Kinerja LPDB-KUMKM Makin Ciamik, Sukses Salurkan Dana Bergulir Capai Rp19,11 Triliun Sejak 2008

Oleh : Ridwan | Sabtu, 19 Oktober 2024 - 22:37 WIB

Direktur Utama LPDB-KUMKM, Supomo
Direktur Utama LPDB-KUMKM, Supomo

INDUSTRY.co.id - Subang – Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) kembali menunjukkan kinerja yang positif dalam mendukung pertumbuhan sektor Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. 

Direktur Utama LPDB-KUMKM, Supomo mengatakan, program Dana Bergulir LPDB-KUMKM telah memberikan dampak yang sangat positif bagi pertumbuhan Koperasi dan UMKM di Indonesia.

"Dengan penyaluran dana yang terus meningkat setiap tahunnya, kami telah berhasil menjangkau lebih banyak UMKM melalui koperasi di seluruh pelosok negeri," jelasnya dalam kegiatan Media Gathering LPDB-KUMKM di Sari Ater Hotel Hot Springs, Subang, Jawa Barat, Sabtu (19/10/2024)

Menurutnya, keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan penuh dari Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM).

"Sinergi yang kuat antara LPDB-KUMKM dan Kemenkop UKM telah menjadi kunci keberhasilan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional," kata Supomo.

Secara akumulasi berdasarkan data per 30 September 2024, LPDB-KUMKM telah menyalurkan dana bergulir sebesar Rp19,11 triliun sejak tahun 2008. 

Penyaluran ini mencakup 36 provinsi di Indonesia dengan total 3.323 mitra yang telah menerima manfaat. Dengan, outstanding atau sisa pinjaman tercatat sebesar Rp4,11 triliun.

Sementara itu, pada tahun 2024, LPDB-KUMKM telah merealisasikan penyaluran dana sebesar Rp1,465 triliun hingga September 2024 dengan laju tingkat Non Performing Loan (NPL) sebesar 2,48 persen.

"Capaian ini menunjukkan komitmen LPDB-KUMKM dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi. Program penyaluran dana bergulir LPDB-KUMKM telah berhasil menjangkau banyak UMKM di seluruh Indonesia," lanjutnya.

Menurut Supomo, akses pembiayaan bagi UMKM yang belum bisa mendapatkan pinjaman atau pembiayaan dari perbankan bisa melalui koperasi.

"Program ini telah memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan akses pembiayaan bagi UMKM, terutama bagi mereka yang sulit mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan konvensional," tambah Supomo.

Namun demikian, lanjut Supomo, meski telah mencapai banyak keberhasilan, LPDB-KUMKM menyadari bahwa masih banyak tantangan yang harus dihadapi dalam pengembangan UMKM dan LPDB-KUMKM berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan memperluas jangkauan program, serta memperkuat kolaborasi dengan berbagai pihak terkait.

"Keberhasilan program Dana Bergulir LPDB-KUMKM tidak dapat dicapai sendiri. Dibutuhkan kolaborasi yang erat dengan berbagai pihak, baik pemerintah pusat maupun daerah, lembaga keuangan, perguruan tinggi, dan seluruh pemangku kepentingan lainnya," pungkas Supomo.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

WISE, Solusi Kecemasan Keuangan Pelajar Indonesia yang Berencana Atau Yang Sedang Studi di Luar Negri.

Sabtu, 19 Oktober 2024 - 20:27 WIB

Ayah Bunda Perlu Tahu Juga Ya! Ini WISE, Solusi Keuangan Pelajar Indonesia yang Berencana Atau Sedang Studi di Luar Negri

Jakarta– Survei terbaru dari Wise, perusahaan teknologi global yang menyediakan cara terbaik untuk mengirim dan mengelola uang secara internasional, mengungkapkan bahwa banyak pelajar Indonesia…

MoU BRI dengan BPJS Kesehatan

Sabtu, 19 Oktober 2024 - 19:16 WIB

BRI Jalin Kerja Sama dengan BPJS Kesehatan Sediakan Pembiayaan

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) menjalin sinergi dengan BPJS Kesehatan dalam menyediakan kebutuhan layanan perbankan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama Sinergi…

Danone Indonesia kembali berhasil meraih 3 penghargaan Top Halal Award untuk tiga mereknya yakni SGM, AQUA dan Mizone dengan kategori Kids Milk Powder, kategori Bottled Drinking Water (AMDK), kategori Isotonic Drink dari 52 merek dagang terpilih.

Sabtu, 19 Oktober 2024 - 19:08 WIB

Wow, Tiga Merek Asuhan Danone Indonesia Berhasil Menjadi Merek Pilihan Utama Konsumen Milenial, Raih Top Halal

Jakarta-Danone Indonesia kembali berhasil meraih 3 penghargaan Top Halal Award untuk tiga mereknya yakni SGM, AQUA dan Mizone dengan kategori Kids Milk Powder, kategori Bottled Drinking Water…

Foto Ilustrasi Pabrik Rokok

Sabtu, 19 Oktober 2024 - 18:58 WIB

Rancangan Aturan Kemasan Rokok Polos Tanpa Merek Ancam Nasib Buruh Perempuan

Serikat pekerja sektor pertembakauan mengungkapkan kekhawatiran terhadap dampak negatif dari kebijakan restriktif dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 28 Tahun 2024 maupun Rancangan Peraturan…

Pusat kendali operasi Kogabpadpam (poskout)

Sabtu, 19 Oktober 2024 - 18:45 WIB

Pangkogabpadpam Tinjau Venue Bermalam Tamu Negara dan Pastikan Sistem Pengamanan VVIP Berjalan Optimal

(Puspen TNI) - Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Rachmad Jayadi selaku Panglima Komando Gabungan Terpadu Pengamanan (Pangkogabpadpam) VVIP Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI melaksanakan…