Yanuar Rizki Serukan Pemerintah Fokus pada Kesejahteraan Rakyat, Bukan Kekuasaan

Oleh : Wiyanto | Jumat, 18 Oktober 2024 - 06:33 WIB

Yanuar Rizki pengamat ekonomi
Yanuar Rizki pengamat ekonomi

INDUSTRY.co.id-Pengamat Ekonomi, Yanuar Rizki, mengingatkan pemerintah untuk tidak terjebak dalam permainan kekuasaan, melainkan fokus pada peningkatan kesejahteraan rakyat.

Dalam pernyataannya, Rizki menyoroti kondisi masyarakat yang semakin tertekan, terutama akibat meningkatnya utang melalui pinjaman online (pinjol).

"Pinjol begitu naik. Coba teman-teman bayangin tahun lalu pinjol Rp 54 triliun, kemarin angka yang keluar dari OJK Rp 74 triliun. Gila nggak? enam bulan Rp 27 triliun sendiri," kata dia.

Yanuar menekankan, banyak warga yang berjuang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan mengandalkan pinjol.

Dia khawatir, fenomena ini akan menimbulkan keresahan di kalangan kelas menengah dan bawah, yang semakin terdesak secara ekonomi.

"Orang bilang daya beli kita bagus, pendidikan naik, kita masih bisa bayar. Tapi, lihat pinjolnya berapa," kata bekas Komisaris PT Pupuk Indonesia ini.

Kemudian, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) juga melaporkan penurunan nilai tabungan bagi nasabah yang memiliki simpanan di atas 100 juta.

"Ini adalah fenomena yang bisa disebut 'makan tabungan,' yang menunjukkan betapa mendesaknya situasi keuangan masyarakat," ujar Yanuar.

Oleh sebab itu, Yanuar menekankan pentingnya perhatian pemerintah terhadap kondisi ini agar kesejahteraan rakyat dapat terjaga.

"Anda boleh saja di atas sibuk dengan kekuasaan, tapi lihatlah di bawah. Kelas menengah mulai menggerogoti tabungan, kelas bawah bergantung pada pinjol, sementara bantuan sosial hanya menjadi solusi sementara," pungkas dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Berbincang-bincang di tengah-tengah acara Human Capital Outlook 2025. Kanan-kiri: Dr. Batara M Simatupang, Direktur Program Pascasarjana MM, Indonesia Banking School (IBS), Dr. Dian Ediana Rae, Anggota Dewan Komisioner OJK dan CEO Synergy Partner Prima, Revie Fayanti, di Hotel Whyndham Casablanca Jakarta, Kamis (17/10/ 2023).

Kamis, 17 Oktober 2024 - 23:18 WIB

Human Capital Outlook 2025, Revie Fayanti CEO Synergy: Kita Komit pada Penguatan Kapabilitas dan Kompetensi SDM Perbankan

Jakarta-Sektor keuangan di masa yang akan datang mengalami tantangan yang cukup berat. Yang menjadi tantangan utama insan perbankan adalah upaya pengembangan sumber daya manusia. Apalagi dengan…

IFS Jalin Kemitraan Strategis dengan Xapiens

Kamis, 17 Oktober 2024 - 22:34 WIB

Wujudkan Solusi Inovatif di Seluruh Sektor Manufaktur, IFS Jalin Kemitraan Strategis dengan Xapiens

Jakarta-IFS, penyedia teknologi terkemuka untuk perangkat lunak enterprise cloud dan industrial artificial intelligence (AI) menjalin kemitraan strategis baru dengan Xapiens Teknologi Indonesia…

Tingkatkan SDM Unggul, BTN Bangun Learning Center di Bandung

Kamis, 17 Oktober 2024 - 22:18 WIB

Tingkatkan SDM Unggul, BTN Bangun Learning Center di Bandung

Bandung – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk memulai proyek pembangunan Learning Center dan Dormitory Eksekutif seluas 3,1 hektar di kawasan strategis Dago, Bandung, Jawa Barat sebagai…

Penyerahan alat mesin pertanian ke TNI

Kamis, 17 Oktober 2024 - 22:15 WIB

Kementan, TNI, dan Pelaku Usaha Perkuat Sinergi untuk Ketahanan Pangan Nasional

Sebagai bagian dari upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan mendukung ketahanan pangan, Kementerian Pertanian (Kementan) menyerahkan peralatan pertanian secara simbolis kepada Pangkalan…

Firlie Ganinduto, Wakil Ketua Umum Bidang Komunikasi dan Informatika Kadin Indonesia

Kamis, 17 Oktober 2024 - 21:56 WIB

Kadin Indonesia Luncurkan 'Indonesia Cybersecurity Industry Report' dan ADIKSI Guna Perkuat Pertahanan Siber Nasional

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia hari ini meluncurkan dua inisiatif strategis untuk memperkuat keamanan siber nasional dari ancaman yang terus berkembang.