PERURI dan Big Alpha Dorong Transformasi Digital UMKM Lewat Seminar Digitalk: Growth Journey

Oleh : Nina Karlita | Selasa, 22 Oktober 2024 - 15:12 WIB

Seminar Digitalk: Growth Journey yang digelar PERURI dan Big Alpha.
Seminar Digitalk: Growth Journey yang digelar PERURI dan Big Alpha.

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PERURI berkolaborasi dengan Big Alpha untuk menyelenggarakan seminar bertajuk “Digitalk: Growth Journey”, yang bertempat di Creative Hall M Bloc Space, Jakarta Selatan. 

Acara ini merupakan bagian dari inisiatif PERURI dalam meningkatkan literasi digital UMKM di Indonesia, sejalan dengan komitmen perusahaan yang telah dimulai sejak 2020. Dengan dihadiri oleh hampir 100 peserta, kegiatan ini sukses menyajikan wawasan mendalam dari berbagai narasumber berpengalaman di bidang UMKM dan teknologi digital.

Seminar ini menghadirkan Gufron Syarif, Co-Founder & CEO HAUS! Indonesia; Mega Agustina, Head of SME Growth PaDi UMKM; serta A Mesa Tiar Dyastama, Head of Channel Management Department PERURI, sebagai pembicara utama. Mereka berbagi wawasan mengenai pertumbuhan UMKM dan strategi adaptasi di era digital.

Di sesi pertama, Gufron Syarif dari HAUS! Indonesia memaparkan kisah sukses perusahaannya dalam mengembangkan bisnis minuman cepat saji. Dengan mengusung tema “Bangun Usaha Jadi Naik Kelas”, ia menjelaskan betapa pentingnya memahami kebutuhan konsumen dan terus berinovasi dalam menghadapi perubahan tren. 

“Mengikuti perubahan pasar dan memahami kebutuhan pelanggan adalah kunci untuk memperluas jangkauan bisnis,” ujar Gufron.

Mega Agustina menambahkan bahwa platform digital, terutama dalam konteks B2B, memberikan peluang besar bagi UMKM untuk berkolaborasi dan memperluas jangkauan pasar. 

Ia memaparkan pentingnya memanfaatkan marketplace B2B seperti PaDi UMKM sebagai wadah bagi para pelaku usaha untuk saling terkoneksi dan membangun jejaring bisnis yang lebih luas.

Sesi kedua seminar ini mengangkat topik “Bikin Usaha Lebih Praktis Bareng PERURI”, di mana Mesa Tiar Dyastama memperkenalkan berbagai produk digital inovatif dari PERURI yang dirancang untuk membantu UMKM meningkatkan efisiensi operasional. 

Salah satu solusi yang diperkenalkan adalah Peruri Shield, yang menawarkan fitur seperti tanda tangan digital, stempel digital, hingga meterai elektronik. 

“Dengan Peruri Shield, UMKM dapat mengelola dokumen bisnis mereka lebih cepat dan aman, sekaligus mengurangi biaya operasional,” jelas Mesa.

Acara ini juga menjadi bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PERURI, yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui literasi digital. Adi Sunardi, Head of Corporate Secretary PERURI, menekankan peran PERURI sebagai BUMN dalam mendukung pertumbuhan ekonomi lokal. 

“Kami memiliki tanggung jawab untuk berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi nasional. Meningkatkan literasi digital UMKM adalah salah satu cara kami untuk mendorong pertumbuhan sektor ini,” tutur Adi dalam sambutannya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dompet Dhuafa bersama Matahari Store merenovasi bangunan Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Al-Khairiyah, Serang, Banten.

Selasa, 22 Oktober 2024 - 17:21 WIB

Puluhan Siswa Belajar Dibawah Kecemasan Sekolah Rubuh, Dompet Dhuafa Bersama Matahari Store Turun Tangan Pugar Madrasah

Dompet Dhuafa dan Matahari Store lagi-lagi menjalin sinergi untuk memberi dukungan pada pendidikan Indonesia. Upaya penguatan dan peningkatan kualitas pendidikan anak-anak bangsa kali ini tertuju…

Flipster

Selasa, 22 Oktober 2024 - 17:16 WIB

Flipster Luncurkan Program Daily Earn Pool Dengan Total Hadiah 3.000 USDT Setiap Harinya

Flipster, platform perdagangan kripto derivatif yang berfokus pada mobile, telah meluncurkan program baru yakni Daily Earn Pool. Program ini memberikan kesempatan bagi pengguna untuk memenangkan…

Borobudur International Golf & Country Club

Selasa, 22 Oktober 2024 - 17:15 WIB

Pengelola Pastikan Borobudur International Golf & Country Club Siap Jadi Venue Pembekalan Menteri dan Wakil Menteri

Borobudur International Golf & Country Club, yang dikelola oleh PT Jababeka Tbk (KIJA) dan terletak di Magelang, menjadi lokasi pembekalan para menteri dan wakil menteri yang dipimpin oleh Presiden…

USS 2024 siap digelar di JCC Jakarta tanggal 25-27 Oktober 2024.

Selasa, 22 Oktober 2024 - 17:00 WIB

USS 2024 Presented by Brimo Siap Meriahkan JCC dengan Kolaborasi Ratusan Brand Lokal dan Internasional

Acara tahunan fashion dan lifestyle terbesar, USS 2024 kembali hadir dengan kolaborasi spesial bersama BRImo.

Konser amal Sound of Humanity, Kolaborasi ini dilakukan Dompet Dhuafa Kepulauan Riau bersama Komposer Musik Panji Sakti, musisi lokal, Aliansi Tanjungpinang Jaga Palestina,

Selasa, 22 Oktober 2024 - 16:55 WIB

Dompet Dhuafa Gelar Konser Amal Sound of Humanity untuk Palestina di Kepulauan Riau

Konser amal Sound of Humanity (SOH) di Alun-alun Tugu Sirih, Kota Gurindam, Tanjungpinang, yang diselenggarakan Dompet Dhuafa pada Minggu (20/10/2024) menjadi bukti menyatunya kekuatan seni…