Gelar SMEstaTalk, BRI Persiapkan UMKM Indonesia Tembus Pasar Global

Oleh : Wiyanto | Senin, 21 Oktober 2024 - 05:30 WIB

Direktur Commercial, Small & Medium Business BRI Amam Sukriyanto mengatakan untuk mendukung pengembangan UMKM agar dapat menjadi lebih tangguh dan maju, kolaborasi semua pihak terkait sangat penting.
Direktur Commercial, Small & Medium Business BRI Amam Sukriyanto mengatakan untuk mendukung pengembangan UMKM agar dapat menjadi lebih tangguh dan maju, kolaborasi semua pihak terkait sangat penting.

INDUSTRY.co.id-Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) kembali menunjukkan komitmennya untuk mendukung pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia dengan menyelenggarakan webinar eksklusif, SMEs Loyalty Talks #SMEstaTalks Episode 3 pada akhir September 2024 lalu.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian inisiatif BRI untuk memperluas akses pasar dan meningkatkan daya saing UMKM Indonesia di kancah internasional.

SMEstaTalk merupakan serangkaian pelatihan online yang memberikan pembekalan komprehensif kepada nasabah BRI agar dapat mengembangkan usaha mereka hingga siap untuk ekspor. Program ini tidak hanya berfokus pada peningkatan literasi dan inklusi, tetapi juga menghadirkan para ahli kompeten untuk berdiskusi tentang topik terkini yang dapat memaksimalkan potensi usaha nasabah.

Dalam enam bulan terakhir, SMEstaTalk telah dilaksanakan sebanyak tiga kali dengan jumlah peserta hampir mendekati seribu orang. Pelatihan online ini merupakan bagian dari kolaborasi antara BRI dan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) serta Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Direktur Commercial, Small & Medium Business BRI Amam Sukriyanto mengatakan “untuk mendukung pengembangan UMKM agar dapat menjadi lebih tangguh dan maju, kolaborasi semua pihak terkait sangat penting. Tidak cukup bagi bank untuk menjadi satu-satunya pendukung, karena kebutuhan UMKM lebih dari sekadar pendanaan. Meskipun pendanaan dapat mengatasi beberapa tantangan yang dihadapi oleh UMKM, itu bukan satu-satunya faktor yang diperlukan untuk pengembangan mereka.”

Lebih penting lagi, semua stakeholders harus berkolaborasi untuk memberikan edukasi yang memadai kepada pengusaha UMKM mencakup bagaimana produksi barang dan jasa yang efisien, inovasi berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, pemahaman tentang pengelolaan keuangan yang sehat, dan hal yang perlu dipersiapkan UMKM agar mampu menjangkau pasar yang lebih luas.

“Dengan inisiatif seperti SMEstaTalk, BRI terus berkomitmen menjadi mitra terpercaya bagi UMKM Indonesia, membantu mereka tidak hanya bertahan, tetapi juga berkembang dan siap bersaing di pasar global,” imbuh Amam.

Sementara itu Direktur Promosi dan Pemasaran Produk Unggulan Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Kemendesa PDTT (Kementerian Desa, Pembangunan Daerah, dan Transmigrasi) Muhammad Asnawi Sabli menekankan pentingnya membangun daya saing lokal melalui kolaborasi aktif. Ia menegaskan bahwa keunikan produk lokal adalah daya tarik utama dalam menghadapi persaingan. Andanu Prasetyo, CEO Maka Group dan Founder Toko Kopi Tuku, memberikan wawasan tentang menjaga keunikan produk sambil terus berinovasi. “Kunci sukses adalah tetap berpegang pada budaya lokal, namun berani bereksperimen. Pelanggan mencari keaslian sekaligus inovasi,” ujarnya.

Nenden Rospiani, CEO Restu Mande, juga berbagi pengalaman tentang bagaimana brand masakan Padang instan ini mendunia berkat dukungan KUR BRI. “Kolaborasi dengan komunitas lokal dan partisipasi dalam pameran internasional telah membuka pintu bagi kami untuk memasuki pasar global,” tuturnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tasyakuran Hari Santri JUFI distribusikan sembako

Senin, 21 Oktober 2024 - 05:24 WIB

Jurnalis Filantropi Indonesia Bagikan 100 Paket Alquran dan Sembako kepada Santri Dhuafa

Memperingati Hari Santri Nasional (HSN) ke-10, Jurnalis Filantropi Indonesia (Jufi) membagikan 100 paket Alquran dan sembako kepada santri dhuafa. Pembagian paket sembako dilakukan bersamaan…

Pembukaan outlet Pisang Madu Pasti di Green Terrace TMII Jakarta.

Minggu, 20 Oktober 2024 - 22:18 WIB

Pisang Madu Pasti Ekspansif, Resmikan Outlet ke-40 di TMII

Bermula dari usaha gerobakan kaki lima, Pisang Madu Pasti kini telah membuka outlet ke-40 di Green Terrace, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, pada Minggu (20/10/2024).

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mutasi dan rotasi 63 Pati TNI

Minggu, 20 Oktober 2024 - 18:54 WIB

Panglima TNI Rotasi dan Mutasi 63 Perwira Tinggi, Ini Daftarnya...

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto merotasi dan mutasi sejumlah jabatan strategis di lingkungan TNI. Rotasi dan mutasi itu berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor…

Edwinius Purwoko, Owner Rent2Rent (kanan)

Minggu, 20 Oktober 2024 - 17:52 WIB

Rent2Rent Tawarkan Solusi Visual LED Screen Berkualitas Tinggi

Penyedia layanan penyewaan LED screen berkualitas tinggi, PT Digital Visual Solution (Rent2Rent) menawarkan solusi visual yang dapat mengakomodir berbagai kebutuhan, termasuk event promosi,…

 PT Indonesia International Automotive Proving Ground (IIAPG), anak perusahaan Gobel Group

Minggu, 20 Oktober 2024 - 13:46 WIB

IIAPG Anak Usaha Gobel Group Bangun Fasilitas Proving Ground Terbesar di Asia Tenggara

PT Indonesia International Automotive Proving Ground (IIAPG), anak perusahaan Gobel Group, melalui skema Proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) sedang mengembangkan Fasilitas…