Harga Bitcoin Berhasil Menguat Mencapai $66.000

Oleh : Hariyanto | Selasa, 15 Oktober 2024 - 13:51 WIB

Ilustrasi Bitcoin
Ilustrasi Bitcoin

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pasar kripto memulai pekan ini dengan positif, ditandai oleh menguatnya harga Bitcoin yang  sempat melampaui level $66.000 atau di atas IDR 1 Miliar mencatat kenaikan 6% seminggu terakhir. Namun setelah Bitcoin berhasil mencapai harga $66.300, apakah momentum bullish ini bisa dipertahankan?

Selama tujuh bulan terakhir, reli harga Bitcoin seringkali terbatas pada resistance di atas, khususnya pada level $65.000–$66.000, lalu kembali di bawah turun ke bawah $60.000. 

“Dari analisa teknikal ,Selasa (15/10/2024) pukul 09.00 WIB, BTC bertengger di $65.850. Saat in, jika BTC dapat bertahan di atas support $64.000 maka dapat melanjutkan kenaikan ke $68.000. Sementara, jika turun di bawah support, maka BTC potensi akan retest terlebih dahulu ke resistance trendline di sekitar MA-20 di level $63.000” kata Financial Expert Ajaib Kripto, Panji Yudha di Jakarta, Selasa (15/10/2024). 

Kenaikan Bitcoin seminggu terakhir didorong oleh beberapa faktor, termasuk data inflasi AS untuk September yang naik 2,4% YoY, sedikit lebih tinggi dari proyeksi 2,3% YoY, tetapi masih di bawah periode Agustus yang mencapai 2,5%YoY. Meskipun demikian, ekspektasi pemangkasan suku bunga tetap kuat, sehingga sentimen terhadap aset berisiko seperti Bitcoin tetap positif.

Sementara, meskipun terjadi arus keluar modal sebesar $300 juta dari ETF BTC spot di AS pada akhir September hingga awal Oktober, perdagangan ETF BTC spot berhasil mencatatkan $308 juta pekan lalu. Hal ini menunjukkan bahwa minat investor terhadap Bitcoin, masih sangat positif,  bahkan mampu menutupi aliran negatif yang terjadi pada pekan pertama Oktober. 

Salah satu narasi yang mendukung kenaikan harga Bitcoin baru-baru ini adalah meningkatnya peluang Donald Trump dalam pemilihan AS, yang terlihat melalui peningkatan popularitas peluang kemenangan di Polymarket mencapai 55%. Hal ini mengingatkan kembali pada situasi serupa di bulan Juli ketika harga Bitcoin sempat menyentuh $70.000. 

Selain itu, saham MicroStrategy juga mencatatkan titik tertinggi baru untuk tahun ini, yang memperkuat sentimen bullish di pasar. Ketidakjelasan langkah stimulus fiskal China turut memicu spekulasi bahwa investor berpotensi beralih ke aset kripto dibandingkan ekuitas China, memberikan dorongan tambahan bagi Bitcoin.

Minggu ini, ada empat peristiwa ekonomi penting di AS yang dapat mempengaruhi pasar kripto. Laporan klaim pengangguran akan menunjukkan kondisi pasar tenaga kerja, sementara data penjualan ritel memberikan gambaran tentang kekuatan pengeluaran konsumen. 

Selain itu, data produksi industri dan laporan pendapatan perusahaan besar juga akan mencerminkan kesehatan ekonomi. Jika data ini menunjukkan ekonomi yang kuat, pasar kripto bisa merespons positif,  dan melanjutkan kenaikan.

“Terakhir, kenaikan BTC di oktober sering dikaitkan dengan istilah ‘Uptober’, yang merujuk pada kecenderungan Oktober sebagai bulan bullish bagi Bitcoin dan pasar kripto secara keseluruhan. Biasanya, Oktober ditutup dengan kenaikan, meski tidak jarang bulan ini dimulai dengan koreksi. Di tahun 2023, Bitcoin sempat turun 7% di paruh pertama Oktober sebelum rally sebesar 30% hingga akhir bulan. Momentum historis ini juga menjadi salah satu katalis penting yang bisa mendukung pergerakan bullish Bitcoin di sisa bulan ini.” ujar Panji. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sebagai wujud komitmennya dalam menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk dipercaya menjadi tuan rumah acara puncak BUMN Learning Festival (BLF) 2024.

Selasa, 15 Oktober 2024 - 16:16 WIB

Keren! Dipercaya Gelar Acara Puncak BUMN Learning Festival, BTN Dukung Pembentukan SDM Agile dan Lifelong Learner

Jakarta–Sebagai wujud komitmennya dalam menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk dipercaya menjadi tuan rumah…

Dukung Keberlanjutan Pesisir Pantai, BCA Life Tanam 1.500 Pohon Mangrove Kolaborasi dengan Lindungi Hutan -Program ESG

Selasa, 15 Oktober 2024 - 14:27 WIB

Dukung Keberlanjutan Pesisir Pantai, BCA Life Tanam 1.500 Pohon Mangrove Kolaborasi dengan Lindungi Hutan -Program ESG

Jakarta-PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life), anak perusahaan dari PT Bank Central Asia Tbk (BCA), melanjutkan 10 tahun komitmennya terhadap keberlanjutan lingkungan dan masyarakat dimana tahun ini…

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan serahkan penghargaan ke Rendang Gadih

Selasa, 15 Oktober 2024 - 14:26 WIB

Rendang Gadih Payakumbuh Sabet UKM Pangan Award 2024, Bukti Keunggulan UMKM Lokal

kini semakin dikenal sebagai pusat inovasi kuliner setelah Rendang Gadih, brand lokal di bawah PT Gadih Minang Anugerah, berhasil meraih UKM Pangan Award 2024 dari Kementerian Perdagangan Republik…

PLTS Xurya

Selasa, 15 Oktober 2024 - 14:20 WIB

Xurya Umumkan Keberhasilanya Bangun Lebih dari 100 MW di Hampir 200 Proyek di Seluruh Indonesia

Xurya mengumumkan keberhasilanya membangun lebih dari 100 MW kapasitas daya PLTS yang tersebar di hampir 200 proyek di seluruh Indonesia. Melalui skema sewa PLTS tanpa biaya awal yang dipelopori…

Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Alexandra Askandar bersama KKP

Selasa, 15 Oktober 2024 - 14:11 WIB

Komitmen Dorong Ekonomi Biru, Bank Mandiri Perkuat Sinergi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan

Bank Mandiri terus memperkuat peran sebagai agen pembangunan serta penciptaan nilai dengan menjalin kerjasama strategis bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Kerjasama ini diharapkan…