Menparekraf Sandiaga Uno Hadirkan TIC Digital Nusantara, Platform Pariwisata Berbasis Teknologi

Oleh : Ridwan | Selasa, 15 Oktober 2024 - 08:00 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Uno

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno secara resmi meluncurkan Tourist Information Center (TIC) Digital Nusantara. 

Sandiaga Uno memastikan bahwa inovasi berbasis pusat informasi wisata lengkap dan modern ini akan memudahkan dan memanjakan wisatawan Nusantara.

"Platform TIC Digital Nusantara ini merupakan pusat informasi pemasaran pariwisata yang berbasis barcode, sehingga sangat mudah, aman dan lengkap untuk referensi wisatawan di Indonesia. Dalam platform ini, ada paket wisata, hotel/penginapan, jasa guide, destinasi unggulan, tempat kuliner, rent car dan lain-lain,” katanya di Jakarta (14/10).

Menurut Sandiaga Uno, pembentukan platform TIC Digital Nusantara merupakan bagian dari komitmen pemerintah untuk meningkatkan infrastruktur digital, mulai dari peningkatan kecepatan, efisiensi, dan digitalisasi layanan imigrasi hingga peningkatan konektivitas dan kecepatan internet. 

"Pemasaran pariwisata ini sangat aman mudah dan lengkap, karena sudah dikurasi oleh stakeholder terkait antara lain, PHRI, HPI, ASITA, ASTINDO, dan lain-lain. Sehingga semua wisatawan akan lebih leluasa memilih apapun yang diinginkan, baik destinasi maupun akomodasi," jelas Sandiaga Uno.

"Bagi wisatawan, kini akses ke destinasi-destinasi utama Indonesia seperti Bali, Lombok, Jakarta, Surabaya, Labuhan Bajo, Danau Toba, Likupang, dan lain-lain menjadi lebih cepat dan mudah dari sebelumnya," tambahnya.

Platform baru TIC Digital Nusantara ini merupakan hasil dari Proyek Perubahan Diklat Kepemimpinan Tingkat II (PKN II) angkatan 16 tahun 2024 yang diselenggarakan oleh LAN RI.

Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf, Dwi Marhen Yono, selaku Peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat II (PKN II) angkatan 16 tahun 2024, menjelaskan dengan TIC Digital Nusantara ini, diharapkan berwisata menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

"Serta diharapkan pula wisatawan bisa mendapatkan informasi pemasaran pariwisata yang lengkap dan aman dengan sangat mudah hanya dengan sekali klik atau scan barcode saja," terang Marhen.

Platform TIC Digital Nusantara akan menjadi pusat informasi pemasaran pariwisata berbasis teknologi yang memudahkan wisatawan merencanakan perjalanannya dengan lebih baik dan leluasa.

Hanya dengan memindai kode barcode, wisatawan dapat mengakses berbagai informasi mulai dari objek wisata, akomodasi, transportasi, hingga layanan lainnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Ni Made Ayu Marthini berharap bahwa TIC Digital Nusantara mampu mendorong lebih banyak lagi perjalanan wisatawan di Indonesia.

"TIC Digital Nusantara ini akan membantu wisatawan mengakses seluruh informasi pemasaran pariwisata yang mereka butuhkan seputar wisata di seluruh Tanah Air/Nusantara,” ujar Ni Made Ayu Marthini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Diskusi Forum Wartawan Perumahan Rakyat (Forwapera) bertema “Gotong Royong Mewujudkan Mimpi Bangun 3 Juta Rumah”

Sabtu, 21 Desember 2024 - 22:40 WIB

Asa Presiden Prabowo Entaskan Kemiskinan Lewat Program 3 Juta Rumah

Presiden Prabowo Subianto terus berupaya mengentaskan kemiskinan di Tanah Air, salah satu upayanya melalui program 3 juta rumah. Pemerihtah berharap program ini dapat menekan angka kemiskinan…

Wamenperin Faisol Riza

Sabtu, 21 Desember 2024 - 19:30 WIB

Kemenperin Acungi Jempol Komitmen MMKSI Penuhi TKDN, Investasi Hingga Buka Lapangan Kerja

Wakil Menteri Perindustrian (Wamenperin) Faisol Riza mengapresiasi komitmen PT Mitsubishi Motors Krama Yudha (MMKI) dalam mematuhi regulasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

LAZNAS Mandiri Amal Insani gelar khitan massal gratis untuk 1.600 Anak Yatim dan Dhuafa seluruh Indonesia.

Sabtu, 21 Desember 2024 - 19:25 WIB

LAZNAS Mandiri Amal Insani Sukses Gelar Khitan Massal Gratis untuk 1.600 Anak Yatim dan Dhuafa

Program ini mencakup Jabodetabek: 600 anak, Kantor perwakilan LAZNAS Mandiri Amal Insani di 8 provinsi: 850 anak, Pulau-pulau terluar seperti Morowali, Bontang, dan lokasi bencana: 150 anak.

Bayu Kris (Chef & Product Development Manager), Raphael Norman (Marketing Manager), Farah Haryani (General Manager Operational), & Ade Herlambang, R&D Beverage PT. Excelso Multi Rasa.

Sabtu, 21 Desember 2024 - 19:02 WIB

Société Luncurkan Menu Spesial Akhir Tahun untuk Sambut Natal dan Tahun Baru

Merayakan Natal dan tahun baru, Société meluncurkan menu of the month edisi khusus akhir tahun meliputi varian mocktail, cokctail dan steak premium.

Gerai Lengkong - Kota Tangerang Selatan untuk menegaskan peran perempuan sebagai pelopor perubahan dalam keberlanjutan lingkungan. Program bertajuk “SIAP PILAH OLAH SAMPAH 1000 PEREMPUAN”, hasil kolaborasi Gerai Hijau dengan Pemerintah Kota Tangerang Selatan, FatHopes, dan organisasi mitra lainnya.

Sabtu, 21 Desember 2024 - 18:06 WIB

Sambut Hari Ibu, Perempuan Pelopor Perubahan Soroti Pentingnya Kolaborasi Lintas Sektor dalam Keberlanjutan Lingkungan

Dalam semangat memperingati Hari Ibu, sebuah inisiatif luar biasa lahir di Gerai Lengkong - Kota Tangerang Selatan untuk menegaskan peran perempuan sebagai pelopor perubahan dalam keberlanjutan…