Oreo Luncurkan Edisi Khusus Wastra, Angkat Keberagaman Budaya Indonesia
Oleh : Nina Karlita | Jumat, 18 Oktober 2024 - 13:05 WIB
atas dari kiri: Dian Ramadianti selaku Senior Marketing Manager Biscuits Mondelez Indonesia, Khrisma Fitriasari selaku Head of Corporate Communications & Government Affairs Mondelez Indonesia, (bawah ki-ka) Era Soekamto selaku perancang busana dan Nusantara Wisdom Consultant dan Nadine Chandrawinata selaku kain tradisional enthusiast dan public figure dalam peluncuran edisi spesial Oreo Batik.
INDUSTRY.co.id - Jakarta – Untuk merayakan keindahan kain tradisional Indonesia, Oreo memperkenalkan edisi spesial dengan kemasan yang terinspirasi dari berbagai corak wastra Nusantara.
Kemasan edisi spesial Oreo ini menampilkan empat jenis wastra dari berbagai daerah, di antaranya Batik Mega Mendung dari Cirebon, Songket dari Palembang, Tenun Sengkang dari Makassar, dan Tenun Endek dari Bali.
Edisi ini diharapkan menjadi sarana untuk memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia kepada generasi muda sekaligus menumbuhkan kebanggaan akan warisan lokal. Sejalan dengan peringatan Hari Batik Nasional dan bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia menghargai warisan budaya lokal sambil menikmati momen kebersamaan dengan Oreo.
Khrisma Fitriasari selaku Head of Corporate Communications and Government Affairs Mondelez Indonesia menjelaskan, peluncuran edisi spesial Oreo ini merupakan salah satu wujud komitmen berkelanjutan Mondelez Indonesia untuk selalu berinovasi dengan menonjolkan kearifan budaya dan mendukung industri lokal.
“Oreo telah menjadi bagian tak terpisahkan dari keluarga Indonesia. Kami turut berbangga bahwa setiap keping Oreo yang dinikmati di 40 negara di Asia Pasifik, merupakan sebuah persembahan dari Indonesia, dibuat oleh orang Indonesia dan untuk dinikmati orang Indonesia dan dunia,” jelas Khrisma
Peluncuran edisi spesial ini mendapat apresiasi dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, yang menilai inisiatif Oreo dapat memberikan dampak positif terhadap pelestarian budaya Indonesia, khususnya Batik.
"Batik adalah simbol keberagaman dan kearifan lokal yang diakui dunia. Kami berharap kolaborasi ini dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terus menjaga dan melestarikan budaya kita," kata Sandiaga Uno.
Tak hanya itu, perancang busana Era Soekamto, yang turut terlibat dalam proyek ini, juga menyatakan bahwa Batik dan wastra memiliki nilai historis yang tinggi.
"Setiap motif dalam kain tradisional mengandung cerita panjang tentang budaya dan kesatuan Indonesia. Hadirnya Oreo edisi wastra dapat menjadi jembatan bagi masyarakat untuk lebih mengenal dan merayakan keberagaman ini," ungkap Era.
Selain meluncurkan produk spesial, Oreo juga menghadirkan berbagai kegiatan menarik, seperti kompetisi desain Batik digital yang melibatkan influencer dan program promosi dengan hadiah eksklusif dari Era Soekamto. Melalui program ini, Oreo ingin menciptakan momen seru bersama keluarga sambil mengenalkan kekayaan budaya Indonesia.
Sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan, Oreo juga meluncurkan program CSR bertajuk "Oreo Berbagi," yang berfokus pada pemberdayaan pengrajin Batik di Cirebon. Program ini mencakup bantuan peralatan membatik dan pelatihan kepada pengrajin serta sekolah-sekolah untuk mendukung regenerasi pelestari Batik di kalangan generasi muda.
Edisi spesial Oreo Wastra ini sudah tersedia di berbagai toko di Indonesia, menjadikannya pilihan sempurna untuk merayakan keindahan dan kekayaan budaya lokal bersama keluarga.
Komentar Berita