Kolaborasi LKC Dompet Dhuafa Bersama YBM BRILian Hadirkan Program BUN Bagi Pelosok Warga Aceh

Oleh : Candra Mata | Kamis, 24 Oktober 2024 - 16:43 WIB

LKC Dompet Dhuafa kolaborasi bersama Yayasan Baitul Mall (YBM) BRILian resmikan Program Bidan Untuk Negeri (BUN) di Gampong Ie Meulee, Kota Sabang, Aceh
LKC Dompet Dhuafa kolaborasi bersama Yayasan Baitul Mall (YBM) BRILian resmikan Program Bidan Untuk Negeri (BUN) di Gampong Ie Meulee, Kota Sabang, Aceh

INDUSTRY.co.id - Sabang, NAD - Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa bersama Yayasan Baitul Mall (YBM) BRILian resmikan Program Bidan Untuk Negeri (BUN) di Gampong Ie Meulee, Kota Sabang, Aceh pada hari Senin, 21 Oktober 2024. 

Hadir pada kesempatan ini, Prof. Dr. Amin Suma, Ketua Dewan Pengawas Syariah YBM BRILian, Yuniarko, Deputi Direktur 2 Program Kesehatan Dompet Dhuafa, Irfani,S.Sos, MM, Sekertaris Daerah Kota Sabang, AKBP Erweann, SH.MM, Kapolres Kota Sabang, Letkol Edi Purwanto, Dandim Kota Sabang dan para stakeholder terkait. 

Dijelaskan oleh Amin, Program Bidan Untuk Negeri dengan revitalisasi posyandu atau polindes merupakan program wilayah perbatasan yang menyasar wilayah terdepan dan terluar Indonesia, wujud dari nasionalisme berbangsa dan bernegara. Program serupa telah dilaksanakan di wilayah Atambua yang merupakan wilayah timur Indonesia dan kota Morotai dibagain perbatasan ujung utara Indonesia. 

“Program yang dilaksanakan di Kota Sabang ini merupakan kerjasama kemitraan LKC Dompet Dhuafa dengan YBM BRILian dengan pemerintah daerah, dinas kesehatan, puskesmas, organisasi profesi dan seluruh pihak terkait,” ujar Amin. 

Lebih lanjut Ia menekankan Bidan yang bertugas akan memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya ibu hamil, balita dan anak serta masyarakat yang ada di Desa Ie Meulee. 

Selanjutnya, Yuniarko menerangkan Program BUN adalah program pemberdayaan masyarakat yang berfokus pada pencegahan stunting, peningkatan ibu dan anak, peningkatan status kesehatan masyarakat di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar) di Indonesia. 

“Dengan kolaborasi bersama LKC Dompet Dhuafa dan YBM BRILian ini kami berupaya berperan dalam mendekatkan akses layanan kesehatan dan pemberdayaan kesehatan. Program BUN merupakan salah satu program LKC Dompet Dhuafa yang telah berjalan sejak tahun 2021 sampai sekarang dan telah tersebar di berbagai wilayah, Sulsel, Aceh, NTB, NTT, Sultram Papua, Sumsel, Jabar, Jatim, Jateng, Kalteng dan Banten,” tutur Yuniarko. 

Ia kemudian mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah mendukung suksesnya acara ini, mulai dari pemerintah daerah, dinas kesehatan, puskesmas, IBI, PKK, Kader, Kapolres, Dandim dan Babinsa serta seluruh jajaran. 

Pada akhir sambutan, Yuniarko berharap semoga program ini dapat berjalan lancar, saling menguatkan di lapangan dan memberikan manfaat bagi peningkatan kesehatan ibu dan anak di Indonesia, serta mampu menjangkau wilayah lain yang membutuhkan di Indonesia.

Bersamaan dengan peresmian Program BUN, terselenggara juga pemeriksaan kesehatan yang dihadiri oleh masyarakat sekitar. Masyarakat berbondong-bondong melakukan pemeriksaan kesehatan yang digelar di Gampong le Meulee ini.

.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

UMKM Ubi Jalar

Kamis, 24 Oktober 2024 - 18:09 WIB

UMKM Ubi Jalar Ini Rasakan Langsung Dampak Positif Pendampingan BRI dan Manfaat Desa BRILiaN

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus memperkuat komitmennya dalam mendorong pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui berbagai inisiatif strategis.

Game Yu-Gi-Oh!

Kamis, 24 Oktober 2024 - 17:29 WIB

KONAMI Umumkan Yu-Gi-Oh! Early Days Collection, Hadirkan Duel Nostalgia di Nintendo Switch dan Steam

Konami Digital Entertainment Limited (KONAMI) mengumumkan Yu-Gi-Oh! Early Days Collection, koleksi yang penuh nostalgia. Koleksi ini berisi sekumpulan game digital retro Yu-Gi-Oh! dari…

Mitsubishi All-New Triton

Kamis, 24 Oktober 2024 - 17:15 WIB

Terbukti Tangguh, All-New Triton Perlancar Bisnis Pengguna

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) telah meluncurkan model terbaru Mitsubishi Triton. Mobil niaga ringan yang telah diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia selama…

program Google Career Certificate bersama Telkom awalnya hanya menyediakan 5 spesialisasi, namun di tahun 2024 menjadi 9

Kamis, 24 Oktober 2024 - 17:02 WIB

Telkom Siapkan Talenta Digital melalui Program Google Career Certificate

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama Google Indonesia sukses menyelenggarakan program Google Career Certificate (GCC) Batch 1 2024 yang berlangsung selama empat bulan.

 Tim pendamping pelatihan Strategi Pemasaran Digital membantu peserta dalam optimalisasi penggunaan e-commerce dan pengelolaan informasi produk di media sosial di Grand Ballroom Hotel Horison, kabupaten Gresik, Jawa Timur, Jumat (18/10/2024).

Kamis, 24 Oktober 2024 - 15:48 WIB

Latih Strategi Pemasaran Digital, SIG Bantu Tingkatkan Daya Saing Usaha Mikro dan Kecil di Kabupaten Gresik

Jakarta– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), menyelenggarakan pelatihan Strategi Pemasaran Digital kepada pelaku Usaha Mikro…