Anindya Bakrie: Kadin Akan MoU Dengan GP Ansor

Oleh : Wiyanto | Sabtu, 19 Oktober 2024 - 18:32 WIB

Ketum Kadin Anindya Bakrie bersama Ketum GP Ansor
Ketum Kadin Anindya Bakrie bersama Ketum GP Ansor

INDUSTRY.co.id-Jakarta-Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia (2024 – 2029) Anindya Bakrie mengatakan Kadin Indonesia akan segera membuat MoU (Nota Kesepahaman) dengan Gerakan Pemuda (GP) Ansor. Anindya menilai bahwa slogan yang digaungkan GP Ansor sejalan dengan visi Kadin Indonesia.

“GP Ansor mempunyai slogan namanya (akronim) 'BISA'. B-nya itu fokus kepada bisnis dan ekonomi, Inya inovasi dan teknologi. S-nya sumber daya manusia, dan A-nya anak muda. Saya melihat ini semua bisa sekali bekerja sama dengan Kadin sebagai wadah dunia usaha Indonesia. Dan juga dengan bersama, kita bisa menjadi lebih kuat membangun perekonomian (khususnya) di daerah," ungkap Anindya Bakrie, Ketua Umum Kadin Indonesia (2024 – 2029).

Hal itu disampaikan Anindya saat menjadi keynote speaker dalam acara Konferensi Besar XXVII Gerakan Pemuda (GP) Ansor bertema “Optimis Dunia Usaha dalam Visi Indonesia Maju dan Tantangan Global” yang diselenggarkan di Hotel Harris, kawasan Sentul City, Bogor, Jawa Barat, Jumat (18/10) malam.

Anindya menambahkan, Kadin Indonesia mempunyai dua unsur utama yang memungkinkan GP Ansor untuk bekerja sama yaitu dengan Kadin Provinsi, Kabupaten/Kota, dan juga dengan asosiasi/himpunan sebagai anggota luar biasa (ALB) Kadin Indonesia.

Dengan target pertumbuhan ekonomi Indonesia yang secara berkala akan menuju ke 8%, Anindya berharap agar GP Ansor ikut berperan dalam mendukung progam-program yang dicanangkan pemerintahan Prabowo – Gibran. Apalagi GP Ansor merupakan organisasi kepemudaan Muslim terbesar di Indonesia dengan jumlah anggota/kader mencapai delapan juta.

“Intinya memang bagaimana GP Ansor dapat berpikir ala pengusaha yang intinya sama-sama untung, agar berkelanjutan. Kita (Kadin dan GP Ansor) cari jalan sama-sama, model bisnisnya seperti apa. Dan (GP Ansor) SDM (Sumber Daya Manusia)-nya harus kuat. Saya rasa dengan (slogan GP Ansor) BISA itu adalah awal yang sangat baik,” ujar Anindya Bakrie, Ketua Umum Kadin Indonesia (2024 – 2029).

“Dengan jejaring Ansor/Banser yang luar biasa, di seluruh provinsi, kabupaten/kota, bahkan sampai ranting keluarahan/desa, semua itu adalah aset yang “mahal” yang bisa digunakan sebagai bagian dari anchor (jangkar) pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui kerja sama nanti antara Ansor dan Kadin, dalam rangka, secara nasional, (mendukung) menumbuhkan ekonomi 8%,” jelas Addin Jauharudin, Ketua Umum GP Ansor masa khidmat 2024 – 2029.

Dalam paparannya, Anindya menjelaskan prospek ekonomi pertumbuhan ekonomi Indonesia di tengah situasi global yang multi-krisis. Dan Indonesia mempunyai tiga hal baik untuk menghadapi tantangan tersebut: Indonesia sebagai negara nonblok, Indonesia sebagai negara adidaya iklim dan Indonesia sebagai negara adidaya pangan.

Menurut Anindya, optimisme pemerintahan Prabowo – Gibran mencapai pertumbuhan ekonomi berkala menuju 8% akan difokuskan pada empat faktor ketahanan, yaitu Ketahanan Energi, Ketahanan Pangan, Ketahanan Kesehatan, dan Ketahanan Infrastruktur. Dan hal tersebut selaras dengan pilar-pilar Kadin Indonesia: Ketahanan Pangan, Keamanan Kesehatan, dan Keamanan Energi, yang didukung dengan dua enablers atau strategi utama: Hilirisasi Untuk Semua dan Digitalisasi Untuk Semua.

Yuk kita semangat! Kita musti percaya diri karena 20 tahun terakhir kita bisa berkembang lima kali (lipat). 20 tahun ke depan kenapa gak lima kali juga? Berikutnya kita musti percaya diri karena kita punya pemimpin yang baik, sekarang yaitu Pak Jokowi dan yang akan dilanjutkan oleh Pak Prabowo dan Mas Gibran. Dan yang ketiga kita musti percaya diri karena GP Ansor ini progresif atau ingin maju. Ketumnya (Addin) sangat mumpuni. Rugi kalau Kadin gak kerja sama dengan GP Ansor...” pungkas Anindya Bakrie, Ketua Umum Kadin Indonesia (2024 – 2029).

Dalam kesempatan tersebut, Anindya Bakrie didapuk menjadi Anggota Kehormatan GP Ansor, usai mendapatkan jaket khusus anggota GP Ansor yang dipakaikan langsung oleh Addin Jauharuddin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

WISE, Solusi Kecemasan Keuangan Pelajar Indonesia yang Berencana Atau Yang Sedang Studi di Luar Negri.

Sabtu, 19 Oktober 2024 - 20:27 WIB

Ayah Bunda Perlu Tahu Juga Ya! Ini WISE, Solusi Keuangan Pelajar Indonesia yang Berencana Atau Sedang Studi di Luar Negri

Jakarta– Survei terbaru dari Wise, perusahaan teknologi global yang menyediakan cara terbaik untuk mengirim dan mengelola uang secara internasional, mengungkapkan bahwa banyak pelajar Indonesia…

MoU BRI dengan BPJS Kesehatan

Sabtu, 19 Oktober 2024 - 19:16 WIB

BRI Jalin Kerja Sama dengan BPJS Kesehatan Sediakan Pembiayaan

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) menjalin sinergi dengan BPJS Kesehatan dalam menyediakan kebutuhan layanan perbankan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama Sinergi…

Danone Indonesia kembali berhasil meraih 3 penghargaan Top Halal Award untuk tiga mereknya yakni SGM, AQUA dan Mizone dengan kategori Kids Milk Powder, kategori Bottled Drinking Water (AMDK), kategori Isotonic Drink dari 52 merek dagang terpilih.

Sabtu, 19 Oktober 2024 - 19:08 WIB

Wow, Tiga Merek Asuhan Danone Indonesia Berhasil Menjadi Merek Pilihan Utama Konsumen Milenial, Raih Top Halal

Jakarta-Danone Indonesia kembali berhasil meraih 3 penghargaan Top Halal Award untuk tiga mereknya yakni SGM, AQUA dan Mizone dengan kategori Kids Milk Powder, kategori Bottled Drinking Water…

Foto Ilustrasi Pabrik Rokok

Sabtu, 19 Oktober 2024 - 18:58 WIB

Rancangan Aturan Kemasan Rokok Polos Tanpa Merek Ancam Nasib Buruh Perempuan

Serikat pekerja sektor pertembakauan mengungkapkan kekhawatiran terhadap dampak negatif dari kebijakan restriktif dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 28 Tahun 2024 maupun Rancangan Peraturan…

BTN membangun ecopark yang berlokasi di Gandul, Depok Jawa Barat. Di lahan seluas 4,9 ha tersebut, BTN Ecopark Gandul menjadi percontohan dalam hal penerapan bangunan dan area yang hijau, dengan konsep yang berfokus pada tiga prinsip utama, yakni penghematan sumber daya, pencegahan pencemaran lingkungan, dan desain yang mendukung kelangsungan hidup manusia

Sabtu, 19 Oktober 2024 - 18:28 WIB

Usung Konsep Ramah Lingkungan, BTN Lakukan Groundbreaking Ecopark Gandul

Depok–Sebagai langkah untuk meningkatkan pelayanan secara berkelanjutan, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) resmi melakukan groundbreaking untuk proyek BTN Ecopark Gandul yang berlokasi…