teknologi 3A untuk menghadirkan experience. Hal ini memberikan kesempatan kepada peserta untuk langsung merasakan inovasi yang ditawarkan dan bagaimana implementasinya dapat meningkatkan proses bisnis mereka.

Secara keseluruhan, konferensi INFINITE mencerminkan komitmen Infomedia untuk terus berinovasi dan mendukung perusahaan bertransformasi digital pada proses bisnisnya. Dengan langkah ini, diharapkan perusahaan dapat bertransformasi menjadi lebih efisien, dalam memperoleh experience dan berdaya saing tinggi di pasar global yang semakin kompetitif.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wakil Menteri Perindustrian Faizol Riza

Rabu, 30 Oktober 2024 - 12:11 WIB

Ekspor Produk Kosmetik Indonesia Meningkat, Kemenperin: Prospek Bisnis Industri Kosmetik Cerah

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menengarai, perkembangan industri kosmetik lokal tak lepas dari peran para pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) kosmetik yang jeli memanfaatkan bahan…

Rangkaian kegiatan Cosmetic Day

Rabu, 30 Oktober 2024 - 12:07 WIB

Cosmetic Day 2024, Upaya Kemenperin Perkenalkan Produk dan Brand Kosmetik Lokal ke Pasar yang Lebih Luas

Guna mendukung perkembangan Industri Kecil dan Menengah (IKM) sektor kosmetik, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) secara rutin menyelenggarakan Cosmetic Day sebagai wadah bagi jenama (brand)…

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, Setia Diarta

Rabu, 30 Oktober 2024 - 11:31 WIB

Pacu Hilirisasi Tembaga dan Timah, Kemenperin Stop Ekspor Bahan Mentah Mulai 1 Januari 2025

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memperkuat hilirisasi dan meningkatkan daya saing industri tembaga dan timah nasional. Apalagi, sektor tembaga dan timah memiliki peran penting dalam…

Copper and Tin Industry Forum 2024

Rabu, 30 Oktober 2024 - 11:23 WIB

Gelar Copper and Tin Industry Forum 2024, Kemenperin Temukan Produsen Dengan Industri Pengguna Tembaga dan Timah

Copper and Tin Industry Forum 2024 juga menjadi kesempatan bagi para produsen bahan baku tembaga dan timah untuk bertemu dengan industri pengguna, seperti industri kabel listrik, peralatan…

Kemenperin Teken MoU dengan Kementerian LHK

Rabu, 30 Oktober 2024 - 11:11 WIB

Dukung Transformasi Industri Hijau Lewat Pemantauan Emisi, Kemenperin Teken MoU dengan Kementerian LHK

Di tengah dinamika tantangan dunia global dan geopolitik, Indonesia kini menapaki langkah menuju kemandirian energi melalui optimalisasi pemberdayaan sumber daya lokal, sebagaimana disampaikan…