Tabungan Haji Jadi Dana Murah Tanpa Bagi Hasil

Oleh : Wiyanto | Jumat, 18 Oktober 2024 - 08:33 WIB

Anton Sukarna Direktur Sales & Distribution BSI
Anton Sukarna Direktur Sales & Distribution BSI

INDUSTRY.co.id-Bali-Siapa yang tidak ingin naik haji bagi umat Islam? Semua pasti mau berangkat. Namun, perlu antrian untuk bisa berangkat dan itu tidak pendek jaraknya sampai ke tanah suci.

Maka, mensiasatinya dengan menabung haji. Adanya tabungan haji, kedepannya membantu seorang calon jamaah haji untuk bisa melunasi ketika Kementrian Agama menunjuknya untuk membayar lunas ketika waktunya tiba berangkat.

Anton Sukarna, Anton Sukarna. Direktur Penjualan & Distribusi Bank Syariah Indonesia (BSI) menjelaskan biaya haji mendekati 100 juta atau Rp 93,41 juta di 2024. Pemerintah memberikan subsidi hingga biaya yang ditanggung tidaklah full. Namun untuk tidak memberatkan, menabung haji solusinya.

"Dengan adanya subsidi pemerintah untuk biaya haji, maka biaya haji yang dibayarkan calon jamaah haji Rp56.04 juta dan jamaah sudah menyetor porsi haji Rp25 juta," katanya saat Media Gathering di Bali, Jumat (18/10/2024).

Secara umum, diperkirakan orang Indonesia yang berangkat haji mencapai 21 juta orang, dan yang mempunyai tabungan haji sekitar 10,9 juta yang mempunyai tabungan haji.

"Ini potensinya sangat besar untuk Dana Pihak Ketiga (DPK)," katanya.

Bahkan DPK tabungan haji mencapai Rp15 Triliun di BSI.

"Nyaris tanpa bagi hasil," ungkapnya.

Nah, kata dia, dengan DPK tanpa adanya bagi hasil, memungkinkan BSI menyalurkan pembiayaan secara kompetitif ke masyarakat.

Penyaluran ini, lanjutnya, kepada masyarakat yang dianggapa layak dan mampu mengembalikan pembiayaan sesuai perjanjian.

"Pembiayaan lancar, kedepan lebih baik," ucap dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Seminar bertajuk Strategi Mitigasi Risiko dan Klaim (dalam Asuransi Pengangkutan) yang digelar Asuransi Tokio Marine Indonesia

Jumat, 18 Oktober 2024 - 10:20 WIB

Perkuat Posisi Pemimpin Asuransi Pengangkutan, TMI Gelar Seminar Mitigasi Risiko & Klaim

PT Asuransi Tokio Marine Indonesia (TMI), salah satu pemimpin pasar dalam asuransi pengangkutan di Indonesia, baru-baru ini menggelar seminar hybrid bertajuk Strategi Mitigasi Risiko dan Klaim…

Direktur Utama Smesco Indonesia, Wientor Rah Mada

Jumat, 18 Oktober 2024 - 10:10 WIB

Ini Sejumlah Terobosan Smesco Indonesia Bantu Pasarkan Produk UMKM Tembus Pasar Global

Lembaga Layanan Pemasaran (LLP) Smesco Indonesia berkomitmen untuk selalu memberikan fasilitasi layanan promosi dan pemasaran produk unggulan UMKM ke pasar domestik hingga global.

1.000 Manusia Bercerita, MIND ID Dukung Kesehatan Mental Insan BUMN

Jumat, 18 Oktober 2024 - 10:05 WIB

1.000 Manusia Bercerita, MIND ID Dukung Kesehatan Mental Insan BUMN

Jakarta — BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia (MIND ID) terus berkomitmen dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan mental para karyawan BUMN.

Media briefing Program BIPOSC

Jumat, 18 Oktober 2024 - 09:59 WIB

Kolaborasi Musim Mas, L3F, SNV Indonesia, dan ICRAF Dorong Pekebun Swadaya Terapkan Perkebunan Regeneratif  

Musim Mas Group, bersama Livelihoods Fund for Family Farming (L3F), SNV Indonesia, dan ICRAF melakukan kerjasama dalam peningkatan kapasitas pekebun swadaya kelapa sawit melalui Program Biodiverse…

Gandeng BTN, ID FOOD Sukses Salurkan 8,6 Juta Paket Bantuan Pangan Pengentasan Stunting di 2024

Jumat, 18 Oktober 2024 - 09:52 WIB

Cerita Sukses ID FOOD Salurkan 8,6 Juta Paket Bantuan Pangan Pengentasan Stunting di 2024, Ada Peran BTN

Jakarta - Holding BUMN Pangan ID FOOD telah merealisasikan penyaluran bantuan pangan pengentasan stunting sebanyak 8,6 juta paket sepanjang 2024. Jumlah tersebut sesuai dengan target penyaluran…