Wow Keren! Pejabat Kemenkes Temukan Talenta Muda Indonesia yang Sukses Bekerja di Daewoong, Ini Rahasianya..

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 15 Oktober 2024 - 12:55 WIB

Apa yang Menarik Pejabat Kementerian Kesehatan Indonesia ke Daewoong? Melihat Tempat Kerja Terbaik di Asia dan Strategi Pertumbuhan Karyawannya
Apa yang Menarik Pejabat Kementerian Kesehatan Indonesia ke Daewoong? Melihat Tempat Kerja Terbaik di Asia dan Strategi Pertumbuhan Karyawannya

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Pejabat Kementerian Kesehatan RI mengunjungi Korea dan mendengar penjelasan langsung tentang sistem kepegawaian Daewoong yang berpusat pada ‘pertumbuhan’.

Sebanyak 120 anak muda Indonesia yang bekerja di Daewoong merasakan ‘status terkini’ magang, umpan balik pengembangan bulanan, CDP dan sistem Pembayaran Berbasis Pekerjaan.

Dwi Meilani, Direktur Pusat Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Kemenkes RI menegaskan bahwa, pihaknya akan melakukan benchmarking sistem umpan balik pengembangan bulanan yang mendorong pertumbuhan karyawan.

Minjung Rhee, Head of HR Department Daewoong mengungkapkan, bagi mereka yang mencari pertumbuhan, Daewoong adalah tempat terbaik untuk bekerja.

Daewoong (CEO Seong-soo Park dan Chang-jae Lee), sebuah grup kesehatan terkemuka di Korea, mengumumkan bahwa pejabat dari Internal Transformation Office Kemenkes RI mengunjungi smart factory Daewoong di Osong dan kantor pusat Daewoong di Seoul pada tanggal 24 dan 27 September 2024 untuk mempelajari Program Unggulan SDM yang berfokus pada pertumbuhan serta berinteraksi dengan talenta muda Indonesia yang bekerja di Daewoong.

Kunjungan tersebut dihadiri oleh Hendrastuti Pertiwi, Direktur Biro Organisasi dan Sumber Daya Manusia, Dwi Meilani, Direktur Pusat Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara, dr. Indri Yogyaswari, Direktur Pusat Sistem dan Strategi Kesehatan, Afifa Farha, Pemimpin Tim Budaya Kerja di Pusat Sistem dan Strategi Kesehatan, Anik Sri Handayani, Kepala Tim Kinerja Pegawai, dan Ns. Ella Andalusia, Kepala Tim Implementasi Universitas Korporat (Klasik).

Daewoong memaparkan komitmen jangka panjangnya terhadap pengembangan industri farmasi dan bioteknologi di Indonesia sejak tahun 2005. Delegasi tersebut mempelajari Program Unggulan SDM Daewoong, yang memprioritaskan "pertumbuhan" karyawan, dan berkesempatan berdiskusi dengan 15 karyawan muda terbaik asal Indonesia di berbagai bidang, termasuk klinis, riset, pengembangan, pemasaran, dan produksi, serta mendengarkan kisah pertumbuhan mereka.

Minjung Rhee, Head of HR Department Daewoong, menyatakan, “Daewoong berusaha untuk menjadi tempat kerja terbaik bagi karyawan yang memiliki keinginan untuk tumbuh dan kemauan untuk bekerja. Kami menjalankan sistem seperti magang, umpan balik pengembangan bulanan, CDP (Career Development Program), dan Program Unggulan SDM untuk mendukung hal ini.”

Perwakilan Kemenkes menunjukkan ketertarikan khusus pada "CDP" yang memberikan karyawan kesempatan untuk mengembangkan karier mereka secara mandiri. CDP adalah program SDM Daewoong yang memungkinkan karyawan untuk memperluas kemampuan mereka di divisi lain guna membangun keahlian baru. Di Daewoong, karyawan yang telah memperoleh pengalaman yang cukup dalam suatu divisi dapat secara mandiri memilih untuk pindah ke divisi lain guna meningkatkan karier dan keahliannya.

Minjung Rhee, Head of HR Department Daewoong, menambahkan, "Sistem CDP terbuka untuk semua karyawan yang mencapai tingkat kinerja tertentu, memberikan kesempatan yang sama bagi mereka untuk memperluas kemampuan kerjanya. Sistem ini berfungsi sebagai platform untuk pembelajaran dan komunikasi."

Daewoong juga menjadi pelopor dalam mengadopsi Sistem Gaji Berbasis Pekerjaan di antara perusahaan-perusahaan Korea. Sistem Gaji Berbasis Pekerjaan Daewoong mengevaluasi karyawan hanya berdasarkan kemampuan dan kinerja mereka, tanpa memandang usia, masa kerja, jenis kelamin, atau kebangsaan, serta memberikan posisi dan kompensasi yang sesuai berdasarkan faktor-faktor tersebut. Berbeda dengan sistem gaji berbasis senioritas, di mana upah meningkat seiring dengan masa kerja, sistem Daewoong memberikan posisi berdasarkan kekuatan individu, memungkinkan mereka untuk berkembang melalui posisi yang sesuai dengan kemampuannya.

Deskhilandi Nugroho, seorang Dokter di Pusat Pengembangan Klinis Daewoong, berbagi dengan pejabat Kementerian Kesehatan, "Saya bekerja selama empat tahun di puskesmas dan klinik internasional di Indonesia sebelum bergabung dengan Daewoong, mencari tempat bekerja di mana saya bisa berkembang lebih jauh. Sekarang saya mengelola uji klinis di sini, dan tujuan saya adalah membantu memajukan industri uji klinis Indonesia serta berkontribusi secara signifikan pada pengembangan layanan kesehatan."

Saat ini, ada 120 talenta muda Indonesia yang bekerja di Daewoong. Mereka bergabung melalui program magang Daewoong, di mana mereka menangani pekerjaan yang bernilai dan mendalami berbagai peran, untuk berkembang menjadi profesional.

Daewoong mengoperasikan sistem “umpan balik (feedback) pengembangan bulanan” di mana para kepala tim mengadakan sesi diskusi satu lawan satu dengan karyawan setiap bulan. Para kepala tim memberikan umpan balik terperinci tentang kekuatan dan area yang perlu ditingkatkan untuk mendukung pertumbuhan anggota tim mereka, secara berkelanjutan membimbing mereka agar pertumbuhan selaras dengan kinerja dan target. Karyawan Indonesia juga menerima umpan balik pengembangan bulanan yang sama dan berkembang melalui sistem ini.

Dwi Meilani, Direktur Pusat Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara, menyatakan, "Sangat menarik mengetahui bahwa lebih dari 120 talenta terbaik Indonesia bekerja di Daewoong. Kunjungan hari ini membantu kami memahami mengapa talenta muda kita bersemangat untuk bekerja di Daewoong." Dia melanjutkan, "Kami akan mempelajari sistem rinci Daewoong yang mendukung keterlibatan karyawan dalam pekerjaan mereka dan sistem umpan balik pengembangan bulanan yang mendorong pertumbuhan, untuk melihat bagaimana hal ini dapat berkontribusi pada pengembangan kapasitas bagi pegawai Kementerian Kesehatan."

Sementara itu, Indonesia, dengan populasi sekitar 280 juta, adalah negara terpadat keempat di dunia dan diperkirakan akan mengalami peningkatan permintaan di industri kesehatan. Menyadari potensi pertumbuhan pasar Indonesia, Daewoong telah mempertahankan kemitraan dengan Indonesia sejak mendirikan anak perusahaannya pada tahun 2005. Daewoong secara khusus berfokus dalam menemukan dan mengembangkan talenta terbaik yang akan memimpin masa depan industri farmasi dan biofarmasi di Indonesia. Melalui Program Unggulan SDM yang berfokus pada pertumbuhan seperti magang, umpan balik pengembangan bulanan, CDP, dan Sistem Gaji Berbasis Pekerjaan, Daewoong mendukung talenta Indonesia untuk berkembang menjadi pakar terkemuka di industri ini. Sebagai hasil dari upaya ini, Daewoong dinobatkan sebagai salah satu 'Tempat Bekerja Terbaik di Asia 2023' oleh 'Great Place to Work (GPTW)' tahun lalu.

Seong-soo Park, CEO Daewoong, menyatakan, "Kami berharap kunjungan ini akan berkontribusi pada perluasan pertukaran dan kerja sama sumber daya manusia antara kedua negara, menjadi batu loncatan bagi pengembangan industri farmasi dan biofarmasi di Indonesia. Kami akan terus mendukung sepenuhnya pertumbuhan talenta Indonesia, membantu mereka untuk sukses di panggung global."

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan serahkan penghargaan ke Rendang Gadih

Selasa, 15 Oktober 2024 - 14:26 WIB

Rendang Gadih Payakumbuh Sabet UKM Pangan Award 2024, Bukti Keunggulan UMKM Lokal

kini semakin dikenal sebagai pusat inovasi kuliner setelah Rendang Gadih, brand lokal di bawah PT Gadih Minang Anugerah, berhasil meraih UKM Pangan Award 2024 dari Kementerian Perdagangan Republik…

PLTS Xurya

Selasa, 15 Oktober 2024 - 14:20 WIB

Xurya Umumkan Keberhasilanya Bangun Lebih dari 100 MW di Hampir 200 Proyek di Seluruh Indonesia

Xurya mengumumkan keberhasilanya membangun lebih dari 100 MW kapasitas daya PLTS yang tersebar di hampir 200 proyek di seluruh Indonesia. Melalui skema sewa PLTS tanpa biaya awal yang dipelopori…

Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Alexandra Askandar bersama KKP

Selasa, 15 Oktober 2024 - 14:11 WIB

Komitmen Dorong Ekonomi Biru, Bank Mandiri Perkuat Sinergi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan

Bank Mandiri terus memperkuat peran sebagai agen pembangunan serta penciptaan nilai dengan menjalin kerjasama strategis bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Kerjasama ini diharapkan…

Ilustrasi Bitcoin

Selasa, 15 Oktober 2024 - 13:51 WIB

Harga Bitcoin Berhasil Menguat Mencapai $66.000

Pasar kripto memulai pekan ini dengan positif, ditandai oleh menguatnya harga Bitcoin yang  sempat melampaui level $66.000 atau di atas IDR 1 Miliar mencatat kenaikan 6% seminggu terakhir.

PT Krom Bank Indonesia Tbk

Selasa, 15 Oktober 2024 - 13:11 WIB

Fokus Bidik Nasabah Berkualitas, DPK Krom Bank Tumbuh Positif hingga Empat Kali Lipat

Hingga Agustus 2024, Krom Bank berhasil mencatatkan laba sebesar Rp93,22 miliar year-to-date (ytd) serta Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar Rp2,2 triliun, naik 348% atau lebih dari empat kali…