Kemenperin Lakukan Sosialisasi Permenperin tentang Pemberlakuan Standardisasi Industri Secara Wajib

Oleh : Hariyanto | Kamis, 17 Oktober 2024 - 10:16 WIB

Sosialisasi Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) tentang Pemberlakuan Standardisasi Industri Secara Wajib
Sosialisasi Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) tentang Pemberlakuan Standardisasi Industri Secara Wajib

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dalam rangka memperkuat implementasi standardisasi industri secara wajib di industri, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Permenperin tentang Pemberlakuan Standardisasi Industri Secara Wajib.

“Saya berharap bahwa melalui acara ini, kita semua dapat semakin memahami pentingnya standardisasi industri dalam pembangunan industri nasional dan bersama-sama mendorong penerapan standar yang lebih baik di masa mendatang,” kata Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Andi Rizaldi pada kegiatan Sosialisasi Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) tentang Pemberlakuan Standardisasi Industri Secara Wajib di Jakarta, Rabu (16/10/2024).

Pada kesempatan ini, juga diselenggarakan talk show yang menghadirkan tiga narasumber dari Asosiasi Aneka Keramik Indonesia (ASAKI), Asosiasi Industri Besi dan Baja Indonesia (IISIA), serta Perkumpulan Penilai Kesesuaian Seluruh Indonesia (ALSI).

“Diskusi dalam talk show ini berfokus pada penerapan standardisasi industri di berbagai sektor dan tantangan yang dihadapi dalam memenuhi persyaratan Standar Nasional Indonesia (SNI),” ujar Kepala Pusat Perumusan, Penerapan, dan Pemberlakuan Standardisasi Industri, Sri Bimo Pratomo. 

Para narasumber juga membahas peran penting lembaga penilaian kesesuaian dan upaya kolaboratif antara pemerintah, asosiasi, dan pelaku industri dalam memastikan standardisasi yang berkelanjutan.

Selain sosialisasi dan talk show, kegiatan ini juga dilengkapi dengan pameran booth dari berbagai perwakilan industri dan Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK), yang menunjukkan kesiapan mereka dalam mendukung implementasi standar industri di Indonesia.

”Pameran ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai proses penilaian kesesuaian dan penerapan SNI di lapangan, serta memperlihatkan produk-produk yang telah memenuhi standar tersebut,” tutur Bimo. 

Pameran ini diharapkan pula dapat memberikan wawasan kepada seluruh peserta mengenai pentingnya standardisasi dalam meningkatkan kualitas dan daya saing produk-produk industri.

Lebih lanjut, melalui kegiatan ini, Kemenperin berharap seluruh pelaku industri dan pemangku kepentingan terkait dapat memahami dan mendukung implementasi Permenperin tentang pemberlakuan standardisasi industri secara wajib, demi tercapainya industri nasional yang lebih kompetitif dan berdaya saing global.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kunjungan dan Belajar tips Kesuksesan Ala Pak Togar Manurung. Owner PT Sumber Sejahtera Mandiri Indonesia (SSMI): Kolaborasi, Kejujuran, dan Integritas

Kamis, 17 Oktober 2024 - 11:42 WIB

Bos Bumbu Tabur dengan Merek Togari, Beberkan Kisah Sukses, Antara Kolaborasi, Kejujuran dan Integritas

Tangerang,– PT Sumber Sejahtera Mandiri Indonesia (SSMI), sebuah perusahaan produsen bumbu tabur yang terkenal dengan merek Togari, sukses berbagi kebaikan dengan menyelenggarakan kunjungan…

Akan dibangun Pabrik Bioetanol

Kamis, 17 Oktober 2024 - 11:27 WIB

Gelar Site Visit, SGN dan PNRE Akan Bangun Pabrik Bioetanol Pertama di Banyuwangi

PT Sinergi Gula Nusantara (SGN) anak perusahaan PTPN III (Persero) Holding Perkebunan yang bergerak di bidang komoditas gula menggandeng Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) anak…

RTP Gatotkaca

Kamis, 17 Oktober 2024 - 11:27 WIB

Bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Sleman, Kementerian PUPR Tata Kawasan Mrican

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan penataan Kawasan Mrican di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penataan kawasan ini dilakukan pada April-Desember…

Indonesia Europe Business Forum (IEBF) 2024, Mustika Ratu Optimis Produknya Banjiri di Pasar Eropa

Kamis, 17 Oktober 2024 - 11:24 WIB

Forum Bisnis Indonesia-Eropa 2024: Mustika Ratu Optimis Dominasi Pasar Eropa

Jakarta, PT Mustika Ratu Tbk (MRAT), produsen produk kecantikan, jamu dan kesehatan asli Indonesia yang telah memiliki sertifikasi standar internasional dan sertifikasi halal, turut hadir dalam…

Presiden Jokowi Resmikan Tol Lima Puluh - Kisaran

Kamis, 17 Oktober 2024 - 11:18 WIB

Tingkatkan Konektivitas Sumut - Riau, Presiden Jokowi Resmikan Tol Lima Puluh - Kisaran

Presiden Joko Widodo meresmikan beroperasinya Jalan Tol Indrapura-Kisaran Seksi Lima Puluh - Kisaran sepanjang 32 Km yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera yang akan menghubungkan…