Ekrafs Talk Bersama BTN di Ekrafest 2024, Paparkan DUkungan Perbankan untuk Ekonomi Kreatif J

Oleh : Nina Karlita | Sabtu, 26 Oktober 2024 - 20:06 WIB

Yang menarik di Ekrafest 2024, di ajang Ekrafs Talk, sesi obrolan seru bersama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (bank BTN) selaku kolaborator.
Yang menarik di Ekrafest 2024, di ajang Ekrafs Talk, sesi obrolan seru bersama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (bank BTN) selaku kolaborator.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Memperingati Hari Ekonomi Kreatif Nasional (Hekrafnas) 24 Oktober, Gekrafs (Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional)  menggelar Ekrafest 2024 di Sarinah pada 24-25 Oktober 2024. 

Acara ini merupakan bagian dari Perayaan Hari Ekonomi Kreatif Nasional yang telah ditetapkan pemerintah sesuai Kepmen NOMOR SK/98/UM.02.00/MK/2023 yang dilaksanakan setiap 24 Oktober.

Ekrafest 2024 dimeriahkan dengan berbagai kegiatan. Di antaranya Ekrafs Talk yakni sesi diskusi inspiratif dengan tokoh-tokoh ekonomi kreatif, Ekrafs Market ruang pameran dan penjualan, produk-produk kreatif lokal. 

Di Film Spot dan Game Spot pengunjung dapat menikmati karya film dan permainan interaktif. Kemudian Ekrafs Concert & Show yang menampilkan festival musik serta pertunjukan seni.

Pada sesi Ekrafs Talk salah satu yang menarik adalah sesi obrolan seru bersama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (bank BTN) selaku kolaborator berdiskusi tentang “Sinergi Peluang Pendanaan Untuk Mengakselerasi Ekonomi Hijau”.  Dimana Environmental, Social, and Governance atau yang kini dikenal dengan ESG dan diadopsi atau berkolaborasi dengan para pelaku ekonomi kreatif di tanah air. 

"BTN bertujuan untuk membangun proses bisnis yang berkelanjutan yang sejalan dengan strategi bisnis BTN dengan mengintegrasikan nilai-nilai lingkungan, tata kelola yang baik, dan sosial dalam kerangka ESG yang komprehensif,” ujar ESG Data & Communication Bank BTN, Marcellus Ivan Novandy.

Bank BTN yang menerapkan strategi yang mendukung percepatan inovasi hijau, ESG ini berada dalam setiap bisnis Bank dengan berfokus pada financed emission dan clean banking operations dapat bersinergi dengan pelaku ekraf yang memiliki lini usaha terkait produk yang berkelanjutan atau sustainable produk. 

Penerapan praktik berkelanjutan ke dalam bisnis tidak hanya akan membuka peluang untuk mendapatkan lebih banyak pendanaan, tapi juga membantu mempertahankan daya saing bisnis, serta menyadari isu-isu lingkungan dan sosial.

“acara ini keren, kreatif dan karena kita tahu bahwa ekonomi kreatif itu adalah salah satu penopang ekonomi nasional dan semoga sinergi dengan Bank BTN juga terus dilakukan kedepan dan dapat membawa banyak manfaat untuk teman-teman dari sektor ekonomi kreatif yang luas ini,” pungkas Ivan.

Sementara itu Kawendra Lukistian selaku ketua Umum DPP Gekrafs mengatakan kebanggaannya bisa menggelar Ekrafest 2024 di Sarinah.

"Tentunya ini menjadi spot yang luar biasa, ini spot bersejarah karena Sarinah ini salah satu retail yang mendukung ekonomi kreatif secara luar biasa sejak awal berdirinya. Mudah-mudahan ini bisa menjadi tonggak bersejarah nasional serta menjadi legacy kita bersama para pelaku ekraf sekaligus lebarannya pelaku ekraf di Indonesia,” kata Kawendra.

Sedangkan ketua komite acara Ekrafest 2024, Abcandra Akbar Supratman yang juga merupakan Wakil Ketua MPR termuda dalam sejarah Indonesia, mengatakan,” berharap Ekrafest 2024 mampu menggaet pengunjung dan sekaligus memicu para UMKM pelaku ekonomi kreatif Tanah Air mengembangkan produk kreatifnya. 

"Kami targetkan 30 ribu pengunjung datang berkunjung pada hari ini, dan mungkin besok bisa 50 ribu - 100 ribu pengunjung karena besok akan lebih banyak penampilan dari musisi-musisi bertalenta tanah air yang sudah familiar di masyarakat,” ujar Akbar. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Chef Devina yang hadir bersama Ariel Noah dan Ahn Hyo Seop di acara Come See Mie dari Mie Sedaap.

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 21:49 WIB

Hadirkan Kembali Come See Mie, Mie Sedaap Gandeng Ahn Hyo Seop, Chef Devina, dan Ariel Noah

Semangat perayaan 20 tahun Mie Sedaap menghadirkan Ahn Hyo Seop, Chef Devina Hermawan, dan Ariel 'Noah' sebagai bintang tamu yang merepresentasikan varian-varian terbaru.

Kolaborasi APR X DuniaTex X EMBA di Jakarta Fashion Week 2025.

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 21:36 WIB

Kolaborasi APR X DuniaTex X EMBA Tampilkan Koleksi Fesyen Berkelanjutan di JFW 2025

Kolaborasi APR X DuniaTex X EMBA di JFW 2025 menghasilkan 48 koleksi yang mengusung tema "Fashion Evolution," menampilkan inovasi dan kreasi dalam penggunaan material berkelanjutan.

Momami luncurkan Momami Kids.

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 20:35 WIB

Momami Rayakan 5 Tahun dengan Meluncurkan Momami Kids

Momami Kids menghadirkan dua varian Body Wash dan Shampoo dengan aroma menyenangkan seperti Watermelon Apple dan Raspberry Vanilla untuk Body Wash, serta Mango Peach dan Kiwi Berries untuk Shampoo.

Jakarta Fashion Week (JFW) 2025 kembali hadir di City Hall, Pondok Indah Mall 3.

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 20:22 WIB

Jakarta Fashion Week 2025 Resmi Dibuka, Usung Tema Future Fusion Paduan Tradisi dan Inovasi

JFW tahun ini bertujuan untuk mengangkat karya desainer Indonesia ke tingkat global dengan menyeimbangkan unsur tradisional dan modern.

Kick Off International Modest Fashion Festival (IN2MF) 2024.

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 19:29 WIB

Puncak Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MF) 2024 Akan Hadir di Jakarta

Setelah sukses mengadakan rangkaian roadshow internasional di Dubai, Kuala Lumpur, Istanbul, dan Paris, puncak Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MF) 2024 siap digelar di Jakarta.…