Telkom Ajak Masyarakat Melestarikan Lingkungan melalui Kompetisi Bumi Berseru Fest

Oleh : Wiyanto | Jumat, 25 Oktober 2024 - 10:11 WIB

Telkom gelar program Bumi Berseru Fest
Telkom gelar program Bumi Berseru Fest

INDUSTRY.co.id-Jakarta - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai perusahaan digital telekomunikasi di Indonesia turut mengambil peran inisiatif dalam upaya pelestarian lingkungan di tengah isu krisis lingkungan yang saat ini semakin meningkat.

Komitmen ini diimplementasikan melalui program Bumi Berseru Fest yang merupakan wadah kolaborasi inisiatif Telkom untuk organisasi dan penggiat lingkungan dalam menciptakan gerakan inovasi dan kreativitas demi keberlangsungan lingkungan yang berkelanjutan. Kompetisi Bumi Berseru Fest terbuka untuk masyarakat sejak tanggal 14 Oktober hingga 15 November 2024.

Melalui Bumi Berseru Fest, Telkom mengajak masyarakat bergerak untuk kelestarian lingkungan dengan cara yang kreatif dan inovatif. Program ini terbagi ke dalam tiga kategori kompetisi, yaitu Panggilan Aksi untuk Bumi, Alam dalam Lensa, dan Inovasi Eco Produk.

Panggilan Aksi untuk Bumi adalah kompetisi proposal program atau kegiatan lingkungan yang bisa diikuti oleh organisasi maupun komunitas penggiat lingkungan (mapala, sispala, komunitas, dan lainnya). Kompetisi ini terbagi ke dalam tiga sub-kategori, yaitu Pelestarian Ekosistem Darat dan Laut, Reforestasi dan Rehabilitasi Lingkungan, dan Konservasi untuk Keanekaragaman Hayati. Setelah melalui beberapa proses seleksi, nantinya pemenang terpilih akan mendapatkan bantuan pendanaan program mulai dari Rp10.000.000 hingga Rp25.000.000.

Kemudian kategori Alam dalam Lensa. Kategori ini merupakan kompetisi fotografi pada platform media sosial Instagram sebagai bentuk kampanye peduli lingkungan. Setiap satu unggahan foto yang diikutsertakan sama dengan menyumbangkan satu bibit pohon untuk reforestasi hutan Indonesia. Alam dalam Lensa, terbagi ke dalam dua sub-kategori, yaitu Pesona Kharismatik Biodiversitas Indonesia dan Selaraskan Alam, Hidup dalam Keseimbangan. Melalui kompetisi ini, Telkom mengajak masyarakat untuk membagikan keindahan alam Indonesia beserta interaksi manusia dengan alam. Bagi pemenang terpilih akan mendapatkan apresiasi sebesar Rp2.000.000 hingga Rp5.000.000.

Ketiga, kategori Inovasi Eco Produk, yaitu kompetisi inovasi dan kreasi produk lokal yang menerapkan prinsip ramah lingkungan dan keberlanjutan. Melalui kompetisi ini, Telkom mengajak para masyarakat dan pelaku usaha lokal untuk menciptakan inovasi produk yang ramah lingkungan. Kompetisi terbagi dalam tiga sub-kategori, yaitu Produk Daur Ulang dan Pemanfaatan Kembali, Bahan Ramah Lingkungan dan Produk Sirkular Ekonomi. Bagi pemenang terpilih akan mendapatkan apresiasi sebesar Rp7.500.000 hingga Rp20.000.000.

SGM Social Responsibility Telkom Hery Susanto menyampaikan, “Selaras dengan komitmen dalam penerapan prinsip ESG dalam menjaga kelestarian alam, Telkom mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk terlibat dalam gerakan Bumi Berseru Fest. Harapannya, gerakan ini dapat menjadi wadah kolaborasi untuk berkreasi dan berinovasi demi masa depan kelestarian lingkungan yang berkelanjutan. Bumi Berseru Fest juga selaras dengan komitmen Telkom dalam pencapaian Sustainable Development Goals di tahun 2030, khususnya pada SDG 8, 11, 12, 13, 14, 15 di pilar pembangunan ekonomi dan lingkungan.”

Komentar Berita

Industri Hari Ini

WMI menilai gerai ritel offline masih menjadi salah satu strategi ekspansi yang penting bagi pertumbuhan brand-brand lokal.

Jumat, 25 Oktober 2024 - 11:02 WIB

Warna Modern Indonesia (WMI) Siap Buka Gerai ke-27, Fokus Ekspansi ke Kalimantan dan Aceh

WMI kembali menghadirkan toko baru di beberapa lokasi utama, seperti Cibinong City Mall dan Pakuwon Bekasi, bersama Nada Puspita dan Cottonink, serta Summarecon Mall Bekasi dengan Heylocal.

Grand Launching Clawset & Urban Moof

Jumat, 25 Oktober 2024 - 10:49 WIB

Fashionwise Venue Luncurkan Clawset & Urban Moof, Ciptakan Standar Baru dalam Dunia Pet Care

Perusahaan ritel terkemuka di Indonesia, Fashionwise Venue mengumumkan peluncuran resmi dua brand inovatifnya, Clawset & Urban Moof pada Kamis, 24 Oktober 2024. Peluncuran ini merupakan pencapaian…

Penjual Duren di UMKM BRILian

Jumat, 25 Oktober 2024 - 09:03 WIB

Kelompok Petani Durian di Pekalongan Makin Berkembang Berkat Pemberdayaan BRI

Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi fokus utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI sebagai upaya untuk memperkuat ekonomi kerakyatan. Lewat dukungannya pada…

OJK

Jumat, 25 Oktober 2024 - 08:33 WIB

Direktur Pemeriksaan Perbankan OJK Sebut Tiga Pilar Kunci Sukses Human Capital Perbankan di 2025

akarta-Direktur Direktorat Pemeriksaan Khusus Perbankan OJK, Iswandi, menyampaikan proyeksi Human Capital 2025. Menurutnya, SDM sebagai pusat penggerak utama bagi industri perbankan yang berkelanjutan.

IMOS 2024

Jumat, 25 Oktober 2024 - 07:57 WIB

Shuttle Bus Gratis Hingga Lahan Parkir yang Luas Disiapkan Khusus untuk Pengunjung IMOS 2024

Pameran sepeda motor terbesar di Indonesia, Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2024, siap menyapa penggemar otomotif roda dua pada 30 Oktober hingga 3 November 2024 di ICE BSD City. IMOS 2024…