FEKDI x KKI 2024, Mewujudkan Inklusi Keuangan dan Ekonomi Digital yang Berkelanjutan

Oleh : Shinta Cahyani, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta | Rabu, 16 Oktober 2024 - 13:50 WIB

Nelayan melakukan penjualan dengan metode pembayaran QRIS
Nelayan melakukan penjualan dengan metode pembayaran QRIS

INDUSTRY.co.id - Bank Indonesia terus meningkatkan sinerginya dalam mewujudkan inklusi keuangan dan pertumbuhan ekonomi digital yang berkelanjutan. Salah satu bukti nyata sinergi Bank Indonesia adalah dengan menyelanggarakan acara Festival Ekonomi Keuangan Digital dan Karya Kreatif Indonesia (FEKDI x KKI) 2024. 

FEKDI x KKI 2024 merupakan ajang sinergi kebijakan dan showcasing berbagai produk dan inovasi, implementasi kebijakan serta pencapaian dalam pengembangan ekosistem ekonomi dan keuangan digital, yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dengan turut didukung oleh Kementerian/Lembaga terkait dan asosiasi serta industri. 

Acara tersebut diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) selama 4 (empat) hari yakni pada 1 Agustus hingga 4 Agustus 2024 mengusung tema “Sinergi Memperkuat Ekonomi dan Keuangan Digital serta Inklusif untuk Pertumbuhan yang Berkelanjutan”. 

Penyelenggaraan FEKDI x KKI 2024 ini  menjadi wujud nyata sinergi kuat Pemerintah, Bank Indonesia, industri sistem pembayaran dan keuangan, UMKM, akademisi, dan masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk selebrasi atas kemajuan pesat digitalisasi Indonesia, sekaligus komitmen bersama untuk akselerasi transformasi digital ke depan, serta kolaborasi dan inovasi untuk ekonomi kerakyatan dan pertumbuhan inklusif.

Gubernur Bank Indonsia, Perry Warjiyo, dalam gelaran acara tersebut  menyampaikan bahwa perkembangan digitalisasi keuangan mengalami akselerasi secara pesat, yaitu sebanyak 90% bank memiliki kanal digital, digital payment mencapai Rp 60 ribu triliun, 33 juta merchant QRIS dengan 90% nya adalah UMKM, transaksi BI-Fast yang tumbuh secara cepat mencapai 2 miiliar transaksi, dan rasio inklusi keuangan meningkat dari 49% menjadi 53% menurut World Bank pada tahun 2022, serta mencapai 88,7 % menurut Survei Ekonomi Nasional Tahun 2023.

Kemudian, sebagai kelanjutan dari BSPI 2025, Bank Indonesia meluncurkan BSPI 2030. Akselerasi digitalisasi pembayaran nasional ke depan difokuskan pada 5 (lima) inisiatif utama yakni modernisasi infrastruktur pembayaran ritel, wholesale dan data, konsolidasi industri pembayaran nasional, inovasi dan akseptasi digital, perluasan kerjasama internasional, dan  pengembangan Rupiah digital. 

Gubernur BI Perry juga mengajak seluruh elemen pemerintahan, otoritas, asosiasi dan industri, serta masyarakat untuk terus memperkuat sinergi transformasi digital nasional dalam memajukan ekonomi keuangan digital nasional. 

FEKDI 2024 ini dikolaborasikan dengan Karya Kreatif Indonesia (KKI), untuk menunjukkan digitalisasi sebagai game changer dalam pengembangan UMKM agar naik kelas, go digital, dan go global. 

Melalui sinergi dan kolaborasi yang kuat antara pemerintah, industri, dan masyarakat, Kita dapat mendorong inklusi keuangan yang lebih luas dan memanfaatkan digitalisasi sebagai motor penggerak utama dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. 

Dengan komitmen bersama, Indonesia siap untuk memimpin transformasi keuangan digital yang inklusif dan memastikan kesejahteraan yang lebih merata bagi seluruh lapisan Masyarakat.

Perhelatan  FEKDI x KKI 2024 ini juga selebrasi berbagai pencapaian inisiatif inovasi digital, antara lain kompetisi inovasi digital yang dikemas dalam BI Hackathon, QRIS Jelajah Indonesia sebagai terobosan kampanye akseptasi dan literasi digitalisasi di seluruh Indonesia melalui 46 kantor perwakilan Bank Indonesia, perluasan kerja sama QRIS antarnegara ke empat negara yaitu Korea Selatan, Uni Arab Emirates (UAE), Jepang, dan India, pengembangan Kartu Kredit Indonesia (KKI) Segmen Pemerintah fitur Online Payment Virtual Card Tokenization.

Dalam  acara yang sama disampaikan juga apresiasi dan penghargaan kepada para pemenang BI Hackathon yang telah melahirkan ide-ide inovatif karya terbaik bangsa berbasiskan Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML) dan pemenang QRIS Jelajah Indonesia yang telah berpartisipasi dalam terobosan kampanye digitalisasi di seluruh Indonesia. 

Selain itu, apresiasi juga diberikan kepada pelaku UMKM innovative digital creativepreneur yang telah menerapkan digitalisasi dalam kegiatan usahanya sehingga diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi UMKM lainnya untuk go digital dan go global.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala BSKJI Kemenperin, Andi Rizaldi

Rabu, 16 Oktober 2024 - 17:40 WIB

Kemenperin Aktif Sosialisasi Permenperin SNI Wajib Produk Industri

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong sektor industri manufaktur di Indonesia untuk dapat menerapkan standardisasi produk yang dihasilkannya sesuai dengan peraturan yang berlaku.…

Keramik

Rabu, 16 Oktober 2024 - 17:07 WIB

Sah! PMK BMAD Impor Keramik Asal China Resmi Berlaku, Asaki: Kebangkitan Industri Keramik Nasional

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati resmi menerbitkan aturan terkait pengenaan bea masuk anti dumping terhadap produk impor ubin keramik dari China. Aturan tersebut tertuang dalam…

Peresmian Bendungan Lausimeme oleh Presiden Joko Widodo

Rabu, 16 Oktober 2024 - 17:04 WIB

PTPP Tuntaskan Proyek Bendungan Lau Simeme

PT PP (Persero) Tbk melakukan peresmian pada Proyek Bendungan Lausimeme yang berlokasi di Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara. Presiden RI Joko Widodo meresmikan secara langsung dengan…

Direktur Wholesale and International Service Telkom Bogi Witjaksono (kanan), Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko (tengah), dan Direktur Group Business Development Telkom Honesti Basyir (kiri) meresmikan neuCentrIX Pugeran, Yogyakarta, beberapa waktu lalu.

Rabu, 16 Oktober 2024 - 16:54 WIB

Perkuat Ekosistem Digital di Yogyakarta, Telkom Hadirkan neuCentrIX Pugeran

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) resmi meluncurkan neuCentrIX Pugeran, Yogyakarta yang merupakan data center ke-25 milik Telkom, pada Kamis (10/10). Kehadiran neuCentrIX Pugeran ini…

Karyawan BRI sedang rapat

Rabu, 16 Oktober 2024 - 16:39 WIB

Berhasil Jalankan Program Transformasi, Human Capital BRI Raih Indonesia Distinguished Human Capital Leader Awards 2024

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali meraih penghargaan di bidang Human Capital (HC). Apresiasi diberikan kepada Direktur Human Capital BRI Agus Winardono sebagai Indonesia…