PLN Dukung UMKM Berkelanjutan dan Inklusif di INACRAFT on October 2024

Oleh : Ridwan | Senin, 21 Oktober 2024 - 19:20 WIB

UMKM binaan PLN
UMKM binaan PLN

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT. PLN (Persero) kembali memberikan dukungan nyata kepada UMKM binaannya di INACRAFT on October 2024. Dalam event yang berlangsung 2-6 Oktober di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta ini, PLN membawa 15 UMKM binaannya dengan semangat berkelanjutan dan inklusif.

Hal tersebut dibuktikan dari produk-produk yang dihasilkan dengan memanfaatkan limbah sampah plastik, limbah tekstil, makeup kedaluwarsa, kayu olahan ramah lingkungan, sampai melibatkan teman-teman disabilitas dan masyarakat adat dalam proses produksinya.

Komitmen PLN untuk mendukung produk berkelanjutan dan inklusif memberikan dampak positif. Pasalnya, dalam event kerajinan terbesar di Indonesia ini, booth PLN menjadi salah satu yang ramai dikunjungi pengunjung, baik dalam maupun luar negeri.

“Pada awalnya kami pikir cuma datang untuk lihat-lihat, tapi akhirnya beli juga produk yang menarik," ucap Payalpengunjung asal India seraya menunjukkan produk yang dibeli dari UMKM Binaan PLN.

Di kesempatan yang sama, Ananda Saskia yang mengunjungi booth PLN mengatakan, produk-produk yang ada terbilang bagus dan unik.

“Pendapat saya tentang ini lucu, sih, karena baru pertama kali lihat ada aksesoris yang dibuatnya dari bekas sisa-sisa makeup,” ujarnya.

UMKM Binaan PLN yang hadir di INACRAFT on October 2024 di antaranya adalah Hexagon, Paste Lab, Sackai Bags, Tall & Co Leather, Secret Potion, RV Craft, Kreaby, Astagunaku, GK Silver, D'Belel, Gonau, Pulas Katumbiri, Sancraft, Didik Warsito, dan Nikhol.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, mengatakan kehadiran PLN di INACRAFT on October 2024 adalah wujud komitmen perusahaan untuk mendukung pengembangan UMKM di Indonesia. 

Dengan kegiatan tersebut, PLN ingin memberikan ruang bagi para pelaku UMKM mempromosikan produk-produk andalannya dan memperluas jangkauannya hingga ke level internasional.

“Ini bagian dari komitmen PLN mendorong pegiat UMKM naik kelas, khususnya kaum muda, perempuan, maupun kaum marjinal dan disabilitas,” ucap Darmawan.

PLN bersyukur dukungan yang diberikan membuahkan hasil yang memuaskan. Hal ini dibuktikan dengan nilai transaksi di booth PLN yang tembus Rp1,08 miliar. Kesuksesan tersebut tidak lepas dari kehadiran booth UMKM binaan PLN yang menarik banyak pengunjung dengan konsep sustainability dan pemberdayaan kaum rentan.

“Ini menjadi kesempatan bagi UMKM binaan kami untuk menunjukkan produk unggulannya dengan bahan baku yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Konsumen saat ini semakin memprioritaskan keberlanjutan dalam keputusan pembelian mereka,” kata Darmawan.

Terpisah, salah satu Founder Paste Lab, Rifqi Dwantara, mengatakan kehadiran PLN sangat berarti. Pasalnya, ia mengakui mendapatkan banyak dukungan.

“Kita di-support untuk melakukan research and development peralatan yang akan kita gunakan untuk menyelesaikan tujuh masalah sampah,” katanya. 

Sementara itu, Creative Coordinator Kreaby, Ainur Rasyidah, mengatakan ke depan Kreaby ingin terus memperkenalkan karya-karya individu dengan autisme yang notabene adalah artis atau seniman Kreaby.

“Kami ingin memperkenalkan karya-karya dari individu dengan autisme ini, bahwa mereka bisa mengembangkan karyanya, bisa bekerja dalam ekosistem yang kita ciptakan,” ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wartawan mengunjungi pabrik baru Frisian Flag Indonesia di Cikarang.

Senin, 21 Oktober 2024 - 23:25 WIB

Frisian Flag Tegaskan Komitmen Penuhi Nutrisi Lewat Kebaikan Susu

Frisian Flag Indonesia terus berkomitmen untuk mendukung kesehatan dan kualitas hidup bangsa melalui kebaikan susu dalam pengembangan produk bernutrisi tinggi.

Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI), Sanny Iskandar

Senin, 21 Oktober 2024 - 23:20 WIB

Ketum HKI Optimis Pemerintahan Prabowo-Gibran Bakal Ciptakan Kebijakan Inklusif dan Berkelanjutan untuk Pengembangan Kawasan Industri

Himpunan Kawasan Industri (HKI) menyambut baik kepemimpinan pemerintahan baru Presiden Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka. HKI meilihat hal ini merupakan peluang baru khususnya dalam…

Area lokasi parkir GIIAS Semarang 2024

Senin, 21 Oktober 2024 - 20:38 WIB

GIIAS Semarang 2024 Sediakan Area Parkir yang Aman dan Nyaman

Pameran otomotif akbar GIIAS Semarang 2024 akan resmi dibuka dalam dua hari, menyajikan beragam inovasi terkini dari industri otomotif dunia kepada masyarakat Jawa Tengah, khususnya Semarang…

Bakamla RI melalui unsur Kapal Negara (KN) Tanjung Datu-301, melakukan shadowing dan mengusir kapal China Coast Guard (CCG) 5402 di laut Natuna Utara

Senin, 21 Oktober 2024 - 20:26 WIB

Bakamla RI Usir Kapal China Coast Guard di Laut Natuna Utara

Bakamla RI melalui unsur Kapal Negara (KN) Tanjung Datu-301, melakukan shadowing dan mengusir kapal China Coast Guard (CCG) 5402 yang mengganggu kegiatan Survei dan Pengolahan Data Seismik 3D…

Sekretaris Perusahaan IFG Oktarina Dwidya Sistha

Senin, 21 Oktober 2024 - 18:56 WIB

Peringati Hari Asuransi Nasional 2024, IFG Sokong Pelaku Industri Asuransi melalui Literasi Keuangan

Jakarta – Memperingati Hari Asuransi Nasional yang jatuh pada 18 Oktober 2024, Indonesia Financial Group (IFG), Holding BUMN Asuransi, Penjaminan, dan Investasi kembali menegaskan komitmen…