Puncak Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MF) 2024 Akan Hadir di Jakarta

Oleh : Nina Karlita | Sabtu, 26 Oktober 2024 - 19:29 WIB

Kick Off International Modest Fashion Festival (IN2MF) 2024.
Kick Off International Modest Fashion Festival (IN2MF) 2024.

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Setelah sukses mengadakan rangkaian roadshow internasional di Dubai, Kuala Lumpur, Istanbul, dan Paris, puncak Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MF) 2024 siap digelar di Jakarta. 

Acara ini menjadi bagian dari Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2024, sebuah acara tahunan terbesar di Indonesia yang mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah (Eksyar) dalam negeri.

IN2MF 2024, yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia bersama Kementerian Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta Indonesian Fashion Chamber (IFC), bertujuan mengakselerasi produk-produk modest fashion Indonesia menuju pasar global.

Dengan mengusung konsep “Elevating Sustainable Modest Fashion to The Global Stage,” IN2MF tahun ini fokus pada peningkatan daya saing industri busana santun Indonesia melalui strategi kolaborasi dan penguatan ekosistem.

Pada penyelenggaraan tahun ketiganya, Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia, Ita Rulina, menjelaskan bahwa IN2MF 2024 hadir dengan tiga strategi utama untuk memajukan modest fashion Indonesia. 

Pertama, memperkuat ekosistem dari hulu ke hilir, termasuk kolaborasi antarpihak seperti pemerintah, asosiasi, dan pengusaha. Kedua, memfasilitasi inovasi kreatif para desainer, terutama yang muda. Ketiga, mendorong ekspansi pasar dengan mengangkat wastra atau kain tradisional Indonesia ke kancah internasional.

Perhelatan puncak IN2MF 2024 akan berlangsung pada 30 Oktober hingga 3 November di Hall A & Cenderawasih, Jakarta Convention Center (JCC). 

Selain pameran busana, acara ini juga menghadirkan seminar, diskusi kelompok terarah (FGD) mengenai tren modest fashion, dan sesi business matching yang mempertemukan desainer serta pengrajin wastra Indonesia dengan pelaku usaha internasional.

Ali Charisma, Advisory Board Indonesian Fashion Chamber, mengungkapkan bahwa fokus utama tahun ini adalah memperkuat kolaborasi antara desainer lokal dan internasional serta meningkatkan kapasitas mereka melalui pelatihan dan sesi diskusi. 

“IN2MF juga menghadirkan business matching yang mempertemukan jenama nasional dengan artisan wastra Nusantara, sekaligus memberikan kesempatan untuk bertemu dengan jenama internasional,” ungkap Ali.

Fashion show di IN2MF 2024 akan memamerkan lebih dari 1.500 koleksi terbaru dari 200 desainer dan jenama Indonesia, termasuk partisipasi dari 10 desainer internasional. 

Penggunaan kain tradisional seperti batik, tenun ikat, dan lurik akan menjadi sorotan dalam koleksi modest fashion yang ditampilkan. Dengan kolaborasi dari berbagai pihak, IN2MF 2024 diharapkan dapat mendorong Indonesia menjadi pusat modest fashion dunia, sekaligus berkontribusi dalam pengembangan ekonomi syariah nasional.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Momami luncurkan Momami Kids.

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 20:35 WIB

Momami Rayakan 5 Tahun dengan Meluncurkan Momami Kids

Momami Kids menghadirkan dua varian Body Wash dan Shampoo dengan aroma menyenangkan seperti Watermelon Apple dan Raspberry Vanilla untuk Body Wash, serta Mango Peach dan Kiwi Berries untuk Shampoo.

Yang menarik di Ekrafest 2024, di ajang Ekrafs Talk, sesi obrolan seru bersama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (bank BTN) selaku kolaborator.

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 20:06 WIB

Ekrafs Talk Bersama BTN di Ekrafest 2024, Paparkan DUkungan Perbankan untuk Ekonomi Kreatif J

Yang menarik di Ekrafest 2024, di ajang Ekrafs Talk, sesi obrolan seru bersama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (bank BTN) selaku kolaborator.

SSB bersama peserta penerima CSR

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 16:36 WIB

SSB Lahirkan Tenaga Kerja Bersaing di Industri Manufaktur

Anak usaha PT ABM Investama Tbk. (ABMM) yang bergerak di sektor rekayasa industri, PT Sanggar Sarana Baja (SSB), menyelenggarakan closing ceremony program Machining Development Program (MDP)…

Danone tanam pohon di Hari Santri

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 16:11 WIB

Danone Indonesia dan Serikat Ekonomi Pesantren Tanam 5000 Bibit Pohon

Dalam rangka merayakan Hari Santri Nasional 2024 yang jatuh pada hari ini, Danone Indonesia berkolaborasi dengan Serikat Ekonomi Pesantren (SEP), Pondok Pesantren Cintawana Tasikmalaya, dan…

Jalan Tol Pekanbaru - XIII Koto Kampar telah menjadi komponen penting dalam jaringan Tol Trans Sumatera yang merupakan bagian dari ruas Tol Pekanbaru - Padang.

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 15:05 WIB

Tol Pekanbaru – XIII Koto Kampar Perkuat Konektivitas Antar Provinsi dan Permudah Akses Pariwisata

Riau – Sejak dioperasikan oleh PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya), Jalan Tol Pekanbaru - XIII Koto Kampar telah menjadi komponen penting dalam jaringan Tol Trans Sumatera yang merupakan…