Raih Gelar Doktor dari UI, Kepala BPKH Pertahankan Disertasi tentang Korelasi Layanan Pasien JKN Terhadap Keuangan RS

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 17 Oktober 2024 - 16:16 WIB

KEPALA BPKH FADLUL IMANSYAH RAIH GELAR DOKTOR DARI UNIVERSITAS INDONESIA
KEPALA BPKH FADLUL IMANSYAH RAIH GELAR DOKTOR DARI UNIVERSITAS INDONESIA

INDUSTRY.co.id, Jakarta– Fadlul Imansyah yang kini menjabat Kepala BPKH resmi menyandang gelar doktor setelah berhasil mempertahankan disertasinya di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Dr. Fadlul Imansyah dinyatakan lulus dan berhak menyandang gelar doktor setelah berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Analisis Hubungan Kinerja Keuangan Rumah Sakit Swasta Profit dengan Kinerja Pelayanan Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional Periode 2017-2022.”

Penelitiannya yang fokus pada kinerja keuangan rumah sakit swasta dalam menghadapi program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) memberikan temuan menarik.

Ia menjelaskan, “Pelayanan kesehatan yang semakin baik cenderung menurunkan profitabilitas, dilihat dari rasio Net Profit Margin (NPM). Namun, peningkatan NPM justru cenderung mengurangi kualitas pelayanan kesehatan.”

Dalam model parsial yang digunakan, Dr. Fadlul juga menemukan bahwa pada satu rumah sakit (MIKA), kontribusi pasien JKN terhadap total pendapatan mempengaruhi rasio likuiditas (Current Ratio) secara negatif dan signifikan, sedangkan rumah sakit lain (CARE) menunjukkan dampak positif dan signifikan.

Dalam disertasinya, Fadlul menemukan adanya hubungan yang kompleks antara kinerja keuangan rumah sakit swasta dengan kualitas pelayanan bagi peserta JKN.

Peningkatan jumlah pasien JKN, meskipun memberikan kontribusi terhadap pendapatan, ternyata berdampak negatif pada profitabilitas beberapa rumah sakit. Hal ini mengindikasikan adanya trade-off antara profit dan kualitas pelayanan.

Temuan lain yang menarik adalah perbedaan dampak pasien JKN terhadap kinerja keuangan antar rumah sakit. Beberapa rumah sakit mengalami penurunan likuiditas, sementara yang lain justru mengalami peningkatan. Perbedaan ini menunjukkan bahwa setiap rumah sakit memiliki strategi yang berbeda dalam mengelola keuangan di tengah kebijakan JKN.

Fadlul menyimpulkan bahwa keterbukaan informasi terkait kinerja pelayanan kesehatan sangat penting untuk memastikan kebijakan yang tepat dalam menjaga keberlanjutan keuangan rumah sakit yang melayani pasien JKN.

Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pembuat kebijakan, rumah sakit, dan pemangku kepentingan lainnya dalam merumuskan strategi yang lebih efektif untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat sekaligus menjaga keberlangsungan bisnis rumah sakit swasta.

Sidang terbuka promosi Doktor berlangsung pada Kamis (17/10) di Ruang Promosi Doktor FKM UI, Depok dan dipimpin oleh Prof. Dr. Besral, S.K.M., M.Sc., sebagai Ketua Tim Penguji.

Sidang juga dihadiri oleh Promotor Prof. Dr. Amal Chalik Sjaaf, S.K.M., Dr.PH, Kopromotor 1 Prof. Dr. drg. Mardiati Nadjib, M.Sc., Kopromotor 2 Dr. Prastuti Soewondo, S.E., M.P.H., Ph.D., Penguji Eksternal Dr. Ir. Darwin Cyril Noerhadi, MBA, Prof. Dr. Mardiasmo, Akt., MBA, dan Penguji Internal Dr. Teguh Dartanto, S.E., M.Ec., Ph.D.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pasar apung menggunakan pembayaran QRIS by Mandiri

Kamis, 17 Oktober 2024 - 18:10 WIB

Wujudkan Layanan Keuangan untuk Semua, Bank Mandiri Manfaatkan Digitalisasi

Sejalan dengan spirit Hari Pengentasan Kemiskinan yang berlangsung hari ini 17 Oktober, Bank Mandiri terus berupaya untuk memberikan layanan keuangan bagi seluruh lapisan masyarakat. Oleh sebab…

Tim Wasev Pusterad Mabesad lakukan kunjungan pelaksanaan TMMD ke 112 sekaligus menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat di Desa Saporkren, Distrik Waigeo Selatan Kabupaten Raja' Ampat

Kamis, 17 Oktober 2024 - 17:34 WIB

Tim Wasev Pusterad Mabesad Tinjau Langsung Pelaksanaan TMMD Ke-122 Kodim 1805/Raja Ampat di Kampung Saporkren, Distrik Waigeo Selatan

Tim Pengawasan dan Evaluasi (Waste) yang dipimpin Kolonel Inf Purnomosidi S.IP.,Han memantau secara langsung setiap pelaksanaan TMMD ke-122, baik kegiatan fisik maupun non fisik. Dalam kegiatan…

Kepala BSKJI Kemenperin, Andi Rizaldi

Kamis, 17 Oktober 2024 - 17:00 WIB

Kemenperin: Industri Obat Bahan Alam Miliki Prospek Cerah, Eskpor Tembus USD 639 juta

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong industri obat bahan alam agar dapat menjadi pilar industri farmasi di Indonesia. Berdasarkan catatan Kemenperin, industri farmasi dan obat…

Menparekraf Sandiaga Uno

Kamis, 17 Oktober 2024 - 14:30 WIB

Jelang Purna Tugas, Menparekraf Luncurkan Masterplan Daya Tarik Wisata di Destinasi Prioritas

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meluncurkan dokumen rencana induk (masterplan) daya tarik wisata untuk empat destinasi wisata di empat daerah yang…

Wisatawan mancanegara

Kamis, 17 Oktober 2024 - 14:00 WIB

Pemegang PR Singapura Kini Bebas Visa ke Kepri

Kebijakan Bebas Visa Kunjungan (BVK) yang dikeluarkan oleh pihak Imigrasi memberikan kemudahan akses bagi Permanent Residence (PR) Singapura untuk berkunjung ke wilayah Kepulauan Riau (Kepri).