Perpusnas Susun Rencana Induk Pengarusutamaan Naskah Kuno Nusantara

Oleh : Nina Karlita | Selasa, 15 Oktober 2024 - 11:02 WIB

Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) yang diadakan di Jakarta, Senin (14/10/2024).
Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) yang diadakan di Jakarta, Senin (14/10/2024).

INDUSTRY.co.id

Jakarta — Perpustakaan Nasional (Perpusnas) tengah mempersiapkan penyusunan Rencana Induk Nasional Pengarusutamaan Naskah Kuno Nusantara sebagai langkah strategis dalam melestarikan naskah-naskah kuno di Indonesia. 

Rencana ini diharapkan mampu mengidentifikasi, melestarikan, dan mendayagunakan naskah-naskah tersebut untuk kepentingan budaya dan ilmu pengetahuan. 

Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Perpusnas, Mariana Ginting, menjelaskan pentingnya naskah kuno dalam pembangunan kebudayaan nasional.

“Naskah kuno memiliki nilai strategis baik dari segi fisik maupun kandungan pengetahuannya. Oleh karena itu, pengelolaannya harus dilakukan secara holistik dan komprehensif,” ujar Mariana dalam Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) yang diadakan di Jakarta, Senin (14/10/2024). 

Rencana Induk ini akan mencakup lima program utama, yaitu identifikasi dan pendaftaran naskah, pelestarian berkelanjutan, digitalisasi dan perluasan akses, pendayagunaan naskah, serta penguatan kemitraan dan sumber daya manusia (SDM). 

Program-program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya naskah kuno, sekaligus memastikan kelestariannya. 

“Rencana ini diharapkan dapat menjadi panduan dalam menyusun kebijakan dan strategi untuk melestarikan naskah-naskah Nusantara sebagai sumber pengetahuan dan identitas nasional,” tambahnya. 

Sementara itu, Kepala Pusat Preservasi Bahan Pustaka dan Ahli Media Perpusnas, Made Ayu Wirayati, menyoroti perlunya dasar hukum yang kuat dalam pelestarian naskah kuno.

Pihak Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang diwakili oleh Kepala Pusat Riset Arkeometri, Sofwan Noerwidi, menyatakan kesiapannya dalam mendukung proses digitalisasi naskah kuno dengan menggunakan teknologi canggih.

"BRIN menyediakan berbagai alat seperti NDT (Non Destructive Tomography) untuk pemindaian serta alat konservasi lainnya yang bisa diakses oleh masyarakat melalui portal elsa.brin.go.id,” ujar Sofwan. 

Dengan adanya Rencana Induk ini, diharapkan langkah pelestarian naskah kuno Nusantara dapat berjalan lebih sistematis dan terkoordinasi. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PLTS Xurya

Selasa, 15 Oktober 2024 - 14:20 WIB

Xurya Umumkan Keberhasilanya Bangun Lebih dari 100 MW di Hampir 200 Proyek di Seluruh Indonesia

Xurya mengumumkan keberhasilanya membangun lebih dari 100 MW kapasitas daya PLTS yang tersebar di hampir 200 proyek di seluruh Indonesia. Melalui skema sewa PLTS tanpa biaya awal yang dipelopori…

Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Alexandra Askandar bersama KKP

Selasa, 15 Oktober 2024 - 14:11 WIB

Komitmen Dorong Ekonomi Biru, Bank Mandiri Perkuat Sinergi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan

Bank Mandiri terus memperkuat peran sebagai agen pembangunan serta penciptaan nilai dengan menjalin kerjasama strategis bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Kerjasama ini diharapkan…

Ilustrasi Bitcoin

Selasa, 15 Oktober 2024 - 13:51 WIB

Harga Bitcoin Berhasil Menguat Mencapai $66.000

Pasar kripto memulai pekan ini dengan positif, ditandai oleh menguatnya harga Bitcoin yang  sempat melampaui level $66.000 atau di atas IDR 1 Miliar mencatat kenaikan 6% seminggu terakhir.

PT Krom Bank Indonesia Tbk

Selasa, 15 Oktober 2024 - 13:11 WIB

Fokus Bidik Nasabah Berkualitas, DPK Krom Bank Tumbuh Positif hingga Empat Kali Lipat

Hingga Agustus 2024, Krom Bank berhasil mencatatkan laba sebesar Rp93,22 miliar year-to-date (ytd) serta Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar Rp2,2 triliun, naik 348% atau lebih dari empat kali…

Direktur BCA Vera Eve Lim

Selasa, 15 Oktober 2024 - 12:56 WIB

BCA Sabet Gelar Juara Umum Pada Annual Report Award 2023

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berhasil meraih penghargaan sebagai Juara Umum di ajang Annual Report Award (ARA) 2023. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas penyusunan laporan…