Menteri Kesehatan Topping Off Gedung INN di RSPON, Pusat Layanan Penelitian dan Layanan Unggulan Otak dan Saraf

Oleh : Nina Karlita | Selasa, 15 Oktober 2024 - 21:26 WIB

Topping Off Gedung Institut Neurosains Nasional di RS Pusat Otak Nasional (RSPON).
Topping Off Gedung Institut Neurosains Nasional di RS Pusat Otak Nasional (RSPON).

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin melakukan topping off pembangunan Institut Neurosains Nasional (INN) di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RSPON) Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono pada 15 Oktober 2024. Penanda hampir selesainya pembangunan dua gedung utama yang akan menjadi pusat pelayanan kesehatan otak dan saraf di Indonesia. 

Gedung pertama, yang berfokus pada pelayanan kesehatan, didesain untuk memberikan layanan komprehensif berbasis sistem cluster. Beberapa layanan unggulan yang akan hadir antara lain Autism Centre, Epilepsy Centre, Rehabilitation Centre, Stroke Centre, serta berbagai fasilitas lain yang fokus pada penanganan penyakit otak dan saraf dengan standar internasional. 

Dengan pendekatan multidisiplin yang komprehensif dan fasilitas yang terdepan, pembangunan dua gedung ini dapat memberikan perawatan terbaik bagi pasien-pasien RSPON.

"Fasilitas rawat inap yang bertambah, ruang operasi, Cathlab serta ICU, HCU, dan SCU untuk memperkuat kapasitas layanan kami dalam menjawab kebutuhan yang terus meningkat," kata Direktur Utama RSPON dr Adin Nulkhasanah, SpS, MARS.

Sementara itu, gedung kedua akan digunakan sebagai pusat pendidikan dan penelitian, mendukung implementasi Hospital Based System untuk pendidikan spesialis neurologi yang direncanakan mulai pada awal 2025. 

Program pendidikan ini akan bekerja sama dengan Accreditation Council for Graduate Medical Education (ACGME), badan akreditasi internasional terkemuka. Harapannya, RSPON akan dapat membuka berbagai program residensi lain seperti bedah saraf, guna memenuhi kebutuhan tenaga medis spesialis di Indonesia.

Bagian penelitian dari gedung ini didedikasikan untuk pengembangan penelitian translasional, dengan fokus pada pengobatan presisi. Fasilitas ini dilengkapi dengan Unit Uji Klinis yang memiliki kapasitas 18 tempat tidur. 

"Penelitian ini berfokus pada international research yang mengedepankan inovasi dan mengembangkan precision medicine. Terdapat clinical research dengan 18 ruangan yang fokus pada pengembangan clinical trial yang diharapkan menjadi magnet bagi kemitraan nasional atau pemerintah,” kata dr Adin

Sementara Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyambut baik kehadiran gedung baru RSPON yang dinilainya akan membuat fasilitas kesehatan di Indonesia bisa bersaing dengan negara tetangga yang masih menjadi buruan sebagian masyarakat Indonesia.

"Kita harus bekerja lebih keras untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan kita agar setidaknya dapat bersaing dengan negara-negara tetangga.," kata Budi.

Di samping bangunan fisik dan fasilitas rumah sakit, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyampaikan pentingnya membangun budaya kerja dalam memberikan pelayanan kepada pasien atau masyarakat.

"Saya minta bukan hanya fisiknya saja yang baru, tapi budayanya juga mesti berubah menjadi budaya yang baru. Budaya yang lebih fokusnya melayani masyarakat," tutur Budi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presscon AMI Awards 2024.

Selasa, 15 Oktober 2024 - 23:25 WIB

Nominasi AMI Awards 2024, Merayakan Keberagaman Musik Generasi Baru

Dengan Musik Generasi Baru sebagai tema, AMI Awards 2024 tidak hanya menjadi ajang penghargaan, tetapi juga perayaan semangat kreatif yang terus tumbuh di kalangan musisi muda.

Aice Luncurkan Edisi Terbatas Crispy Balls dengan Wajah Gregoria dan Veddriq.

Selasa, 15 Oktober 2024 - 22:46 WIB

Aice Luncurkan Edisi Terbatas Crispy Balls dengan Wajah Gregoria dan Veddriq, Rayakan Prestasi Atlet Olimpiade

Peluncuran Aice Crispy Balls edisi khusus ini merupakan bentuk penghormatan dan apresiasi terhadap perjuangan Gregoria dan Veddriq yang telah mengharumkan nama Indonesia di Olimpiade 2024 Paris.

Ilustrasi Digitalisasi (Ist)

Selasa, 15 Oktober 2024 - 22:17 WIB

FEKDI x KKI 2024 : Inovasi Ekonomi dan Keuangan Digital

FEKDI x KKI 2024 bertujuan untuk selebrasi atas kemajuan pesat digitalisasi Indonesia, sekaligus komitmen bersama untuk akselerasi transformasi digital ke depan.

Agen BRILink

Selasa, 15 Oktober 2024 - 21:27 WIB

AgenBRILink Bukti Nyata Peran BRI Ciptakan Pemerataan Ekonomi yang Inklusif

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, melalui inisiatif AgenBRILink, membuktikan perannya sebagai agen pembagunan khususnya dalam menciptakan pemerataan ekonomi yang inklusif di seluruh Indonesia.…

Jamboride kembali digelar dalam rangkaian IMOS 2024

Selasa, 15 Oktober 2024 - 21:23 WIB

Jamboride Kembali Digelar: Riding Bareng Komunitas Memulai Rangkaian Acara Menuju IMOS 2024

Asosiasi Sepeda Motor Indonesia (AISI) kembali menyelenggarakan pameran sepeda motor terbesar yaitu Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2024 yang akan berlangsung pada 30 Oktober hingga 3 November…