Infomedia Wujudkan Transformasi Digital Lewat Beragam Inovasi Solusi Bisnis Berbasis AI

Oleh : Wiyanto | Jumat, 18 Oktober 2024 - 22:09 WIB

Dengan teknologi 3A, Infomedia berkomitmen untuk menjadi mitra digital terpercaya bagi pelanggan. Menciptakan value dalam setiap tahapan proses bisnis untuk menghasilkan efektifitas dan efisiensi yang optimal.
Dengan teknologi 3A, Infomedia berkomitmen untuk menjadi mitra digital terpercaya bagi pelanggan. Menciptakan value dalam setiap tahapan proses bisnis untuk menghasilkan efektifitas dan efisiensi yang optimal.

INDUSTRY.co.id-Jakarta - Teknologi Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) telah menjadi salah satu bidang yang paling cepat berkembang dalam beberapa tahun terakhir.

Di Indonesia, perkembangan AI menunjukkan gejala yang sama dengan tren global, di mana banyak perusahaan mulai mengeksplorasi dan mengintegrasikan AI untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Infomedia sebagai anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan penyedia layanan Digital Business Process Outsourcing (BPO) berbasis teknologi AI di Indonesia berkomitmen untuk menghadirkan solusi yang inovatif melalui penerapan AI Automation dan Analytics (3A) baik dibagian front-end maupun back-end perusahaan. Dengan memanfaatkan teknologi AI, Infomedia mampu menawarkan layanan yang lebih efisien kepada kliennya.

Direktur Utama Infomedia Eddy Sofryano menyampaikan, “Pentingnya perusahaan menerapkan teknologi AI ini merupakan salah satu cara untuk tetap agile terhadap perubahan dan dinamika bisnis yang terjadi begitu cepat. Saya yakin penerapan teknologi AI dalam setiap unit/fungsi perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas bisnis jauh lebih tinggi.”

Salah satu aspek penting dari layanan yang ditawarkan oleh Infomedia adalah otomatisasi proses bisnis. Melalui AI Automation, banyak proses yang dulunya dilakukan secara manual kini dapat diotomatisasi. Misalnya, Contact Center dan Omnichannel AI (OmniX AI) yang diterapkan dalam layanan pelanggan dapat mengelola chatbot berbasis AI, menangani pertanyaan yang sering diajukan secara otomatis, memberikan rekomendasi tindakan kepada agen berdasarkan pola interaksi yang telah dianalisis dari data sebelumnya, sehingga mengurangi beban kerja agen layanan pelanggan, dan memberikan respon yang lebih cepat kepada pelanggan. Hal ini tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga menciptakan customer experience yang lebih optimal.

Selain itu, Infomedia juga memanfaatkan AI dalam analisis data. Dengan menggunakan algoritma machine learning, Infomedia dapat membantu perusahaan dalam menganalisis data pelanggan dan memberikan solusi berbasis data yang lebih efektif. Misalnya, analisis sentimen yang diterapkan pada umpan balik pelanggan dapat memberi wawasan berharga tentang kepuasan pelanggan dan area yang perlu ditingkatkan. Dengan demikian, perusahaan tidak hanya bisa memahami kebutuhan pelanggan, tetapi juga merespons dengan lebih tepat dan cepat.

Pada operasional back-end process, Infomedia menerapkan teknologi ini dalam proses human resource untuk memenuhi journey pekerja from hire to retire. Secara langsung manfaat dari penerapan teknologi AI ini telah tercermin dalam beragam implementasi rekrutmen berskala besar di Indonesia. Bahkan tidak hanya itu, transformasi digital melalui pemrosesan dokumen secara digital juga telah diterapkan dalam layanan Doc.AI untuk pengambilan data, klasifikasi, verifikasi, serta mendapatkan wawasan mendalam dari informasi yang ada.

Melihat perkembangan yang ada, masa depan teknologi AI di Indonesia tampaknya sangat menjanjikan. “Implementasi Contact Center AI di salah satu pusat layananan pelanggan yang dikelola Infomedia telah berhasil meningkatkan efisiensi hingga 30%. Kita dapat berharap bahwa penerapan teknologi ini akan semakin luas dan mendalam. Infomedia bukan hanya memperkenalkan teknologi, tetapi juga membangun kolaborasi yang mendukung inovasi dan pertumbuhan di sektor digital,” sambung Eddy.

Dalam waktu dekat, Infomedia akan menghadirkan sesi conference dengan tema INFINITE - Infomedia Insight in Technology Excellence di akhir Oktober 2024 mendatang. Melalui acara ini, Infomedia menghadirkan kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta, institusi maupun asosiasi untuk memberikan insight tentang revolusi AI. Ke depan, sangat penting untuk memastikan bahwa semua pihak dapat merasakan manfaat dari kemajuan teknologi AI yang akan membawa Indonesia menuju era baru dalam dunia bisnis. Bagaimana teknologi AI dapat diterapkan untuk meningkatkan efisiensi dan memberikan nilai tambah kepada pelanggan menjadi tujuan perusahaan disertai dengan komitmen untuk terus berinovasi dan mengedukasi pasar.

Lebih lanjut mengenai Teknologi 3A yang dapat terimplementasi di CRM dan back office perusahaan serta informasi seputar Infomedia Conference 2024 dapat mengunjungi situs kami di www.infomedia.co.id.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Toko Mebel Hj Vera: Mengubah Tren Bisnis Furnitur Melalui Digitalisasi dan Media Sosial

Jumat, 18 Oktober 2024 - 23:52 WIB

Toko Mebel Hj Vera: Mengubah Tren Bisnis Furnitur Melalui Digitalisasi dan Media Sosial

Jakarta - Toko Mebel Hj Vera, sebuah usaha furnitur yang telah beroperasi sejak tahun 1970, kini terus berinovasi dan berkembang pesat di era digital. Dengan tongkat estafet kepemimpinan yang…

Brave Together adalah sebuah inisiatif global yang diluncurkan oleh Maybelline New York dan diimplementasikan di Indonesia pada 2022 demi mengatasi isu kesehatan mental.

Jumat, 18 Oktober 2024 - 23:10 WIB

Maybelline New York dan Naomi Osaka Perkuat Kampanye Kesehatan Mental dengan "Brave Together"

Brave Together adalah sebuah inisiatif global yang diluncurkan oleh Maybelline New York dan diimplementasikan di Indonesia pada 2022 demi mengatasi isu kesehatan mental.

Talkxygen: Menghadirkan Service Excellence untuk Pertumbuhan Bisnis yang digelar Oxygen.id (18/10/2024).

Jumat, 18 Oktober 2024 - 22:26 WIB

Oxygen.id Tingkatkan Kualitas Pelayanan Lewat Talkxygen untuk Dukung Pertumbuhan Bisnis

Talkxygen dirancang untuk memberikan kesempatan bagi pelanggan dan calon pelanggan Oxygen.id untuk berdiskusi langsung mengenai produk dan layanan internet yang mereka tawarkan.

 Lokakarya #SalingJaga di Masa Pilkada 2024.

Jumat, 18 Oktober 2024 - 21:55 WIB

TikTok Perkuat Upaya Jaga Kejujuran Pilkada 2024 Bersama Bawaslu dan KPU

Berkolaborasi dengan KPU dan Bawaslu, TikTok memperkenalkan Pusat Panduan Pilkada 2024, laman khusus yang menyediakan informasi resmi dan kredibel mengenai Pilkada.

Dalam kunjungan kerja ke kodim 1704/Mappi Papua Selatan, selain kegiatan Wasev Aslog Kasad juga melakukan peninjauan bangunan kodim Mappi dan juga melakukan kegiatan penanaman pohon bertempat di wilayah titik Kampung Waemeaman, Distrik Nambioman Bapai, Kabupaten Mappi.

Jumat, 18 Oktober 2024 - 20:43 WIB

Aslog Kasad Lakukan Kunjungan Kerja ke Kodim 1704/Mappi Papua Selatan

Asisten Logistik (Aslog) Kasad Mayjen TNI Adisura Firdaus Tarigan dan rombongan tiba di Bandara Kepi dan disambut oleh Dandim 1704/Mappi Letkol Czi Ahmad Ali Akbar, S.I.P. bersama Forkopimda…