Digitalisasi Tingkatkan Produktivitas dan Efisiensi Layanan NCS

Oleh : Wiyanto | Senin, 28 Oktober 2024 - 20:35 WIB

Aktifitas pelayanan NCS
Aktifitas pelayanan NCS

INDUSTRY.co.id-Jakarta - Saat ini digitalisasi telah menjadi pendorong utama transformasi dalam dunia bisnis modern. Melalui digitalisasi, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi operasional, mempercepat respons terhadap perubahan pasar, serta mengoptimalkan pengalaman pelanggan.

“Dengan kata lain, efisiensi yang lebih besar, aktivitas operasional yang lebih gesit, pengambilan keputusan yang lebih baik, hingga peningkatan pendapatan, akan diperoleh perusahaan jika mengadopsi teknologi digital. Dan itu yang dirasakan NCS hari ini!”, ujar Direktur Utama PT. Nusantara Card Semesta (NCS) Reni Sitawati Siregar di Jakarta.

Digitalisasi sebagai sebuah transformasi proses bisnis dari yang sebelumnya menggunakan sistem konvensional atau manual menjadi terkomputerisasi atau bahkan terinternetisasi (cloud integration), telah “memaksa” semua pelaku bisnis, terutama korporasi, untuk lebih adaptif dalam mengikuti tren perkembangan teknologi agar tak tertinggal, baik dari kompetitor bisnisnya maupun era teknologi itu sendiri.

NCS telah melakukan transformasi digital sejak tahun 2017, yakni ketika memperkenalkan aplikasi MyNCS ke publik. Aplikasi MyNCS memungkinan pelanggan untuk melakukan cek ongkir, mengetahui lokasi cabang NCS terdekat serta melakukan input pengiriman barang atau makanan sesuai waktu yang dinginkan. “Aplikasi MyNCS sudah digunakan oleh lebih dari 25ribu user, dan selama September kemarin, nominal transaksinya sudah mencapai lebih dari Rp 19juta. Disamping itu, MyNCS juga didukung oleh UI/UX yang modern sehingga user friendly, selain itu pelanggan juga bisa dengan mudah melihat lokasi cabang/counter terdekat karena telah terkoneksi dengan maps”, kata Reni.

Reni menambahkan, kedepannya masih ada potensi pengembangan digital yang ingin direalisasikan NCS yakni system sortir robotic, guna menjamin efisiensi dan efektivitas pada saat sortir barang. “Untuk menunjang itu, kami telah di-support oleh tim IT yang mengerjakan secara inhouse seluruh proses digitalisasi yang telah kami inisiasi sendiri, mulai dari front end hingga back end-nya”, ungkap Reni.

Event Pesantren Melek Digital NCS juga terus berkomitmen untuk mendorong digitalisasi dan transformasi teknologi dalam semua aktivitas masyarakat, salah satunya melalui event Pesantren Melek Digital. Pesantren sebagai lembaga pendidikan agama, sosial dan budaya memiliki peran yang sangat strategis di era sekarang ini. Namun, tidak semua pesantren memiliki akses dan kemampuan untuk memanfaatkan teknologi secara optimal. Sadar akan hal ini, Asosiasi Komunitas Profesi Sales Indonesia (KOMISI) dengan beberapa mitra, NCS salah satunya, menjalankan program "Pesantren Melek Digital" sebagai bentuk kontribusi nyata dalam memajukan peran Pesantren di Indonesia.

“NCS bersama KOMISI berkeliling ke 12 Pesantren di Pulau Jawa, dari September hingga pertengahan Oktober untuk melakukan edukasi serta sharing knowledge tentang bagaimana pentingnya transformasi digital, sekaligus mendorong pesantren agar mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman dan berkontribusi lebih, khususnya dalam pengembangan ekonomi masyarakat”, jelas Reni.

Hal ini juga sejalan dengan Program Kemandirian Pesantren, salah satu program prioritas Kementrian Agama yang telah digulirkan sejak 2021 lalu. Tujuannya adalah mewujudkan Pesantren yang memiliki sumber daya ekonomi yang kuat dan berkelanjutan sehingga dapat menjalankan fungsi Pendidikan, Dakwah, dan Pemberdayaan Masyarakat dengan optimal.

“Kedepannya, NCS juga membuka kesempatan yang sangat luas untuk berkolaborasi bersama Pesantren, salah satunya melalui kerjasama sebagai Mitra Agen NCS. Nantinya pesantren akan berlaku sebagai kepanjangan tangan dari bisnis pengiriman NCS, dimana layanannya selain bisa dinikmati oleh para santri, pengajar hingga karyawan pesantren, juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar pesantren yang ingin melakukan pengiriman”, tutup Reni.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dalam waktu dekat Hamawas akan memberlakukan tarif Tol Kutepat seksi 3 dan sebagian seksi 4

Senin, 28 Oktober 2024 - 21:17 WIB

Hamawas Sosialisasikan Penetapan Tarif Tol Kutepat, Pengguna Jalan Dihimbau untuk Perhatikan Kecukupan Saldo

Setelah di operasikan tanpa tarif selama lebih dari 1 (satu) bulan, PT Hutama Marga Waskita (Hamawas) dalam waktu dekat segera memberlakukan tarif pada Tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat…

Subang Ilustrasi

Senin, 28 Oktober 2024 - 21:03 WIB

Tempat Wisata Subang: Keindahan Alam yang Menakjubkan

Mengutip dari ppdbsumbar2020.id, Subang adalah sebuah kota kecil yang terletak di Jawa Barat, Indonesia. Meskipun ukurannya kecil, Subang memiliki banyak tempat wisata yang menakjubkan yang…

Pelanggan neuCentrIX Cirebon, Board of Directors Telkom, Senior Leaders Telkom, dan tim teknis Telkom usai peresmian neuCentrIX Cirebon, beberapa waktu lalu.

Senin, 28 Oktober 2024 - 20:51 WIB

Telkom Resmikan neuCentrIX Cirebon, Perluas Layanan Data Center di Berbagai Daerah

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) semakin menegaskan posisinya sebagai pemimpin dalam pengembangan infrastruktur digital di Indonesia dengan memperluas layanan data center, melalui…

Oriflame Indonesia Kembali Mengukuhkan Prestasi di Top Halal Awards 2024

Senin, 28 Oktober 2024 - 20:02 WIB

Indonesia Halal Training dan IHATEC, Kembali Menobatkan Oriflame Indonesia Sebagai Penerima Prestasi Top Halal Awards 2024

Jakarta– Oriflame Indonesia dengan bangga mengumumkan pencapaian luar biasa yang diraihnya pada ajang Top Halal Awards 2024. Setelah sebelumnya berhasil mendapatkan penghargaan untuk kategori…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Senin, 28 Oktober 2024 - 18:47 WIB

Bertemu Bos SRIL, Ini Langkah Menperin Agus Selamatkan Sritex

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan pertemuan dengan Komisaris PT Sri Rejeki Isman (Sritex/SRIL) Iwan S Lukminto di kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta…