Dar Edi Yoga Mengecam Keras Insiden Pelemparan Bom Molotov Orang Tak Dikenal ke Kantor Redaksi Jubi Jayapura

Oleh : Candra Mata | Rabu, 16 Oktober 2024 - 10:28 WIB

Pelemparan bom molotov di halaman kantor redaksi Jubi yang dilakukan oleh orang tak dikenal, aksi tersebut telah merusak setidaknya 2 kendaraan mobil operasional.
Pelemparan bom molotov di halaman kantor redaksi Jubi yang dilakukan oleh orang tak dikenal, aksi tersebut telah merusak setidaknya 2 kendaraan mobil operasional.

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Ketua Umum Forum Pemimpin Redaksi (Forum Pemred) Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), Dar Edi Yoga, menyampaikan keprihatinannya yang mendalam atas insiden pelemparan bom molotov di Kantor Redaksi media Jubi di Kota Jayapura, Provinsi Papua, pada Rabu (16/10) dini hari. Serangan tersebut menyebabkan dua mobil operasional Jubi terbakar dan mengalami kerusakan.

Menurut laporan yang diterima, serangan bom molotov itu diduga dilakukan oleh dua orang yang berboncengan menggunakan sepeda motor, melempar bom dari pinggir jalan di depan Kantor Redaksi Jubi. Api segera menyebar dan membakar bagian depan dua mobil operasional yang terparkir di halaman kantor, yakni Toyota Avanza dan Toyota Calya. Beruntung, api dapat dipadamkan oleh dua karyawan Jubi dan beberapa saksi mata yang berada di lokasi.

Dar Edi Yoga mengecam keras tindakan kekerasan ini dan menilai serangan terhadap media adalah ancaman serius terhadap kebebasan pers dan demokrasi. "Kami sangat prihatin dan mengecam aksi pelemparan bom molotov ini. Serangan terhadap media adalah bentuk ancaman nyata terhadap kebebasan pers yang menjadi pilar utama demokrasi," ujar Yoga, Rabu (16/10).

Ia juga menyerukan kepada aparat penegak hukum untuk segera melakukan investigasi menyeluruh dan menangkap pelaku penyerangan agar tindakan serupa tidak terulang di kemudian hari.

"Kami meminta pihak berwenang segera mengusut tuntas kasus ini dan memastikan perlindungan terhadap para jurnalis serta media, khususnya di wilayah yang rawan seperti Papua. Media memiliki peran vital dalam menyampaikan informasi yang objektif dan membangun masyarakat yang demokratis," tambahnya.

Edi Yoga menegaskan komitmen Forum Pemred SMSI dalam memperjuangkan kebebasan pers dan melindungi para jurnalis di seluruh Indonesia. Ia berharap semua pihak dapat saling menjaga keamanan dan mendukung keberlangsungan media dalam menjalankan tugasnya secara bebas dan profesional.

Dengan insiden ini, Yoga juga mengingatkan bahwa ancaman kekerasan terhadap media tidak hanya merugikan perusahaan pers, tetapi juga melukai hak masyarakat untuk mendapatkan informasi yang jujur dan akurat. "Kami mengutuk segala bentuk kekerasan terhadap jurnalis dan media. Tindakan semacam ini menghambat hak masyarakat untuk mendapatkan informasi yang benar dan adil," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Keramik

Rabu, 16 Oktober 2024 - 17:07 WIB

Sah! PMK BMAD Impor Keramik Asal China Resmi Berlaku, Asaki: Kebangkitan Industri Keramik Nasional

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati resmi menerbitkan aturan terkait pengenaan bea masuk anti dumping terhadap produk impor ubin keramik dari China. Aturan tersebut tertuang dalam…

Peresmian Bendungan Lausimeme oleh Presiden Joko Widodo

Rabu, 16 Oktober 2024 - 17:04 WIB

PTPP Tuntaskan Proyek Bendungan Lau Simeme

PT PP (Persero) Tbk melakukan peresmian pada Proyek Bendungan Lausimeme yang berlokasi di Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara. Presiden RI Joko Widodo meresmikan secara langsung dengan…

Direktur Wholesale and International Service Telkom Bogi Witjaksono (kanan), Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko (tengah), dan Direktur Group Business Development Telkom Honesti Basyir (kiri) meresmikan neuCentrIX Pugeran, Yogyakarta, beberapa waktu lalu.

Rabu, 16 Oktober 2024 - 16:54 WIB

Perkuat Ekosistem Digital di Yogyakarta, Telkom Hadirkan neuCentrIX Pugeran

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) resmi meluncurkan neuCentrIX Pugeran, Yogyakarta yang merupakan data center ke-25 milik Telkom, pada Kamis (10/10). Kehadiran neuCentrIX Pugeran ini…

Karyawan BRI sedang rapat

Rabu, 16 Oktober 2024 - 16:39 WIB

Berhasil Jalankan Program Transformasi, Human Capital BRI Raih Indonesia Distinguished Human Capital Leader Awards 2024

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali meraih penghargaan di bidang Human Capital (HC). Apresiasi diberikan kepada Direktur Human Capital BRI Agus Winardono sebagai Indonesia…

Gandeng Amartha, BTN Perluas Pembiayaan UMKM

Rabu, 16 Oktober 2024 - 16:32 WIB

Gandeng Amartha, BTN Perluas Pembiayaan UMKM

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menjalin kerjasama pembiayaan channeling dengan PT Amartha Mikro Fintek (Amartha).