Walaupun Pasar Asuransi Kesehatan Bertumbuh, Industri Asuransi Perlu Waspadai Biaya Kesehatan Yang Tinggi

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 17 Oktober 2024 - 12:24 WIB

 Media Gathering IFG Conference 2024, di Jakarta, pada Selasa (15/10/24)
Media Gathering IFG Conference 2024, di Jakarta, pada Selasa (15/10/24)

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Salah satu isu utama yang perlu diperhatikan oleh pelaku industri asuransi adalah tingginya tingkat inflasi kesehatan. Hal ini berdampak pada biaya kesehatan yang lebih besar yang harus dikeluarkan masyarakat. Dalam hal ini, perusahaan asuransi perlu memahami konsekuensi dari timbulnya inflasi kesehatan ini, karena akan berpengaruh pada kinerja dan kelangsungan bisnis di masa depan.

Demikian pesan utama yang disampaikan Senior Research Associate IFG Progress Ibrahim K Rohman, Professor of Health Policy and Insurance Universitas Indonesia Hasbullah Thabrany, Sekretaris Perusahaan IFG Oktarina Dwidya Sistha dalam acara Media Gathering IFG Conference 2024, di Jakarta, pada Selasa (15/10/24).

Ibrahim mengatakan, berdasarkan riset IFG Progress pada bulan September lalu, Indonesia termasuk negara yang memiliki tingkat inflasi kesehatan yang tinggi. Di saat bersamaan, biaya kesehatan yang harus dikeluarkan masyarakat juga tinggi. Walaupun sudah ada proteksi asuransi yang dijamin oleh pemerintah dengan cakupan yang luas, biaya kesehatan yang harus dikeluarkan oleh masyarakat tersebut tetap tinggi.  

“Kami menyadari fenomena peningkatan inflasi kesehatan di Indonesia ini berdampak pada tingginya out-of-pocket health expenditures. Dengan peningkatan pembelian produk kesehatan dan obat-obatan, klaim asuransi kesehatan juga meningkat,” ujar dia.

Ibrahim menambahkan, terdapat dua faktor yang mempengaruhi tingginya biaya kesehatan, di antaranya pengeluaran kunjungan ke rumah sakit (frequency) dan biaya rawat inap (length). Berdasarkan data statistik yang dimiliki IFG Progress, setiap satu kali kunjungan ke rumah sakit masyarakat rata-rata dapat mengeluarkan belanja kesehatan sebesar Rp695.903. Sementara itu, untuk penambahan satu hari rawat inap di rumah sakit akan meningkatkan belanja kesehatan sebesar Rp 810.301.

“Dengan meningkatnya biaya kesehatan dan jumlah klaim, perusahaan asuransi harus beradaptasi dan mencari cara untuk membantu mengelola risiko yang dihadapi nasabah sekaligus mengelola dampak risiko bisnis perusahaan,”katanya.

Senada dengan itu, Hasbullah menjelaskan, pasar asuransi kesehatan di Indonesia memiliki potensi yang besar untuk terus bertumbuh. Hal ini utamanya didorong oleh permintaan masyarakat akan layanan perlindungan kesehatan meningkat yang sejak diperkenalkannya asuransi yang dijamin pemerintah. Asuransi sebagai instrumen proteksi tidak hanya memberikan rasa aman bagi masyarakat, tetapi juga memfasilitasi akses ke layanan kesehatan.

“Pertumbuhan belanja kesehatan ini memang baru tahap awal, terbukti dari kontribusi belanja kesehatan yang hanya 3% dari PDB. Selain itu, belanja kesehatan memang sifatnya sangat kondisional dan subjektif, tergantung dari kesadaran masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan,” katanya.

Namun demikian, lanjut Hasbullah, biaya kesehatan yang tinggi salah satunya dipicu oleh distribusi layanan kesehatan di Indonesia yang masih terpusat di kota-kota besar. Hal ini menyebabkan biaya perawatan di daerah yang lebih terpencil menjadi jauh lebih tinggi, karena pasien cenderung menunggu sampai kondisi kesehatannya memburuk untuk bisa mendapatkan perawatan.

“Kemajuan teknologi juga turut mendorong biaya kesehatan menjadi tinggi, apalagi layanan perawatan kesehatan itu menjadi semakin canggih, di samping faktor aging population yang mulai naik di Indonesia, yang karena usia, harus membutuhkan perawatan kesehatan,” tegas dia.

Sementara itu, Sistha menambahkan, inflasi kesehatan yang berpengaruh pada industri asuransi merupakan salah satu permasalahan yang disorot dalam IFG Conference 2024. Konferensi ini merupakan komitmen IFG sebagai konglomerasi keuangan dalam menjalankan mandat yang diberikan dalam melakukan perbaikan dan penguatan di industri asuransi.

“Industri asuransi perlu memiliki fondasi yang kuat dan sehat untuk menjamin keberlanjutan dan ketahanan bisnis, baik di tingkat nasional maupun global. Dengan mengedepankan diskusi dan kolaborasi, pelaksanaan IFG Conference 2024 diharapkan dapat menghasilkan solusi inovatif dan dapat diimplementasikan oleh pelaku industri asuransi,” tutup dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wisatawan mancanegara

Kamis, 17 Oktober 2024 - 14:00 WIB

Pemegang PR Singapura Kini Bebas Visa ke Kepri

Kebijakan Bebas Visa Kunjungan (BVK) yang dikeluarkan oleh pihak Imigrasi memberikan kemudahan akses bagi Permanent Residence (PR) Singapura untuk berkunjung ke wilayah Kepulauan Riau (Kepri).

Rangkaian lengkap produk batang pemanas tembakau SIU dan alat pemanas XIU REJO

Kamis, 17 Oktober 2024 - 13:58 WIB

REJO Pamerkan Produk Inovatif di World Tobacco Asia 2024

Merek produk perintis Heat Not Burn, REJO, berpartisipasi dalam pameran World Tobacco Asia 2024 di Grand City Convention & Exhibition, Surabaya, pada tanggal 9-10 Oktober 2024.

Direktur Utama SIG, Donny Arsal (depan kanan) saat seremonial menyerahkan kunci rumah kepada Dwi Asti Purnama, konsumen rumah dengan precise interlock brick di Sulthan Residence, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat, pada Jumat (11/10/2024).

Kamis, 17 Oktober 2024 - 13:46 WIB

Transisi Menuju Ekonomi Hijau, SIG dan BTN Berkolaborasi Bangun Rumah Terjangkau dan Ramah Lingkungan

Jakarta-Kolaborasi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) ini dinyatakan oleh kedua pimpinan perusahaan, Direktur Utama SIG, Donny Arsal dan Direktur…

Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf, Nia Niscaya

Kamis, 17 Oktober 2024 - 13:25 WIB

Pelatihan dan Sertifikasi Terbukti Efektif Tingkatkan Kompetensi dan Daya Saing SDM Parekraf

Pelatihan, sertifikasi, serta pemberdayaan merupakan salah satu program unggulan Kemenparekraf yang berkolaborasi dengan berbagai pihak yang telah terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi…

Kunjungan dan Belajar tips Kesuksesan Ala Pak Togar Manurung. Owner PT Sumber Sejahtera Mandiri Indonesia (SSMI): Kolaborasi, Kejujuran, dan Integritas

Kamis, 17 Oktober 2024 - 11:42 WIB

Bos Bumbu Tabur dengan Merek Togari, Beberkan Kisah Sukses, Antara Kolaborasi, Kejujuran dan Integritas

Tangerang,– PT Sumber Sejahtera Mandiri Indonesia (SSMI), sebuah perusahaan produsen bumbu tabur yang terkenal dengan merek Togari, sukses berbagi kebaikan dengan menyelenggarakan kunjungan…