Pertumbuhan Kinerja Ritel yang Kuat di Jakarta Dorong Optimisme Pemilik Mall untuk Naikkan Tarif Sewa

Oleh : Hariyanto | Senin, 21 Oktober 2024 - 15:04 WIB

Mall Ilustrasi
Mall Ilustrasi

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Dengan mempertahankan tingkat hunian agar terus konsisten dan bisa naik, akan berpotensi mendorong kenaikan tarif sewa di tahun 2024 dan 2026. Namun , agar tetap kompetitif, pemilik mall mungkin akan melakukan penyesuaian tarif sewa secara minimal, guna dapat menarik dan meningkatkan penyewa di pasar yang terus berkembang ini. 

Ferry Salanto, Head of Research Colliers mengatakan bahwa meskipun alasan kenaikan tarif sewa bervariasi antara pemilik mall, salah satu pendorong utama adalah kebutuhan modal untuk melakukan perbaikan dan renovasi mall dari calon penyewa di mal yang berpotensi untuk berpartisipasi menyewa mall.

“Untuk mempertahankan profitabilitas dan kepuasan penyewa, pemilik mall harus berhati-hati dalam menyeimbangkan faktor-faktor ini, agar penyesuaian tarif yang moderat tetap bisa menjaga penyewa utama untuk tidak pergi sambil menjaga agar mall tetap kompetitif dan menarik di tengah persaingan yang keras.” kata Ferry

Bagi riteler, beradaptasi dengan penyesuaian biaya sewa memerlukan strategi yang harus diperhitungkan dengan baik. Pemegang merek diharapkan lebih terlibat dalam perencanaan yang teliti, membuat proyeksi penjualan dan pendapatan untuk setiap outlet-nya, guna memastikan stabilitas keuangan. 

Guna mencapai hal tersebut diperlukan analisa pola dari perilaku konsumen dan menyelaraskannya dengan upaya pemasaran yang tepat. Dengan langkah tersebut, riteler diharapkan dapat mempertahankan operasional mereka saat ini sambil menjaga posisi agar tetap bisa terus bertahan di masa depan.

Memiliki pola pikir selangkah lebih maju kedepan, ini tentu menjadi penting untuk mengatasi kompleksitas di dalam dunia ritel dan menggapai sukses jangka panjang di pasar yang terus berkembang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Outlet Susu Mbok Darmi

Senin, 21 Oktober 2024 - 17:36 WIB

Susu Mbok Darmi Perluas 150 Outlet Hingga 2025

Selama 11 tahun terakhir, Susu Mbok Darmi telah menjadi teman setia para pecinta susu di Jabodetabek dengan lebih dari 100 outlet yang tersebar di area strategis. Memasuki momen spesial ulang…

Allianz Syariah dan Maybank Indonesia Hadirkan MyProtection Waris Syariah

Senin, 21 Oktober 2024 - 17:34 WIB

Allianz Syariah dan Maybank Indonesia Hadirkan MyProtection Waris Syariah

PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia (Allianz Syariah) dan PT Bank Maybank Indonesia, Tbk (Maybank Indonesia) memperkenalkan MyProtection Waris Syariah. Produk asuransi jiwa tradisional…

Instruktur Memberikan Penjelasan Langsung Kepada Para Peserta Pelatihan Sertifikasi Mandor Pintar Institute

Senin, 21 Oktober 2024 - 16:58 WIB

Semen Merah Putih, Dulux, dan BJKW-3 Bersinergi Tingkatkan Kualitas Tenaga Konstruksi Menuju Pembangunan Berkelanjutan

Melalui pelatihan dan sertifikasi, kerja sama ini bertujuan untuk mendukung pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan dengan kualitas yang lebih baik.

Lisa Blackpink (instagram.com/ @lalalisa_m

Senin, 21 Oktober 2024 - 16:20 WIB

Harga Tiket Fan Meetup Lisa Blackpink di Jakarta Tuai Protes di Media Sosial

Fan Meetup Lisa Blackpink Asia yang akan digelar di Jakarta pada 15 November 2024 menuai polemik lantaran mahalnya harga tiket yang disediakan promotor Big Ground Entertainment.

Sjafrie Sjamsoeddin saat pengambilan sumpah janji di dalam kabinet merah putih

Senin, 21 Oktober 2024 - 15:59 WIB

Sah! Sjafrie Sjamsoeddin Resmi Menjabat sebagai Menteri Pertahanan RI Periode 2024-2029

Sjafrie Sjamsoeddin resmi dilantik sebagai Menteri Pertahanan Republik Indonesia untuk periode 2024-2029. Pelantikan tersebut berlangsung di Istana Kepresidenan Jakarta, pada Senin (21/10/2024),…