Keren! Dipercaya Gelar Acara Puncak BUMN Learning Festival, BTN Dukung Pembentukan SDM Agile dan Lifelong Learner

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 15 Oktober 2024 - 16:16 WIB

Sebagai wujud komitmennya dalam menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk dipercaya menjadi tuan rumah acara puncak BUMN Learning Festival (BLF) 2024.
Sebagai wujud komitmennya dalam menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk dipercaya menjadi tuan rumah acara puncak BUMN Learning Festival (BLF) 2024.

INDUSTRY.co.id, Jakarta–Sebagai wujud komitmennya dalam menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk dipercaya menjadi tuan rumah acara puncak BUMN Learning Festival (BLF) 2024.

Adapun, acara puncak BUMN Learning Festival 2024 tersebut digelar pada 15 Oktober 2024 di Menara BTN, Jakarta Pusat. Kegiatan yang bertajuk Be Agile, Be a Lifelong Learner ini diharapkan bisa mendorong kualitas Insan BUMN untuk terus berkembang secara berkelanjutan meningkatkan kapabilitas. Kegiatan BLF 2024 diinisiasi oleh Kementerian BUMN berkolaborasi dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) dan BUMN School of Excellence (BSE) sebagai implementasi salah satu core values AKHLAK, yakni "Kompeten" serta Employee Value Proposition (EVP) BUMN yaitu Belajar, Bertumbuh, dan Berkontribusi untuk Indonesia.

Tedi Bharata, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi komitmen Kementerian BUMN untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan perkembangan tren bisnis baru para karyawan BUMN. "Dengan kegiatan ini, kami realisasikan salah satu core value AKHLAK, yakni kompeten melalui pengembangan budaya pembelajaran yang berkelanjutan. Sehingga seluruh insan BUMN semakin siap menghadapi tantangan di masa depan," ujar Tedi di Jakarta, Selasa (15/10).

Kementerian BUMN telah menetapkan nilai-nilai utama insan BUMN yaitu AKHLAK pada tahun 2020, yang menjadi pedoman perilaku seluruh SDM BUMN untuk bekerja produktif dan mencatatkan kontribusi positif untuk negara.

Sejak Kementerian BUMN menjadikan nilai utama insan BUMN ke dalam AKHLAK, yakni Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif, kinerja SDM BUMN mencatatkan hasil yang memuaskan.

Dari Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) Kementerian BUMN sepanjang 2023, produktivitas tenaga kerja BUMN mencatatkan realisasi Rp7,61 miliar per orang, yang mana angka tersebut di atas target 2023 senilai Rp6,96 miliar per orang.

Ketua Umum Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Agus Dwi Handaya mengatakan sesuai dengan tema Final Event BLF 2024, Be Agile, Be a Lifelong Learner, insan BUMN diharapkan terus belajar dan beradaptasi sehingga dapat terus bertahan, bertumbuh bahkan memimpin secara berkelanjutan di tengah perkembangan zaman.

“Investasi terbesar adalah investasi pada diri sendiri. Dengan adanya BUMN Learning Festival 2024 ini, harapannya bisa memfasilitasi insan BUMN untuk terus tumbuh dan berkembang, mengasah kompetensi, serta mengadopsi nilai AKHLAK untuk menghadapi tantangan di masa depan,” ujar Agus. 

Kedepannya, tantangan multidimensi secara global terus bermunculan yang sering disebut Vulnerability, Uncertainty, Complexity, Ambiguity (VUCA) seperti, Agenda ESG, Industri 4.0, dinamika geopolitik, turbulensi ekonomi, hingga isu pandemi dan lingkungan. Hal itu membuat BUMN, termasuk BTN, harus terus bertransformasi menjadi lembaga yang lebih optimis, dinamis, relevan, dan progresif dengan AKHLAK sebagai pondasi berkelanjutan.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Nixon LP Napitupulu mengatakan pelaksanaan BUMN Learning Festival ini menjadi komitmen untuk menciptakan SDM unggul dengan pondasi AKHLAK yang kuat. Dengan SDM yang unggul, lanjtu Nixon, BUMN termasuk BTN, akan mampu terus bertransformasi menjawab kebutuhan masyarakat, terutama untuk BTN dalam mendukung program pembiayaan perumahan sebagai salah satu proyek strategis nasional.

"SDM BTN yang unggul akan mendorong sektor perumahan. Sektor perumahan yang maju akan memberikan ripple effect bagi 185 sektor lain dan mendorong perekonomian nasional," jelas Nixon.

Adapun, dari hasil kajian dari Housing Finance Center BTN, tambah Nixon, menunjukkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekaligus menambah output pada ekonomi nasional sebesar Rp2,46 triliun.

Sementara itu, selain dihadiri Deputi Bidang Manajemen SDM, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN RI Tedi Bharata, Ketua Umum FHCI Agus Dwi Handaya, dan Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu, acara puncak ini juga dihadiri Asisten Deputy SDM Kementerian BUMN Muhammad Rizal Kamal dan seluruh insan BUMN yang menetapkan komitmen bersama menjadi Super Learner untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

        

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Industri Hasil Tembakau (IHT)

Selasa, 15 Oktober 2024 - 16:45 WIB

Industri Tembakau Nasional Terancam Aturan Turunan UU Kesehatan, Buruh Kena Imbas

Ketua Umum PP FSP RTMM-SPSI, Sudarto AS menyebut bahwa PP 28 tahun 2024 tentang Peraturan Pelaksanaan UU nomor 17 tahun 2023 tentang Kesehatan dan Rancangan Peraturan Menteri Kesehatan (RPMK)…

Pelari yang mendapatkan asuransi Pertalife

Selasa, 15 Oktober 2024 - 16:42 WIB

Ribuan Pelari Jakarta Running Festival 2024 Dapat Jaminan Proteksi dari PertaLife Insurance by Pertamina

PertaLife Insurance, perusahaan asuransi jiwa, kesehatan dan pengelolaan dana pensiun yang merupakan perusahaan afiliasi dari PT Pertamina (Persero) kembali membuktikan diri sebagai perusahaan…

Dukung Keberlanjutan Pesisir Pantai, BCA Life Tanam 1.500 Pohon Mangrove Kolaborasi dengan Lindungi Hutan -Program ESG

Selasa, 15 Oktober 2024 - 14:27 WIB

Dukung Keberlanjutan Pesisir Pantai, BCA Life Tanam 1.500 Pohon Mangrove Kolaborasi dengan Lindungi Hutan -Program ESG

Jakarta-PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life), anak perusahaan dari PT Bank Central Asia Tbk (BCA), melanjutkan 10 tahun komitmennya terhadap keberlanjutan lingkungan dan masyarakat dimana tahun ini…

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan serahkan penghargaan ke Rendang Gadih

Selasa, 15 Oktober 2024 - 14:26 WIB

Rendang Gadih Payakumbuh Sabet UKM Pangan Award 2024, Bukti Keunggulan UMKM Lokal

kini semakin dikenal sebagai pusat inovasi kuliner setelah Rendang Gadih, brand lokal di bawah PT Gadih Minang Anugerah, berhasil meraih UKM Pangan Award 2024 dari Kementerian Perdagangan Republik…

PLTS Xurya

Selasa, 15 Oktober 2024 - 14:20 WIB

Xurya Umumkan Keberhasilanya Bangun Lebih dari 100 MW di Hampir 200 Proyek di Seluruh Indonesia

Xurya mengumumkan keberhasilanya membangun lebih dari 100 MW kapasitas daya PLTS yang tersebar di hampir 200 proyek di seluruh Indonesia. Melalui skema sewa PLTS tanpa biaya awal yang dipelopori…