Program OVOP Go Global Kemenperin Dongkrak IKM Masuki Pasar Internasional

Oleh : Hariyanto | Kamis, 24 Oktober 2024 - 11:22 WIB

Dirjen IKMA Kemenperin, Reni Yanita (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Dirjen IKMA Kemenperin, Reni Yanita (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus melaksanakan berbagai program dan kegiatan strategis dalam upaya pengembangan industri kecil dan menengah (IKM) agar bisa berdaya saing global. Langkah itu antara lain melalui pendampingan, kemudahan akses pasar, serta pemenuhan regulasi dan standar yang diperlukan pelaku IKM.

“Upaya pemerintah untuk meningkatkan efektivitas pengembangan IKM di Sentra IKM, juga dilakukan dengan pendakatan pembinaan melalui One Village One Product (OVOP). OVOP adalah suatu pendekatan pengembangan potensi daerah di satu wilayah untuk menghasilkan satu produk kelas global yang unik khas daerah dengan memanfaatkan sumber daya lokal,” kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Reni Yanita dalam keterangannya, Kamis (24/10/2024).

Program OVOP telah diselenggarakan oleh Kemenperin sejak tahun 2007. Berdasarkan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 14 Tahun 2021, Kemenperin menyelenggarakan penganugerahan Penghargaan OVOP setiap dua tahun sekali. Adapun penetapan IKM OVOP terakhir dilaksanakan pada tahun 2022 yang lalu.

IKM yang telah mendapatkan Penghargaan OVOP tahun 2022 dengan klasifikasi Bintang 2 dan Bintang 3 akan dikurasi kembali dengan melihat kesiapan dan komitmen untuk mengikuti pembinaan lanjutan melalui OVOP Go Global. 

“Kami menyelenggarakan Program OVOP Go Global sejak tahun 2023 untuk mendongkrak kemampuan peraih IKM OVOP Bintang 3 dan Bintang 2 agar mampu masuk ke pasar internasional,” ungkap Reni.

Program IKM OVOP Go Global merupakan tahap pembinaan lanjutan dalam Program OVOP Kemenperin. Seleksi dilakukan melalui penilaian potensi untuk masuk ke pasar internasional, minat, komitmen, kesiapan sumber daya, serta permodalan dalam mengikuti pendampingan. 

“Para IKM OVOP ini diaudit lagi apakah memiliki pengetahuan dan kemampuan pengembangan pasar, siap tembus ekspor, dan produknya potensial sesuai target pasar ekspor,” imbuhnya.

Setelah Kemenperin menetapkan 77 IKM OVOP pada akhir tahun 2022, dilakukan seleksi administrasi dan penilaian lapangan, hingga terpilih 10 peserta Program IKM OVOP Go Global untuk lima komoditi OVOP. 

Ke-10 IKM peserta OVOP Go Global tersebut, yaitu Kyria Rezeki dan Rendang Riry pada komoditi makanan dan minuman, Tenun Kubang H Ridwan By pada komoditi kain tenun, Zie Batik dan Pusaka Beruang pada komoditi kain batik, UD Mawar Art Shop dan Menday Gallery and Souvenir pada komoditi anyaman, serta CV. Tanteri, CV. Risman Wijaya Keramik dan Keramik Usaha Karya pada komoditi gerabah. 

Reni menambahkan, Program OVOP Go Global terdiri dari rangkaian workshop dan pendampingan oleh para trainer dan expert di bidangnya. Selain itu, disediakan pendampingan intensif oleh coach sector sesuai komoditas masing-masing, fasilitasi market entry dalam bentuk partisipasi pada pameran berskala internasional, serta business matching. 

“Coach sector yang diberikan sebagai pendamping IKM OVOP memiliki kapasitas dan pengalaman dengan jam terbang yang tinggi pada masing-masing komoditas OVOP tersebut. Mereka berfungsi sebagai tempat konsultasi bagi peserta dalam mengikuti rangkaian Program OVOP Go Global,” paparnya. 

Adapun workshop yang diberikan kepada peserta dan sentra IKM mencakup rencana pemasaran ekspor, pengembangan produk yang diberikan kepada IKM OVOP dan sentra IKM, identifikasi buyer dan rencana promosi, digital marketing, fotografi dan penyusunan katalog produk, serta persiapan pameran.

“Program pengembangan IKM melalui OVOP Go Global ini mencakup empat aspek, yaitu capacity building, rebranding, market entry, dan expansion. Berkaitan dengan pengembangan kapasitas IKM OVOP, Kemenperin terus menggenjot keterampilan pelaku IKM melalui bimbingan teknis, pendampingan, dan sertifikasi,” ucap Reni.

Dalam hal rebranding, IKM OVOP dilatih untuk memperkuat citra produk OVOP tanpa meninggalkan kearifan lokal baik dari bahan baku, teknik produksi, maupun keterampilan SDM perajin hingga kemasan. Pada aspek market entry, Ditjen IKMA melatih peserta untuk mampu memperkenalkan produk OVOP ke pasar domestik dan luar negeri, baik melalui pasar digital dan fisik, pameran, maupun temu bisnis serta link and match. 

“Pembinaan market entry dilakukan sebanyak dua tahap. Para peserta disiapkan agar mampu melakukan ekspor melalui pelatihan dan pendampingan ekspor, market intelligence, serta misi dagang atau link and match,” tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Suasana Zen Karaoke

Kamis, 24 Oktober 2024 - 15:12 WIB

Wajah Baru Zen Karaoke & Lounge Thamrin

Zen Karaoke & Lounge merupakan salah satu sarana hiburan yang telah hadir sejak tahun 1992 di bilangan Thamrin Jakarta Pusat, kini kembali hadir dengan berbagai rangkaian fasilitas terkini serta…

Gelar wicara bersama Duta Baca Indonesia di Mataram, Kamis (24/10/2024).

Kamis, 24 Oktober 2024 - 14:36 WIB

Peran Orang Tua dan Perpustakaan Didorong untuk Tingkatkan Budaya Membaca di NTB

Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Amir, menyampaikan pentingnya keterlibatan orang tua dalam mendampingi anak-anak mereka dalam kegiatan membaca…

Mitsubishi New Pajero Sport (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 24 Oktober 2024 - 14:20 WIB

Intip Transformasi Total New Pajero Sport, Lebih Gagah, Mewah dan Canggih

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) secara resmi telah meluncurkan Mitsubishi Pajero Sport di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Mobil SUV ladder…

Moto Guzzi Stelvio

Kamis, 24 Oktober 2024 - 14:03 WIB

PT Piaggio Indonesia Resmi Merilis Moto Guzzi Stelvio untuk Pasar Indonesia

Moto Guzzi Stelvio adalah seri pertama dari lini Moto Guzzi dengan teknologi Piaggio Fast Forward (PFF) Rider Assistance Solution, meningkatkan kenyamanan dan keamanan yang membuat berkendara…

Penampakan tenda glamping pembekalan Menteri dan Wakil Menteri di Magelang

Kamis, 24 Oktober 2024 - 13:53 WIB

Ini Penampakan Tenda Glamping di Borobudur Golf Jababeka Magelang Tempat Menginap para Menteri Kabinet Merah Putih Prabowo

Pada Kamis (24/10/2024), seluruh Menteri dan wakil Menteri Kabinet Merah Putih Presiden Prabowo Subianto direncanakan akan bertolak ke Borobudur International Golf & Country Club di Magelang,…