Menparekraf Sandiaga Uno Hadirkan TIC Digital Nusantara, Platform Pariwisata Berbasis Teknologi

Oleh : Ridwan | Selasa, 15 Oktober 2024 - 08:00 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Uno

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno secara resmi meluncurkan Tourist Information Center (TIC) Digital Nusantara. 

Sandiaga Uno memastikan bahwa inovasi berbasis pusat informasi wisata lengkap dan modern ini akan memudahkan dan memanjakan wisatawan Nusantara.

"Platform TIC Digital Nusantara ini merupakan pusat informasi pemasaran pariwisata yang berbasis barcode, sehingga sangat mudah, aman dan lengkap untuk referensi wisatawan di Indonesia. Dalam platform ini, ada paket wisata, hotel/penginapan, jasa guide, destinasi unggulan, tempat kuliner, rent car dan lain-lain,” katanya di Jakarta (14/10).

Menurut Sandiaga Uno, pembentukan platform TIC Digital Nusantara merupakan bagian dari komitmen pemerintah untuk meningkatkan infrastruktur digital, mulai dari peningkatan kecepatan, efisiensi, dan digitalisasi layanan imigrasi hingga peningkatan konektivitas dan kecepatan internet. 

"Pemasaran pariwisata ini sangat aman mudah dan lengkap, karena sudah dikurasi oleh stakeholder terkait antara lain, PHRI, HPI, ASITA, ASTINDO, dan lain-lain. Sehingga semua wisatawan akan lebih leluasa memilih apapun yang diinginkan, baik destinasi maupun akomodasi," jelas Sandiaga Uno.

"Bagi wisatawan, kini akses ke destinasi-destinasi utama Indonesia seperti Bali, Lombok, Jakarta, Surabaya, Labuhan Bajo, Danau Toba, Likupang, dan lain-lain menjadi lebih cepat dan mudah dari sebelumnya," tambahnya.

Platform baru TIC Digital Nusantara ini merupakan hasil dari Proyek Perubahan Diklat Kepemimpinan Tingkat II (PKN II) angkatan 16 tahun 2024 yang diselenggarakan oleh LAN RI.

Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf, Dwi Marhen Yono, selaku Peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat II (PKN II) angkatan 16 tahun 2024, menjelaskan dengan TIC Digital Nusantara ini, diharapkan berwisata menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

"Serta diharapkan pula wisatawan bisa mendapatkan informasi pemasaran pariwisata yang lengkap dan aman dengan sangat mudah hanya dengan sekali klik atau scan barcode saja," terang Marhen.

Platform TIC Digital Nusantara akan menjadi pusat informasi pemasaran pariwisata berbasis teknologi yang memudahkan wisatawan merencanakan perjalanannya dengan lebih baik dan leluasa.

Hanya dengan memindai kode barcode, wisatawan dapat mengakses berbagai informasi mulai dari objek wisata, akomodasi, transportasi, hingga layanan lainnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Ni Made Ayu Marthini berharap bahwa TIC Digital Nusantara mampu mendorong lebih banyak lagi perjalanan wisatawan di Indonesia.

"TIC Digital Nusantara ini akan membantu wisatawan mengakses seluruh informasi pemasaran pariwisata yang mereka butuhkan seputar wisata di seluruh Tanah Air/Nusantara,” ujar Ni Made Ayu Marthini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) yang diadakan di Jakarta, Senin (14/10/2024).

Selasa, 15 Oktober 2024 - 11:02 WIB

Perpusnas Susun Rencana Induk Pengarusutamaan Naskah Kuno Nusantara

Rencana Induk Nasional Pengarusutamaan Naskah Kuno Nusantara diharapkan mampu mengidentifikasi, melestarikan, dan mendayagunakan naskah-naskah tersebut untuk kepentingan budaya dan ilmu pengetahuan.

Muhammad Risma

Selasa, 15 Oktober 2024 - 10:49 WIB

Kisah Muhammad Risma Mahasiswa IT President University dari Wilayah 3T yang Sukses Raih Dana Inkubasi Bangkit USD10.000

Muhammad Risma, mahasiswa aktif President University Prodi Teknologi Informasi (IT) angkatan tahun 2021 berhasil meraih pendanaan sebesar USD 10.000 atau sekitar Rp140 juta dari Google dan Dikti.

Wuling Alvez

Selasa, 15 Oktober 2024 - 10:45 WIB

Testimoni Konsumen Wuling Alvez: Mobil Modern yang Irit Konsumsi BBM

Anan, pengguna Wuling Alvez EX asal Tangerang. Konsumen setia yang sudah menggunakan kendaraan tersebut sejak 2023. Menurut dia, pengalaman terbaik menggunakan kendaraan hemat BBM (bahan bakar…

Ketua Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) Edy Suyanto

Selasa, 15 Oktober 2024 - 10:30 WIB

Asaki Yakin Perpanjangan HGBT & SNI Wajib Keramik Dorong Terciptanya Pembangunan 3 Juta Rumah

Asaki optimis perpanjangan Kebijakan HGBT melalui KepmenESDM No.255 tahun 2024 dan Permenperin No.36 tahun 2024 tentang SNI WAJIB semakin memberikan optimisme bagi industri keramik nasional…

Siswadi mengajukan pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari BRI untuk perawatan pohon jambu citra yang digunakannya untuk membeli pupuk dan obat hama.

Selasa, 15 Oktober 2024 - 10:28 WIB

Kisah Pengusaha Jambu di Kudus, Sukses Kembangkan Usaha Berkat Pemberdayaan BRI

Bentuknya menyerupai lonceng, buahnya tebal, kadar airnya tinggi dan rasanya manis. Itulah yang disukai masyarakat dari jambu citra. Ya. jambu citra menjadi salah satu varietas jambu air unggulan…