Ini Tips Selfie Redmi 14C, Hape Sejutaan dengan Kamera Canggih untuk Selfie

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 12 Oktober 2024 - 19:27 WIB

Ilustrasi Selfie dengan Redmi 14C
Ilustrasi Selfie dengan Redmi 14C

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Meski terlihat seperti tren modern, selfie sebenarnya sudah ada sejak tahun 1839. Seiring dengan perkembangan teknologi, terutama smartphone yang kini dilengkapi dengan kamera depan dan belakang, selfie menjadi semakin populer. Agar hasil selfie semakin maksimal, ada dua hal yang perlu diperhatikan yaitu, wajah yang tampak segar dan perangkat dengan kamera yang berkualitas.

Menurut MUA bersertifikasi Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Elly Sitompul, wajah segar tidak harus selalu memakai make-up tebal. Kuncinya ada di mata yang berbinar dan natural. “Eyeliner dan maskara itu wajib, bisa ditambah bulu mata jika perlu. Alis jangan terlalu tajam, agar terlihat ramah. Lalu, sesuaikan blush on dengan baju dan contour wajah agar tampak lebih lonjong,” katanya dalam acara Beauty Meets Tech Gadgetdiva.id di Kafe Kumpul, Jakarta.

Jika sudah tampil fresh, kini saatnya memilih smartphone dengan kamera selfie yang mumpuni, seperti Redmi 14C!

Tips Selfie Angle dengan Redmi 14C

Jika wajah sudah dirasa cukup fresh, selfie pun harus dilakukan dengan perangkat yang tepat. Kamera smartphone Redmi 14C memiliki kamera selfie yang mumpuni.

Di bagian atas layar terdapat sebuah poni berbentuk tetesan air yang menampung kamera depan 13 MP, lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya, sehingga bisa memberikan ketajaman yang lebih baik. Adapun kamera utamanya masih sama seperti pendahulunya, memiliki resolusi 50 MP (f/1.8).

13MP front camera ini dilengkapi dengan fitur Night mode dan software-level soft-light ring sehingga pengguna bisa selalu siap kamera, kapan saja. Kedua kamera tersebut dilengkapi dengan fitur filmCamera, yang menyediakan beragam filter yang cocok untuk menciptakan hasil foto dan video yang memukau.

Lalu bagaimana cara mengambil selfie dengan angle terbaik menggunakan Redmi 14C?

Tech Reviewer sekaligus founder komunitas fotografi ‘Twenty Two Seconds’, Prasetyo Herfianto mengungkap jika menghasilkan sebuah swafoto atau selfie terbaik sebetulnya relatif mudah, asalkan sudah menguasai sejumlah tips dasar seperti mengetahui angle wajah, framing, hingga memanfaatkan fitur yang ada pada smartphone.

“Walaupun terjangkau, kamera Redmi 14C sudah sangat cukup untuk hasilkan selfie berkualitas, karena telah dibekali fitur seperti algoritma kecantikan yang tetap terlihat natural,” kata pria yang akrab disapa Pras.

Berikut tips dari Pras untuk membuat foto selfie lebih ciamik lagi menggunakan Redmi 14C:

1. Tentukan framing

Smartphone masa kini memiliki jenis sensor kamera depan berbeda-beda. Ada yang punya sudut pandang lebar yang lebih pas untuk foto dalam grup, dan untuk jenis kamera seperti ini, letakkan wajah di bagian tengah sensor agar wajah minim distorsi. Sementara untuk jenis sensor standar, juga ada baiknya untuk meletakkan wajah di tengah, dan sisakan jarak dengan keempat sudut frame. Untuk mempermudah juga dapat memanfaatkan fitur grid yang terdapat pada Redmi 14C, hal ini membantu untuk memastikan wajah masih terlihat jelas saat terkena cropping media sosial seperti Instagram, atau foto profil WhatsApp.

2. Ketahui sudut wajah terbaik

Untuk yang satu ini, memang diperlukan “latihan” atau foto berulang kali hingga kamu benar-benar mengetahui angle atau sudut mana yang paling baik. Menggunakan layar besar berukuran 6,88” Redmi 14C mempermudah latigan dalam menentukan sudut terbaik dan umumnya, selfie terbaik dilakukan dengan kamera sejajar bersama pandangan mata alias eye-level. Tinggal tentukan apakah sudut kiri atau sudut kanan wajah, maupun kemiringan tertentu yang lebih pas.

3. Perhatikan latar

Akan lebih baik bila swafoto atau selfie, diambil dengan latar alias background yang tidak mengganggu. Dalam artian, tidak mendominasi dan membuat foto wajah menjadi kurang menonjol sebagai obyek utama.

4. Manfaatkan fitur kamera

Mulai dari efek portrait hingga beauty, ada banyak fitur kamera smartphone saat ini yang bisa kamu eksplorasi atau manfaatkan, termasuk saat sedang mengambil swafoto. Jangan takut untuk eksplorasi efek beauty yang disematkan, karena kini sudah bisa menyesuaikan wajah secara lebih natural. Manfaatkan pula timer atau gestur untuk ambil gambar demi meminimalisir hasil yang blur. Algoritme kecantikan terbaru dari Redmi 14C juga mengoptimalkan hasil selfie dari berbagai sudut, dengan fitur seperti efek penghalusan, perampingan, dan pembesaran mata.

5. Pastikan pencahayaan cukup

Cari sumber cahaya yang pas, hindari kondisi seperti backlight agar foto bisa lebih cerah dan tajam tanpa meninggalkan noise pada wajah. Manfaatkan pula fitur seperti meningkatkan kecerahan layar smartphone, sebagai sumber cahaya tambahan ketika dalam kondisi lebih gelap. Dengan menggunakan Redmi 14C, pengalaman selfie menjadi lebih menarik berkat dukungan mode malam yang memastikan hasil foto tetap terang dan jelas meskipun dalam kondisi minim cahaya. Cahaya dari ring lampu akan memperbaiki kualitas selfie di berbagai situasi.

6. Bersihkan kamera lebih dulu

Seperti yang kita tahu, kamera depan smartphone terletak di bagian atas layar—sebuah area yang sering tersentuh jari maupun telinga ketika sedang bertelepon. Pastikan kaca kamera sudah bersih, atau terhindar dari halangan seperti lapisan antigores mengganggu. Sangat berpengaruh terhadap hasil gambar.

7. Jangan buru-buru!

Berbeda dengan menangkap momen yang sedang lewat dari kamera belakang, selfie sering kali dilakukan dengan obyek utama wajah kita sendiri. Maka dari itu, dengan waktu dan gaya yang semua dalam kendali, ada baiknya untuk tidak tergesa-gesa, supaya hasil foto lebih maksimal serta minim blur.

Hadir dengan Layar Besar, Desain Keren, Redmi 14C bisa menjadi pilihan yang menarik. Layar berukuran 6,88" yang imersif dan refresh rate hingga 120 Hz, memberikan pengalaman visual yang lebih sinematik. Ditenagai oleh prosesor MediaTek Helio G81-Ultra dan RAM hingga 16 GB dengan fitur Ekstensi memori, smartphone ini menawarkan kinerja yang andal. Baterai 5.160 mAh mendukung pengisian daya cepat 18W, memastikan daya tahan yang optimal. Kamera utama 50 MP dan kamera depan 13 MP dengan mode malam serta algoritme kecantikan terbaru menghasilkan foto berkualitas tinggi. Desainnya ultratipis, elegan, dan terinspirasi dari keindahan alam, dengan bodi bertekstur matte yang premium.

Tersedia dalam tiga warna atraktif yakni Midnight Black, Dreamy Purple, dan Starry Blue, harga Redmi 14C tentu dibanderol sangat terjangkau, meski membawa setup kamera unggulan di kelasnya. Varian memori 6GB+128GB dibanderol Rp1,499,000, sementara untuk opsi 8GB+256GB dibanderol Rp1,799,000.

Redmi 14C telah tersedia di kanal penjualan resmi Xiaomi Indonesia secara online dan offline sejak tanggal 25 September 2024. Untuk kanal penjualan online, Redmi 14C tersedia di Mi.com, Xiaomi Official Store (Akulaku, Blibli, Lazada, Shopee, TikTok Shop, Tokopedia). Sementara untuk kanal penjualan offline tersedia di Xiaomi Store, Preferred Partners, dan Erafone.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

President Director dan Group CTO DataOn Humanica, Gordon Enns di panggung konferensi

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 21:01 WIB

DataOn Humanica Sukses Selenggarakan Konferensi HR Tahunan ke-14

DataOn Humanica sukses menyelenggarakan Konferensi HR Tahunan ke-14 pada hari Kamis, 10 Oktober 2024, di Tribrata Darmawangsa, Jakarta Selatan. Acara yang sangat dinantikan ini menarik sekitar…

Istri para nelayan di Rembang mengikuti pelatihan pengolahan limbah Rajungan

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 20:36 WIB

FishLog Gelar Pelatihan Manajemen Limbah Rajungan kepada Istri Nelayan

FishLog startup dibawah PT Rantai Pasok Ekosistem yang bergerak di bidang perikanan, menggelar pelatihan manajemen limbah rajungan kepada istri nelayan di Rembang, Jawa Tengah, Sabtu (12/10/2024).

(ki-ka) Riga Sunkara - Division Head of Digital Business Permata Bank, Meliza M. Rusli - Direktur Utama Permata Bank, Djumariah Tenteram - Direktur Consumer Banking Permata Bank dan Morgan Oey - Brand Ambassador Permata Bank dalam peluncuran Permata ME

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 17:05 WIB

Permata ME, Wajah Baru Mobile Banking Permata Bank Untuk Pengalaman Bertransaksi Dalam Genggaman

Permata ME wajah baru dari mobile banking Permata Bank menawarkan aplikasi dengan desain, performa dan fitur lebih canggih yang menawarkan solusi perbankan yang lebih mudah digunakan dan lengkap…

Peluncuran Neutrogena® Visible Repair dengan Pure Retinol SA (Sustained Action)

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 14:45 WIB

NEUTROGENA® Luncurkan Produk Visible Repair Dengan Pure Retinol SA (Sustained Action) Yang Efektif Mencegah dan Mengurangi Tampilan Kerutan dan Garis Halus

Neutrogena® brand dermocosmetics dibawah naungan Kenvue meluncurkan inovasi terbarunya yaitu seri produk Visible Repair dengan Pure Retinol SA (Sustained Action) yang merupakan seri produk…

Ramon Armando saat menerima penghargaan

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 14:38 WIB

Ramon Armando Raih Penghargaan Kreatif untuk Keberlanjutan dan Kreativitas Lingkungan di IDeaward 2024

INDUSTRY.co.id-Jakarta – Ramon Armando telah berhasil meraih penghargaan bergengsi dalam kategori Kreatif untuk Keberlanjutan dan Kreativitas Lingkungan pada ajang IDeaward 2024. Penghargaan…