Menperin Agus Sukses Fasilitasi Pelaku Industri RI Raih Kerjasama USD10 Juta di WMO Jepang

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 12 Oktober 2024 - 10:13 WIB

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Indonesia menunjukkan komitmennya untuk terus meningkatkan daya saing industri nasional di kancah global dengan turut berpartisipasi dalam pameran internasional Manufacturing World Osaka (MWO) yang berlangsung pada 2-4 Oktober 2024 di Jepang. 

Sebanyak 10 pelaku industri manufaktur Indonesia berkesempatan menjadi co-exhibitor pada ajang tersebut, dengan memperkenalkan beragam inovasi serta produk unggulan mereka kepada para pengunjung dari berbagai negara.

Kesepuluh peserta itu difasilitasi booth oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin), dengan mengusung tema “Making Indonesia 4.0”. Upaya ini diharapkan dapat mendorong implementasi teknologi industri 4.0 secara berkelanjutan sekaligus menarik investasi dari para penanam modal skala global.

“Keikutsertaan Indonesia dalam pameran internasional Manufacturing World Osaka tahun ini membuahkan hasil yang sangat membanggakan. Melalui ajang tersebut, telah tercapai kesepakatan bisnis lebih dari USD10 juta dari kerja sama dengan perusahaan-perusahaan Jepang,” kata Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita yang dikutip pada Sabtu (11/10/2024).

Menperin Agus mengemukakan, terjalinnya kerja sama itu membuktikan bahwa teknologi dan inovasi industri dalam negeri sudah semakin diakui secara global. 

“Kami optimistis, kolaborasi ini akan membuka peluang investasi yang lebih besar, mempercepat transformasi industri 4.0 di tanah air, dan meningkatkan daya saing industri Indonesia di kancah internasional," ujarnya.

Selain itu, capaian kesepakatan sebesar USD10 juta merupakan langkah signifikan dalam mempromosikan industri Indonesia di kancah global. 

“Kesepakatan ini tidak hanya menunjukkan potensi produk Indonesia, tetapi juga kepercayaan dari pihak asing terhadap kualitas dan daya saing industri nasional. Keberhasilan ini menjadi motivasi bagi pelaku industri untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi,” papar Menoerin Agus.

Selama pameran, booth Indonesia berhasil menarik lebih dari 500 pengunjung yang terdiri dari pelaku industri, akademisi, dan pemangku kepentingan lainnya. Antusiasme pengunjung menunjukkan tingginya minat terhadap produk dan teknologi yang ditawarkan oleh pelaku industri Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wisatawan mancanegara

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 11:45 WIB

Naik 20,38%, Kunjungan Wisman ke Indonesia Sepanjang Januari - Agustus 2024 Tembus 9,9 Juta

Performansi kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia menunjukkan peningkatan positif di mana secara kumulatif sepanjang Januari hingga Agustus 2024 telah mencapai 9,09 juta atau…

Ilustrasi Krakatau Posco (foto Ist)

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 11:43 WIB

Krakatau Posco Resmi Sandang Status Obvitnas Bidang Industri Berdasarkan Keputusan Menteri Perindustrian

Industri baja memiliki peran krusial dalam mendorong pembangunan dan kemajuan suatu negara, baik dalam mendukung pembangunan infrastruktur, menopang sektor industri lainnya, hingga keamanan…

Parade 7 JMFW yang diadakan di Hall 10, Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, pada Kamis (10/10).

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 11:23 WIB

Jakarta Muslim Fashion Week 2025 Cetak Desainer Muda Berbakat, Siap Saingi Pasar Global

JMFW 2025 tidak hanya memamerkan kreativitas, tetapi juga mengusung inovasi desain dalam industri modest fashion yang semakin berkembang di Indonesia.

Ekonomi Digital

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 11:11 WIB

Kolaborasi Generasi Muda dan Teknologi Menuju Keuangan Digital Inklusif

Generasi Baru Indonesia (GenBI) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menjadi salah satu delegasi kegiatan Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) x Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2024.

Kolaborasi Binawan dan GSC SEA buka peluang karir internasional di Jepang.

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 10:44 WIB

Binawan dan GSC SEA Buka Peluang Karier Internasional untuk Tenaga Profesional Indonesia di Jepang

Binawan dan GSC SEA secara resmi mengumumkan kerjasama ini, yang difokuskan pada penempatan tenaga kerja Indonesia di Jepang.