Dompet Dhuafa Bersama DKM Masjid Atta’awun Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW Hingga Layanan Kesehatan Gratis

Oleh : Candra Mata | Jumat, 25 Oktober 2024 - 17:41 WIB

Dompet Dhuafa Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Atta'awun, Puncak Bogor
Dompet Dhuafa Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Atta'awun, Puncak Bogor

INDUSTRY.co.id - Bogor, Jawa Barat - “Yaa nabii salaam 'alaika, Yaa Rasuul salaam 'alaika. Yaa habiib salaam 'alaika, sholawaatullaah 'alaika. Asyroqol badruu'alainaa, fakhtafat minhul buduuru.Mitsla husnik maa ro-ainaa, qotthu yaa wajhas-suruuri. Anta syamsun anta badrun, anta nuurun fauqo nuurin. Anta iksiirun wa ghaalii, anta mishbaahush-shuduuri…” lantunan pujian (mahalul qiyam) kepada Rasulullah SAW menggema di langit-langit Masjid Atta’awun, Puncak, Bogor. 

Pagi itu, Selasa (22/10/2024) ratusan jamaah sudah berkumpul memenuhi dua lantai masjid, mereka menghadiri Tabligh Akbar Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa dan DKM Masjid Atta’awun. 

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW menjadi momentum penting dalam bermuhasabah diri, Peringatan Maulid Nabi bukan hanya perayaan sejarah tapi sebuah panggilan dari hati untuk kembali menghayati ajaran dan teladan kehidupan. Para jamaah diingatkan untuk meneladani perjuangan dan nilai-nilai kebaikan yang dibawa oleh Rasulullah, serta untuk mempererat persaudaraan dan memperkuat iman dalam kehidupan sehari-hari.

Mempererat persaudaraan seperti menyantuni anak yatim. Dengan berbagi, kita tidak hanya meringankan beban mereka, tetapi juga menanamkan kebaikan dalam hati kita, sebagaimana Rasulullah mencontohkannya.

Dalam HR Imam Bukhari, salah satu sabda Rasulullah, menjelaskan bahwa kedudukan orang yang memuliakan, menyantuni dan mengasihi anak yatim, akan mendapatkan surga yang jaraknya bagaikan jari telunjuk dan jari tengah. 

Melalui kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini, Dompet Dhuafa bertujuan untuk mengajak seluruh jamaah untuk meringankan beban anak yatim melalui program pemberdayaan yatim yang nantinya akan disalurkan untuk anak-anak yatim di sekitar Masjid Atta’awun. 

“Alhamdulillah hari ini telah terjalin kerja sama antara dompet Dhuafa dan DKM Masjid Atta’awun, Puncak, Bogor, adapun kegiatan hari ini yang berlangsung adalah Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, juga kegiatan Hari Santri Nasional, kami menginisiasi program santunan atau pemberdayaan yatim, jadi hari ini kami menggalang donasi juga dari para jamaah untuk nanti disalurkan kepada anak-anak yatim di sekitar Masjid Atta’awun, dan nanti InsyaAllah akan juga ada kegiatan doa akhir tahun pada Desember mendatang,” ujar Ahmad Faqih Syarafaddin, selaku General Manager Penghimpunan ZIS Dompet Dhuafa. 

Alhamdulillah, Dompet Dhuafa mendapat mendapat respon yang positif dari para jamaah, selain menyediakan booth untuk berdonasi, Dompet Dhuafa juga menyediakan pos layanan kesehatan dari Layanan Kesehatan Cuma-Cuma Dompet Dhuafa, di mana para jamaah yang hadir bisa melakukan cek kesehatan secara gratis. 

Sebelumnya, Dompet Dhuafa telah menjalin kerja sama dengan DKM Masjid Atta’awun, yakni melalui program khitanan massal. Tentu kolaborasi yang terjalin saat ini disambut baik oleh Ketua DKM Masjid Atta’awun, Ahmad Kosasih.  

“Alhamdulillah hari ini kita bisa bekerja sama dengan Dompet Dhuafa dalam rangka kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Sebelumnya ini bukan kali pertama kita bekerja sama, untuk program Khitanan Massal, jadi saya sangat terbantu sekali bekerja sama dengan Dompet Dhuafa karena memang Dompet Dhuafa sangat dikenal dan amanah dalam mengelola dana umat. Saya kira program-program seperti ini harus dilanjut, dan dikembangkan. Semoga kerjasama Attawun dengan Dompet Dhuafa bisa terus berjalan,” ungkap Ahmad.

Salah satu jamaah, Nunung berasal dari Majelis Ummu Khadijah merasa sangat bersyukur dapat menghadiri acara ini. Selain itu, Nunung sudah mengenal Dompet Dhuafa sejak lama, ia merupakan orang tua asuh dari anak yatim yang mendapatkan bantuan berupa beasiswa biaya pendidikan oleh Dompet Dhuafa. 

“Justru rasa terpanggil dengan adanya Maulid Nabi, karena ini tanda kecintaan kita terhadap Nabi yang salah satunya yaitu mencintai anak yatim. Karena kecintaan kita, walaupun ga kenal karena mahabahnya itu rasa cinta sampai ibu-ibu ini yang udah sepuh-sepuh mau mengeluarkan sedekah dan mengeluarkan waktu,” ungkap Nunung.

Acara ditutup dengan tausyiah oleh Ustazah Aah Nurul Muhibbah. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW juga bertepatan dengan Hari Santri Nasional, menjadi momen untuk mengenang kelahiran Rasulullah sekaligus mengapresiasi peran santri dalam menjaga dan menyebarkan nilai-nilai Islam di Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan Modena Home Center Hadir di Melati mas Tangerang.

Jumat, 25 Oktober 2024 - 20:14 WIB

Penuhi Permintaan Peralatan Rumah Tangga Inovatif, Modena Home Center Hadir di Melati Mas Tangerang

Modena mempersembahkan pengalaman nyata dan layanan yang memudahkan semua orang untuk merasakan keunggulan produk-produk Modena hingga lingkup yang lebih dekat lewat Modena Home Center (MHC)…

Menjelajah Citra Rasa Premium Blended Scotch Whisky Johnnie Walker Blue Label di Panggung Diageo World Competition 2024.

Jumat, 25 Oktober 2024 - 19:35 WIB

Menyelami Rasa Premium Johnnie Walker Blue Label di Panggung Diageo World Class Competition 2024

Diageo Indonesia menghadirkan Johnnie Walker Blue Label alam panggung internasional melalui acara Media Talk Show “Diageo World Class” di Jakarta.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 25 Oktober 2024 - 19:16 WIB

Dinyatakan Pailit, Menperin Agus Gerak Cepat Selamatkan Karyawan Sritex

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menegaskan bahwa pemerintah akan segera mengambil langkah untuk menyelamatkan karyawan PT. Sri Rejeki Isman (Sritex), setelah perusahaan…

Reza Darmawan yang kini di usia 29 sudah menikmati kesuksesannya sebagai pengusaha muda.

Jumat, 25 Oktober 2024 - 18:39 WIB

Reza Rizky Darmawan Perkuat Dukungan Pendidikan Mahasiswa Melalui Youth Catalyst Foundation

Youth Catalyst Foundation didirikan Reza Rizky Darmawan dan Bryan Aptana untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan mahasiswa, terutama dalam mempersiapkan mereka menghadapi dunia…

BTN Berkomitmen Untuk Melindungi Data Pribadi Nasabah

Jumat, 25 Oktober 2024 - 18:11 WIB

Singgung Tanggung Jawab Moral! Nixon LP Napitupulu Sampaikan Komitmen BTN untuk Selalu Melindungi Data Pribadi Nasabah

Jakarta – Sebagai institusi yang bergerak di industri perbankan, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) berkomitmen untuk melindungi kerahasiaan data dan informasi nasabah sesuai yang…