Kubik Leadership Perkenalkan Solusi Transformasi Kepemimpinan di Indonesia

Oleh : Wiyanto | Rabu, 23 Oktober 2024 - 21:22 WIB

Kegiatan Leadership KUBIK
Kegiatan Leadership KUBIK

INDUSTRY.co.id-Jakarta-Hasil studi menunjukkan bahwa organisasi yang berhasil dan sukses dalam lingkungan yang dinamis adalah mereka yang menerapkan strategi dualitas (ambidextrous) yang bisa menjawab tantangan tersebut (eksplorasi: dynamic capability; eksploitasi: operational excellence).

Sayangnya, belum semua pemimpin khususnya di level middle management mengetahui bagaimana mengembangkan kepemimpinan ambidextrous dan mempraktikannya secara konkret di ruang lingkup kewenangannya. Oleh karena hal tersebut, Kubik Leadership sebagai solution partner dibidang leadership yang telah dipercaya oleh berbagai perusahaan papan atas di Indonesia memperkenalkan sekaligus menyeleggarakan Ambidextrous Leadership Training.

Ambidextrous Leadership Training yang diselenggarakan Kubik Leadership, 16 – 17 Oktober 2024 bertempat di Hotel Aston Priority Simatupang dan di hadiri puluhan pemimpin korporasi dari para manager hingga direksi dari perusahaan nasional dan multinasional, dibuka dengan sesi dari Atok R. Aryanto seorang strategic leadership expert dan Juga direktur Kubik Leadership yang menjelaskan tentang ambidextrous organization yaitu dimana organisasi mempunyai kemampuan mengelola dua aspek kritis secara seimbang walaupun itu kontradiktif, yang satu eksploitasi yang satunya explorasi.

“Ada tiga peran yang wajib untuk seorang ambidextrous leader yaitu entrepreneur, leader dan manager. Seorang entrepreneur jeli dalam melihat dan menangkap peluang baru, berfikir visioner dan berani mengambil resiko terukur. Seorang leader dapat mengelola perubahan dan mampu menggerakkan anggota tim sehingga seorang mampu melahirkan pemimpin baru dari anggota timnya. Terakhir yaitu manager yang mampu mengopimalkan kegiatan operational dan mengelola sumberdaya secara efektif”, menurut pemaparan di sesi selanjutnya dari Jamil Azzaini, co-founder Kubik Leadership sekaligus Inspirator SuksesMulia.

Dalam acara tersebut juga menghadirkan direktur kubik coaching, Fauzi Rachmanto yang menjelaskan bahwa transformasi organisasi tidak selalu berhasil meskipun proses bisnisnya sudah diubah dan teknologinya sudah diperbaharui tetapi organisasi melupakan faktor ketiga yaitu people dan untuk merubah people harus mulai dari para pemimpin di organisasi tersebut. Beliau juga memapaparkan ada 3 hal dalam proses ambidextrous leadership yaitu : kemampuan pemimpin beralih secara efektif antara efiensi dan inovasi, perilaku pemimpin untuk mendorong dan menciptakan inovasi, dan perilaku pemimpin untuk meningkatkan efisiensi.

Acara di tutup dengan menyelesaikan tools dari canvas Ambidextrous Leader yang dapat melatih para peserta dalam menerapkan dualitas eksplorasi dan eksploitasi untuk dirinya sendiri dan timnya di ruang lingkup kerja.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PRIVE dan HDII Hadirkan Pengalaman Estetika Memikat di JFW 2025

Rabu, 23 Oktober 2024 - 23:03 WIB

PRIVE dan HDII Hadirkan Pengalaman Estetika Memikat di JFW 2025

Keterlibatan PRIVE dalam JFW 2025 menggabungkan seni desain interior dengan inovasi dunia fashion, memperkaya suasana sekaligus memberikan kenyamanan di berbagai area utama acara.

Dalam kunjungannya ke salah satu media, Telkom Perkenalkan Indibiz,

Rabu, 23 Oktober 2024 - 21:28 WIB

Telkom Perkenalkan Indibiz, Solusi Digital untuk Industri Media dan Komunikasi

Indibiz dari Telkom hadir sebagai solusi digital untuk membantu industri media dan komunikasi dalam menyederhanakan proses operasional bisnis

GIIAS Semarang Resmi digelar hari ini, bertempat dilokasi baru, besar dan terlengkap

Rabu, 23 Oktober 2024 - 20:04 WIB

Hadir di Venue Baru, Besar dan terlengkap, GIIAS Semarang Resmi Dibuka Hari Ini

Pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) Semarang 2024 resmi dibuka hari ini, Rabu, 23 Oktober 2024, oleh Pj. Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, Staff Ahli Menteri Bidang…

Konsisten Jaga Jaminan Halal Produk, Cimory Raih Penghargaan Top Halal Award 2024

Rabu, 23 Oktober 2024 - 19:17 WIB

Konsisten Jaga Jaminan Halal Produk, Berdasarkan Riset IHATEC Marketing Research maka Emiten Cimory Layak Raih Penghargaan Top Halal Award 2024

Jakarta– PT Cisarua Mountain Dairy Tbk (Cimory) berhasil meraih penghargaan bergengsi pada Top Halal Award 2024 yang diselenggarakan oleh IHATEC Marketing Research di Hotel JS Luwansa, Jakarta…

Senior Vice President Merchant Business Head PT Bank CIMB Niaga Tamtomo Awansatrio (keempat dari kiri) beserta jajaran dan Direktur Enterprise Business PT Finnet Indonesia Aziz Sidqi (keempat dari kanan) beserta jajaran pada acara sosialisasi Finpay Link yang bertajuk "One Click Anywhere Anytime: Mewujudkan Transaksi Tanpa Batas dengan Virtual Credit Card"

Rabu, 23 Oktober 2024 - 17:06 WIB

Kolaborasi Finnet dan CIMB Niaga dukung Perhotelan Bali Gunakan Sistem Pembayaran Digital Finpay Link

Dalam upaya mendukung pemulihan pariwisata Bali yang terus menunjukkan tren positif, Finnet sebagai salah satu anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) yang bergerak di bidang payment…