Semen Merah Putih, Dulux, dan BJKW-3 Bersinergi Tingkatkan Kualitas Tenaga Konstruksi Menuju Pembangunan Berkelanjutan

Oleh : Nina Karlita | Senin, 21 Oktober 2024 - 16:58 WIB

Instruktur Memberikan Penjelasan Langsung Kepada Para Peserta Pelatihan Sertifikasi Mandor Pintar Institute
Instruktur Memberikan Penjelasan Langsung Kepada Para Peserta Pelatihan Sertifikasi Mandor Pintar Institute

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Kolaborasi strategis multisektoral antara Semen Merah Putih, Dulux, dan Balai Jasa Konstruksi Wilayah III (BJKW-3) Kementerian PUPR menciptakan terobosan penting dalam meningkatkan kompetensi tenaga kerja konstruksi di Indonesia. 

Melalui pelatihan dan sertifikasi, kerja sama ini bertujuan untuk mendukung pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan dengan kualitas yang lebih baik.

Seiring dengan pertumbuhan pesat infrastruktur di Indonesia, kebutuhan akan tenaga kerja konstruksi yang bersertifikasi semakin mendesak. Data menunjukkan bahwa Indonesia membutuhkan sekitar 12 juta tenaga kerja konstruksi, namun hanya 720.000 yang telah bersertifikasi pada tahun 2023. 

Semen Merah Putih, melalui program Mandor Pintar Institute (MPI), bekerja sama dengan AkzoNobel, produsen cat Dulux, dan BJKW-3, meluncurkan program pelatihan komprehensif yang mencakup keterampilan teknis di bidang struktur bangunan dan estetika dalam konstruksi. 

Kolaborasi ini menjadi penting karena keterampilan teknis dan estetika harus berjalan beriringan dalam menghasilkan bangunan berkualitas tinggi dan ramah lingkungan.

Program ini juga menandai peningkatan dalam cakupan sertifikasi, dengan memperluas fokus pada pekerja konstruksi tingkat teknis dan manajerial (level 5 dan 6), seperti Project Manager dan QC Manager. Sebelumnya, sertifikasi lebih banyak menyasar pekerja di level operator (level 1 hingga 3).

Nyiayu Chairunnikma, Head of Marketing PT Cemindo Gemilang Tbk, menekankan bahwa kolaborasi ini penting karena menyatukan dua perusahaan material konstruksi besar, yakni Semen Merah Putih dan Dulux, yang memiliki visi yang sama dalam meningkatkan kualitas bangunan dan tenaga kerja konstruksi.

“Kami tidak hanya meningkatkan keterampilan pekerja di level teknis, tetapi juga melibatkan mereka dalam penggunaan material yang berkualitas tinggi, termasuk semen dan cat. Program ini memastikan proyek konstruksi lebih terintegrasi dan terjamin dari segi kualitas,” kata Ayu.

Ayu berharap bahwa melalui kolaborasi ini, pekerja konstruksi dapat memanfaatkan keterampilan baru untuk menghasilkan proyek yang lebih efisien, baik dari segi waktu, biaya, maupun penggunaan material, sehingga mendukung pembangunan yang lebih ramah lingkungan.

Sertifikasi yang diberikan dalam program ini telah disesuaikan dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), yang menjamin bahwa pekerja konstruksi memiliki keterampilan yang relevan untuk menghadapi tantangan dalam proyek modern yang semakin kompleks. 

Samuel E.D.P Tampubolon, Kepala BJKW-3, menegaskan pentingnya sertifikasi dalam memastikan keamanan dan kualitas setiap proyek.

“Sertifikasi adalah fondasi utama untuk setiap proyek konstruksi berkualitas. Dengan tenaga kerja yang bersertifikasi, kita bisa meningkatkan produktivitas dan meminimalisir risiko kecelakaan, serta mempersiapkan tenaga kerja kita agar lebih kompetitif di tingkat global,” kata Samuel.

Yudhy Aryanto, Country Commercial Head PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia), menjelaskan pentingnya estetika dan keberlanjutan dalam sektor konstruksi. Melalui program Mitra Dulux, pihaknya memberikan pelatihan kepada para kontraktor, aplikator, dan profesional lainnya untuk meningkatkan keterampilan teknis dalam aplikasi cat.

“Pemahaman akan teknik aplikasi yang benar sangat penting untuk menciptakan bangunan yang tahan lama dan estetis, sambil tetap menjaga kelestarian lingkungan,” jelas Yudhy.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Area lokasi parkir GIIAS Semarang 2024

Senin, 21 Oktober 2024 - 20:38 WIB

GIIAS Semarang 2024 Sediakan Area Parkir yang Aman dan Nyaman

Pameran otomotif akbar GIIAS Semarang 2024 akan resmi dibuka dalam dua hari, menyajikan beragam inovasi terkini dari industri otomotif dunia kepada masyarakat Jawa Tengah, khususnya Semarang…

Bakamla RI melalui unsur Kapal Negara (KN) Tanjung Datu-301, melakukan shadowing dan mengusir kapal China Coast Guard (CCG) 5402 di laut Natuna Utara

Senin, 21 Oktober 2024 - 20:26 WIB

Bakamla RI Usir Kapal China Coast Guard di Laut Natuna Utara

Bakamla RI melalui unsur Kapal Negara (KN) Tanjung Datu-301, melakukan shadowing dan mengusir kapal China Coast Guard (CCG) 5402 yang mengganggu kegiatan Survei dan Pengolahan Data Seismik 3D…

UMKM binaan PLN

Senin, 21 Oktober 2024 - 19:20 WIB

PLN Dukung UMKM Berkelanjutan dan Inklusif di INACRAFT on October 2024

PT. PLN (Persero) kembali memberikan dukungan nyata kepada UMKM binaannya di INACRAFT on October 2024. Dalam event yang berlangsung 2-6 Oktober di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta ini,…

Sekretaris Perusahaan IFG Oktarina Dwidya Sistha

Senin, 21 Oktober 2024 - 18:56 WIB

Peringati Hari Asuransi Nasional 2024, IFG Sokong Pelaku Industri Asuransi melalui Literasi Keuangan

Jakarta – Memperingati Hari Asuransi Nasional yang jatuh pada 18 Oktober 2024, Indonesia Financial Group (IFG), Holding BUMN Asuransi, Penjaminan, dan Investasi kembali menegaskan komitmen…

UMKM Binaan PLN

Senin, 21 Oktober 2024 - 18:35 WIB

GeTI Incubator Berikan Dukungan Nyata untuk UMKM Binaan PLN di INACRAFT on October 2024

Direktur Pengembangan Bisnis PT Global Edukasi Talenta Inkubator atau GeTI Incubator (bagian dari PT Usaha Dagang Indonesia atau ExportHub.id), Divera Wicaksono mengatakan, pihaknya mendukung…