Octa Transformasi Dunia Investasi dengan Teknologi AI

Oleh : Nina Karlita | Selasa, 22 Oktober 2024 - 15:46 WIB

Broker internasional Octa bertransformasi ke teknologi AI.
Broker internasional Octa bertransformasi ke teknologi AI.

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Perkembangan kecerdasan buatan (AI) semakin mendominasi sektor finansial, menawarkan peluang revolusioner bagi para investor dan trader di seluruh dunia. 

Salah satu pemain utama yang mendorong transformasi ini adalah Octa, broker global terkemuka yang kini memanfaatkan kekuatan AI untuk menghadirkan strategi investasi yang lebih efisien dan cerdas. Dengan kemampuan AI dalam memprediksi tren pasar, mengeksekusi transaksi secara cepat, dan mengelola risiko secara akurat, dunia investasi mengalami perubahan signifikan.

Teknologi AI yang ditawarkan Octa mencerminkan tren yang sedang berkembang di industri jasa keuangan. Penerapan AI ini tidak hanya mempermudah proses pengambilan keputusan tetapi juga memberikan personalisasi lebih baik kepada pengguna, meningkatkan pengalaman trading secara keseluruhan.

Dalam dunia finansial, peran AI tidak hanya terbatas pada kecepatan pemrosesan data, tetapi juga memperkenalkan cara baru dalam mendeteksi pola tersembunyi dan meramalkan pergerakan pasar. Dengan tool seperti OctaVision, Octa menyediakan platform yang memungkinkan para trader untuk menganalisis data pasar secara lebih cepat dan akurat. 

“Peran AI yang terus berkembang di sektor trading dan investasi bukan hanya dalam hal kecepatan atau pemrosesan data. Manfaat real AI terletak pada kemampuannya untuk menawarkan akses tool analisis yang canggih kepada trader retail sehingga mereka dapat mengambil keputusan yang lebih tepat dan berdasarkan data,” kata Kar Yong Ang, analis pasar keuangan di Octa.

Salah satu fitur unggulan AI adalah trading algoritmik, yang memungkinkan eksekusi ribuan transaksi dalam hitungan mikrodetik. Teknologi ini, sebagaimana dilaporkan IBM, digunakan oleh 80% perusahaan keuangan untuk analisis pasar real-time dan trading berfrekuensi tinggi (HFT). 

Selain itu, AI juga membantu dalam manajemen portofolio, memanfaatkan data ekonomi dan risiko untuk menciptakan portofolio yang lebih seimbang, mengurangi eksposur risiko hingga 25%, menurut Forbes.

Untuk para trader yang ingin mengintegrasikan AI dalam strategi mereka, langkah-langkah praktis seperti pengujian tool AI melalui akun demo, mengikuti perkembangan teknologi terbaru, dan menggabungkan AI dengan strategi investasi tradisional adalah kunci sukses.

Dengan kemajuan AI yang terus berlanjut, peran teknologi ini dalam dunia investasi diprediksi akan terus berkembang, menciptakan lanskap trading yang lebih canggih dan terarah. Kombinasi AI dan intuisi manusia diharapkan mampu memberikan keunggulan kompetitif bagi para investor di masa depan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Selasa, 22 Oktober 2024 - 18:13 WIB

Menperin Agus Optimis RPP Gas Bumi Hingga Pintu Masuk Barang Impor Disetujui Prabowo

Menperin Agus menyebut bahwa setelah dilantik pada hari pertama, dirinya bersama Wamenperin berusaha untuk gerak cepat dengan mengusulkan kembali kepada Presiden Prabowo Subianto mengenai penetapan…

Transformasi Navigasi Maritim: Peta Digital Jadi Solusi Masa Depan

Selasa, 22 Oktober 2024 - 17:46 WIB

Transformasi Navigasi Maritim: Peta Digital Jadi Solusi Masa Depan

Jakarta-Saat ini, banyak tuntutan untuk memanfaatkan perkembangan teknologi terutama dalam industri maritim untuk meningkatkan keselamatan (safety) dan efisiensi dalam operasional di lautan.…

Dompet Dhuafa bersama Matahari Store merenovasi bangunan Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Al-Khairiyah, Serang, Banten.

Selasa, 22 Oktober 2024 - 17:21 WIB

Puluhan Siswa Belajar Dibawah Kecemasan Sekolah Rubuh, Dompet Dhuafa Bersama Matahari Store Turun Tangan Pugar Madrasah

Dompet Dhuafa dan Matahari Store lagi-lagi menjalin sinergi untuk memberi dukungan pada pendidikan Indonesia. Upaya penguatan dan peningkatan kualitas pendidikan anak-anak bangsa kali ini tertuju…

Borobudur International Golf & Country Club

Selasa, 22 Oktober 2024 - 17:15 WIB

Pengelola Pastikan Borobudur International Golf & Country Club Siap Jadi Venue Pembekalan Menteri dan Wakil Menteri

Borobudur International Golf & Country Club, yang dikelola oleh PT Jababeka Tbk (KIJA) dan terletak di Magelang, menjadi lokasi pembekalan para menteri dan wakil menteri yang dipimpin oleh Presiden…

USS 2024 siap digelar di JCC Jakarta tanggal 25-27 Oktober 2024.

Selasa, 22 Oktober 2024 - 17:00 WIB

USS 2024 Presented by Brimo Siap Meriahkan JCC dengan Kolaborasi Ratusan Brand Lokal dan Internasional

Acara tahunan fashion dan lifestyle terbesar, USS 2024 kembali hadir dengan kolaborasi spesial bersama BRImo.