Mendorong Kecintaan Produk Lokal Melalui Kolaborasi Titan Tyra dan Maicih di Platform Shopee

Oleh : Nina Karlita | Kamis, 17 Oktober 2024 - 21:01 WIB

Kolaborasi Titan Tyra dan Maicih di Platform Shopee
Kolaborasi Titan Tyra dan Maicih di Platform Shopee

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Industri produk lokal Indonesia terus berkembang seiring meningkatnya minat masyarakat terhadap hasil kreasi dalam negeri. Dengan dukungan platform e-commerce seperti Shopee, berbagai brand lokal kini lebih mudah menjangkau pasar yang lebih luas. 

Salah satu acara penting dalam upaya ini adalah Media Gathering "Jelajahi Rasa Lewat Kreasi Lokal Bersama Shopee," yang mempertemukan dua pemilik brand lokal, Reza Nurhilman dari Maicih dan Titan Tyra, influencer sekaligus pemilik brand Secondate dan Madcoco.

Dalam kesempatan tersebut, keduanya berbagi cerita mengenai perjalanan membangun brand lokal serta pentingnya inovasi teknologi untuk mendukung pemasaran produk dalam negeri. Shopee juga memanfaatkan momen ini untuk menegaskan komitmennya dalam mendampingi pelaku usaha lokal, khususnya melalui fitur interaktif seperti Shopee Live dan Shopee Video.

Titan Tyra, yang dikenal sebagai influencer dan pengusaha, mengungkapkan perjalanannya dalam menciptakan produk kecantikan Secondate dan minuman lokal Madcoco. Sebagai pengguna setia Shopee, ia melihat peluang besar untuk memanfaatkan kekayaan alam Indonesia dalam produk yang ia ciptakan. 

Secondate, yang berdiri sejak 2020, berfokus pada produk kecantikan yang dirancang khusus untuk kulit perempuan Indonesia. Sementara itu, Madcoco, diluncurkan pada 2022, menonjolkan kelapa sebagai bahan utama dalam kreasi minumannya.

“Kami ingin memperkenalkan kreasi lokal dengan pendekatan modern,” ujar Titan Tyra.

Melalui kampanye Shopee dan fitur interaktif seperti Shopee Live, Secondate berhasil menjadikan produk-produk unggulannya seperti Milky Gel Lip Tint dan Face Castle Palette sebagai produk terlaris. “Inovasi Shopee memungkinkan brand kami untuk dikenal lebih luas,” kata Titan.

Maicih, brand keripik singkong pedas yang sudah mendunia, juga berbagi kisah suksesnya. Sejak didirikan pada 2010 oleh Reza Nurhilman, Maicih terus berinovasi dengan beragam varian camilan seperti seblak dan basreng. Lewat Shopee Live, Maicih berhasil meningkatkan penjualan hingga 54 kali lipat selama sesi live streaming di awal tahun 2024. Shopee Live bahkan menyumbang 32% dari total penjualan Maicih dalam setahun terakhir.

“Dengan menggunakan bahan lokal dari petani Indonesia, kami tidak hanya mendukung produk lokal, tetapi juga ekonomi masyarakat sekitar,” jelas Reza. 

Kolaborasi Maicih dengan Shopee juga berperan besar dalam menjangkau konsumen lebih luas, terutama melalui kampanye seperti Shopee Pilih Lokal.

Monica Vionna, Senior Director of Marketing Growth Shopee Indonesia, menegaskan pentingnya dukungan berkelanjutan terhadap pelaku usaha lokal. 

“Shopee ingin menjadi platform utama bagi masyarakat untuk menemukan produk lokal berkualitas. Dengan fitur seperti Shopee Live dan program edukasi di Kampus UMKM Shopee, kami berharap dapat memperkuat industri lokal,” ucap Monica.

Sebagai bagian dari kampanye Shopee Pilih Lokal Day pada 17 Oktober 2024, pengguna dapat menikmati berbagai promo menarik seperti Belanja Gratis 50RB, Flash Sale Serba 17RB, dan Diskon Tumpuk hingga 50%. Ini adalah salah satu upaya Shopee dalam mendorong lebih banyak masyarakat untuk mencintai dan mendukung produk lokal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tingkatkan SDM Unggul, BTN Bangun Learning Center di Bandung

Kamis, 17 Oktober 2024 - 22:18 WIB

Tingkatkan SDM Unggul, BTN Bangun Learning Center di Bandung

Bandung – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk memulai proyek pembangunan Learning Center dan Dormitory Eksekutif seluas 3,1 hektar di kawasan strategis Dago, Bandung, Jawa Barat sebagai…

Penyerahan alat mesin pertanian ke TNI

Kamis, 17 Oktober 2024 - 22:15 WIB

Kementan, TNI, dan Pelaku Usaha Perkuat Sinergi untuk Ketahanan Pangan Nasional

Sebagai bagian dari upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan mendukung ketahanan pangan, Kementerian Pertanian (Kementan) menyerahkan peralatan pertanian secara simbolis kepada Pangkalan…

Prof. Dr. Purwiyatno Hariyadi, Ahli Teknologi Pangan IPB saat di pabrik Frisian Flag Cikarang.

Kamis, 17 Oktober 2024 - 21:27 WIB

Frisian Flag Indonesia Perkuat Komitmen Nutrisi Melalui Pabrik Baru di Cikarang

Dalam kesempatan media tour di pabrik terbaru di Cikarang, Andrew F. Saputro, Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia, menyatakan bahwa FFI siap menjadi mitra strategis pemerintah.

Peresmian Balai Rakyat Indonesia di IPB

Kamis, 17 Oktober 2024 - 21:01 WIB

Resmikan Balai Rakyat Indonesia, Kolaborasi BRI dan IPB University Perkuat Program Pemberdayaan Masyarakat

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus memperkuat komitmen dalam program pemberdayaan masyarakat. Terbaru, BRI melalui Yayasan Baitul Maal BRILiaN (YBM BRILiaN) dan IPB University melalui…

Bank Indonesia

Kamis, 17 Oktober 2024 - 20:27 WIB

Bank Indonesia Terus Lakukan Inovasi Transformasi Ekonomi Digital

Gubernur BI, Perry Warjiyo, dalam gelaran acara menyampaikan bahwa dalam lima tahun terakhir transformasi digital nasional mengalami akselerasi secara pesat.