Seorang Konten Kreator Penyebar Hoaks Bromat Le Minerale Minta Maaf, Akui Dirinya Bersalah

Oleh : Kormen Barus | Senin, 21 Oktober 2024 - 19:16 WIB

Ilustrasi Hoax (James Baigrie/Getty Images)
Ilustrasi Hoax (James Baigrie/Getty Images)

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Gerald Vincent, penyebar hoaks kandungan bromat yang tinggi pada produk Le Minerale, akhirnya meminta maaf kepada Le Minerale dan pihak terkait serta masyarakat. Ia mengakui bahwa dirinya bersalah telah menyebar informasi menyesatkan Februari lalu. Ia mengatakan bahwa data yang ia sampaikan adalah tidak benar dan diunggah tanpa verifikasi terlebih dahulu.

Ketika itu, Vincent menyampaikan informasi menyesatkan (hoaks) soal kandungan bromat tinggi produk air minum kemasan Le Minerale. Ia dengan serampangan menyajikan data tentang kandungan bromat, tanpa rujukan yang jelas dan bisa dipertanggungjawabkan keabsahannya.

“Konten saya soal Le Minerale kandungan bromat-nya 58,8 ternyata salah. Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya karena telah merugikan nama baik Le Minerale,” ujar Vincent dalam video tiktoknya, Jumat, 18 Oktober. Ia juga mengakui dirinya bukanlah orang yang berkompeten dalam membahas kandungan bromat pada air mineral.

“Saya di sini bukan sebagai seorang ahli, bukan nutrisionis, sehingga saya tidak memiliki kompetensi untuk membahas mengenai kandungan bromat pada air mineral, kata Vincent.

Selain unggahannya telah dilabel hoaks oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi, apa yang disampaikan Gerald Vincent jelas terbukti dengan sengaja membohongi publik. Pasalnya, Februari lalu Vincent sengaja menyebar info bohong bahwa AMDK Le Minerale mengandung senyawa bromat melewati ambang batas.

Merespon unggahan Vincent tersebut, kedua merek AMDK terbesar di Indonesia membagikan hasil uji eksternal bromat pada laman media sosialnya. Didahului Le Minerale yang mengunggah data dari laboratorium terakreditasi Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Agro (BBIA) di bawah naungan Kementerian Perindustrian. Hasil laboratorium resmi itu menunjukan Le Minerale justru jauh di bawahnya, yaitu 0,4 ppb atau 0,0004 mg/L.

“Hasil uji laboratorium menunjukkan bahwa kadar Bromat dalam Le Minerale jauh di bawah ambang batas yang telah ditetapkan, yaitu 10 parts per billion (ppb) atau setara dengan 0,01 mikrogram/L. Secara spesifik, kadar bromat hanya sebesar 0,4 ppb,” papar manajemen Le Minerale sebagaimana dikutip dari via akun resmi IG @le_mineraleid, 24 Februari lalu.

Jagad maya media sosial pun gaduh. Netizen menduga apa yang dilakukan oleh Vincent merupakan bagian dari black campaign dari pesaing.

Dalam video permintaan maafnya, Vincent juga menghimbau masyarakat agar menghentikan peredaran video hoaks yang dibuatnya. “Saya sadar bahwa konten saya telah diambil, digunakan, di-repost dan disebarkan melalui berbagai platform. Oleh karenanya, saya harap kamu bisa lebih bijak dari saya dengan nggak nge-post video yang dulu,” kata Vincent sekaligus mengingatkan agar perilakunya tak ditiru pengikutnya dan influencer lain.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jejak Jokowi Bangun Ekosistem Kendaraan Listrik Indonesia

Selasa, 22 Oktober 2024 - 08:33 WIB

Jejak Jokowi Bangun Ekosistem Kendaraan Listrik Indonesia

Jakarta - Viena Paramita (38) ibu rumah tangga asal Kalibata, Jakarta Selatan bisa jadi orang yang suka dengan kebijakan mobil listrik ala Presiden Joko Widodo. Mungkin manfaat bagi perempuan…

Mazda Indonesia Berkolaborasi dengan Jakarta Fashion Week (JFW) 2025: Sinergi Artistik Industri Fashion dan Otomotif

Selasa, 22 Oktober 2024 - 08:20 WIB

Mazda Indonesia Berkolaborasi dengan Jakarta Fashion Week (JFW) 2025: Sinergi Artistik Industri Fashion dan Otomotif

Jakarta– PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), agen pemegang merek Mazda di Indonesia, kembali berpartisipasi dalam Jakarta Fashion Week (JFW) 2025 sebagai Official Vehicle Partner.

Direktur Utama BSI Hery Gunardi (kanan) bersama Ketua DPP REI Joko Suranto (kiri) saat penandatangan perjanjian kerja sama strategis BSI dengan Real Estate Indonesia (REI) di Gedung The Tower Kantor Pusat BSI

Selasa, 22 Oktober 2024 - 08:00 WIB

Dukung Pemerintah, BSI dan REI Perkuat Sinergi Sediakan Rumah Layak bagi Masyarakat

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus mendukung pemerintah untuk mempermudah akses pembiayaan perumahan bagi masyarakat Indonesia. Hal tersebut diwujudkan melalui kolaborasi strategis BSI…

Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI), Sanny Iskandar

Selasa, 22 Oktober 2024 - 07:20 WIB

Ketum HKI Optimistis Pemerintahan Prabowo Bakal Ciptakan Kebijakan yang Mendukung Kemajuan Kawasan Industri

Himpunan Kawasan Industri (HKI) menyambut baik kepemimpinan pemerintahan baru Presiden Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka. HKI meilihat hal ini merupakan peluang baru khususnya dalam…

Wartawan mengunjungi pabrik baru Frisian Flag Indonesia di Cikarang.

Senin, 21 Oktober 2024 - 23:25 WIB

Frisian Flag Tegaskan Komitmen Penuhi Nutrisi Lewat Kebaikan Susu

Frisian Flag Indonesia terus berkomitmen untuk mendukung kesehatan dan kualitas hidup bangsa melalui kebaikan susu dalam pengembangan produk bernutrisi tinggi.