TikTok Perkuat Upaya Jaga Kejujuran Pilkada 2024 Bersama Bawaslu dan KPU

Oleh : Nina Karlita | Jumat, 18 Oktober 2024 - 21:55 WIB

 Lokakarya #SalingJaga di Masa Pilkada 2024.
Lokakarya #SalingJaga di Masa Pilkada 2024.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Melalui kolaborasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU), TikTok menggelar acara "Lokakarya #SalingJaga TikTok Indonesia bersama Bawaslu dan KPU." 

Acara ini dihadiri oleh lebih dari 300 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia, baik secara luring maupun daring, dengan tujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang kebijakan TikTok yang berkaitan dengan Pemilu.

Lokakarya tersebut mencakup penjelasan detail tentang berbagai kebijakan TikTok, termasuk pelaporan konten yang melanggar aturan, penegakan kebijakan terkait misinformasi dan disinformasi, serta panduan untuk menjaga integritas proses Pilkada. 

Para peserta dari 37 provinsi dan 508 kabupaten/kota juga belajar tentang cara TikTok menegakkan aturan Pemilu di platform mereka, termasuk larangan iklan politik dan batasan monetisasi untuk akun pemerintah, politisi, dan partai politik.

Untuk memperkuat upaya ini, TikTok memperkenalkan Pusat Panduan Pilkada 2024, laman khusus yang menyediakan informasi resmi dan kredibel mengenai Pilkada. Kolaborasi ini merupakan langkah proaktif TikTok dalam melindungi pengguna dari penyebaran informasi yang salah dan menegakkan kejujuran selama proses pemilihan yang akan digelar pada 27 November 2024.

"Kami sangat berterima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Bawaslu dan KPU. TikTok, meskipun merupakan platform hiburan, tetap berkomitmen untuk menjaga keamanan dan integritas Pemilu di Indonesia," kata Firry Wahid, Head of Public Policy and Government Relations TikTok Indonesia. 

"Melalui Pusat Panduan Pemilu dan kebijakan lainnya, kami bertujuan untuk menjaga ruang digital dari misinformasi dan melindungi pengalaman pengguna selama Pilkada 2024," tambahnya

Pada acara ini, peserta juga diberikan wawasan tentang moderasi konten berlapis yang dilakukan TikTok, menggunakan kombinasi teknologi dan tim manusia. Mereka dijelaskan tentang aturan ketat yang diterapkan TikTok, termasuk terhadap konten berbasis kecerdasan buatan (AI), media yang dimanipulasi, dan operasi pengaruh terselubung. 

Selain itu, TikTok juga menyediakan kanal pelaporan khusus bagi Bawaslu dan organisasi sipil untuk membantu mendeteksi dan menghapus konten yang dianggap melanggar aturan Pemilu.

Bawaslu dan KPU mengapresiasi upaya TikTok dalam menjaga integritas Pilkada. 

"Kami berterima kasih kepada TikTok atas kerja sama ini. Dengan berbagi informasi akurat mengenai Pilkada, kita bisa bersama-sama mencegah penyebaran hoaks dan misinformasi," kata Komisioner Bawaslu RI, Lolly Suhenty. 

Komisioner KPU RI, Betty Epsilon Idroos, juga menambahkan bahwa "kesuksesan Pilkada tidak hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga masyarakat dan platform digital."

Selain kolaborasi dengan pemerintah, TikTok terus mendorong kampanye #SalingJaga yang bertujuan menciptakan ruang digital yang aman dan sehat. Melalui kampanye ini, TikTok mengajak pengguna untuk lebih bijak dalam membuat, mengonsumsi, dan menyebarkan informasi.

Firry menutup lokakarya dengan menekankan pentingnya kolaborasi untuk melawan misinformasi. "Kolaborasi adalah kunci dalam menjaga keamanan pengguna dan kebenaran informasi di ruang digital. Mari kita #SalingJaga untuk menciptakan pengalaman konten yang aman dan positif."

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Toko Mebel Hj Vera: Mengubah Tren Bisnis Furnitur Melalui Digitalisasi dan Media Sosial

Jumat, 18 Oktober 2024 - 23:52 WIB

Toko Mebel Hj Vera: Mengubah Tren Bisnis Furnitur Melalui Digitalisasi dan Media Sosial

Jakarta - Toko Mebel Hj Vera, sebuah usaha furnitur yang telah beroperasi sejak tahun 1970, kini terus berinovasi dan berkembang pesat di era digital. Dengan tongkat estafet kepemimpinan yang…

Brave Together adalah sebuah inisiatif global yang diluncurkan oleh Maybelline New York dan diimplementasikan di Indonesia pada 2022 demi mengatasi isu kesehatan mental.

Jumat, 18 Oktober 2024 - 23:10 WIB

Maybelline New York dan Naomi Osaka Perkuat Kampanye Kesehatan Mental dengan "Brave Together"

Brave Together adalah sebuah inisiatif global yang diluncurkan oleh Maybelline New York dan diimplementasikan di Indonesia pada 2022 demi mengatasi isu kesehatan mental.

Dengan teknologi 3A, Infomedia berkomitmen untuk menjadi mitra digital terpercaya bagi pelanggan. Menciptakan value dalam setiap tahapan proses bisnis untuk menghasilkan efektifitas dan efisiensi yang optimal.

Jumat, 18 Oktober 2024 - 22:09 WIB

Infomedia Wujudkan Transformasi Digital Lewat Beragam Inovasi Solusi Bisnis Berbasis AI

Teknologi Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) telah menjadi salah satu bidang yang paling cepat berkembang dalam beberapa tahun terakhir.

Dalam kunjungan kerja ke kodim 1704/Mappi Papua Selatan, selain kegiatan Wasev Aslog Kasad juga melakukan peninjauan bangunan kodim Mappi dan juga melakukan kegiatan penanaman pohon bertempat di wilayah titik Kampung Waemeaman, Distrik Nambioman Bapai, Kabupaten Mappi.

Jumat, 18 Oktober 2024 - 20:43 WIB

Aslog Kasad Lakukan Kunjungan Kerja ke Kodim 1704/Mappi Papua Selatan

Asisten Logistik (Aslog) Kasad Mayjen TNI Adisura Firdaus Tarigan dan rombongan tiba di Bandara Kepi dan disambut oleh Dandim 1704/Mappi Letkol Czi Ahmad Ali Akbar, S.I.P. bersama Forkopimda…

GIIAS Semarang 2024 hadirkan berbagai program menarik

Jumat, 18 Oktober 2024 - 20:19 WIB

Wajib Dikunjungi, GIIAS Semarang 2024 Siap Manjakan Pengunjung dengan Beragam Program Menarik

Penyelenggaraan GIIAS Semarang 2024 akan hadir dalam 4 hari kedepan mulai tanggal 23 hingga 27 Oktober 2024 di Muladi Dome, UNDIP.  GIIAS Semarang siap memukau masyarakat Jawa Tengah khususnya…