PERURI Bekali 40 UMKM Jawa Barat dengan Pelatihan Branding untuk Go Global

Oleh : Nina Karlita | Sabtu, 12 Oktober 2024 - 00:20 WIB

PERURI bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (Diskuk) Jawa Barat menyelenggarakan pelatihan kepada 40 UMKM Jawa Barat terpilih.
PERURI bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (Diskuk) Jawa Barat menyelenggarakan pelatihan kepada 40 UMKM Jawa Barat terpilih.

INDUSTRY.co.id - Bandung – PT Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (PERURI), melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), terus menguatkan komitmennya dalam mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk bersaing di era digital yang kompetitif. 

Dalam upaya untuk meningkatkan daya saing UMKM, PERURI bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (Diskuk) Jawa Barat menyelenggarakan pelatihan yang difokuskan pada teknik branding, terutama dalam bidang copywriting yang efektif dan fotografi produk. 

Diikuti 40 UMKM Jawa Barat terpilih, pelatihan yang digelar di Neo Hotels Bandung (8/10/2024) ini bertujuan untuk membantu UMKM mengoptimalkan pesan dan visual produk mereka sehingga dapat menarik perhatian lebih banyak konsumen, baik di pasar lokal maupun global.

Aris Wibowo, Penanggung Jawab Strategic Corporate Branding dan TJSL PERURI, meyakini bahwa investasi dalam peningkatan kemampuan UMKM dalam branding dan pemasaran digital sangat penting dalam menghadapi tantangan pasar global saat ini. 

"Melalui pelatihan ini, kami berharap UMKM dapat memperkuat fondasi bisnis mereka dan memanfaatkan peluang digitalisasi dengan lebih baik," jelasnya.

Pelatihan hari itu dibawakan oleh para pemateri ahli seperti Elfa Setiawan, S.S., M.M., dosen tetap dan praktisi marketing dari Institut STIAMI, serta fotografer Karina Nurul Islami. 

Peserta seperti Rahmat Bainur dari R&A Food menyambut baik inisiatif ini, menyatakan bahwa pelatihan ini membuka wawasan dan keterampilan baru yang krusial bagi pengembangan bisnisnya.

Selain pelatihan ini, PERURI juga aktif melaksanakan program Peruri Digital Entrepreneur Academy yang memberikan dukungan intensif kepada UMKM dalam mengadopsi digitalisasi bisnis mereka. Program ini telah terbukti berhasil sejak diluncurkan pada tahun 2022, dengan rencana untuk terus memberikan manfaat kepada UMKM setiap tahunnya.

Dalam rangkaian program ini, lima UMKM dengan kinerja terbaik akan diberikan kesempatan untuk mengikuti program inkubasi lanjutan serta berpotensi untuk mengikuti pameran internasional. Langkah ini diharapkan dapat membantu UMKM memperluas jaringan bisnisnya dan meningkatkan akses ke pasar ekspor yang lebih luas.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Varian terbaru, Stella Balinese Jasmine Sensation, menawarkan keharuman menenangkan yang memadukan aroma jasmine dengan sentuhan fruity green, ylang ylang, mawar, dan balsamic.

Jumat, 11 Oktober 2024 - 23:51 WIB

Godrej Consumer Hadirkan Stella Balinese Jasmine Sensation, Wangi Menenangkan ala Bali

Varian terbaru, Stella Balinese Jasmine Sensation, menawarkan keharuman menenangkan yang memadukan aroma jasmine dengan sentuhan fruity green, ylang ylang, mawar, dan balsamic.

Presiden Jokowi resmikan RS Hermina Nusantara, bertempat di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Jumat, 11 Oktober 2024 - 21:10 WIB

Panglima TNI Dampingi Presiden Jokowi Resmikan RS Hermina Nusantara di IKN

(Puspen TNI), Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mendampingi Presiden RI Joko Widodo meresmikan Rumah Sakit (RS) Hermina Nusantara, bertempat di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser…

Penggunaan S Pen untuk menggambar sketsa

Jumat, 11 Oktober 2024 - 20:59 WIB

Ini S Pen dan Galaxy Z Fold6, Duet Sempurna untuk Berkreasi

Samsung terus konsisten menghadirkan device yang bisa memudahkan keseharian pengguna dalam komunikasi dan bekerja yang produktif. Hal ini diwujudkan dengan berbagai inovasi pada device Galaxy…

Gedung Mahkamah Agung (Globalindo)

Jumat, 11 Oktober 2024 - 20:28 WIB

Dugaan Pemotongan Honorarium Hakim Agung Disorot

Hakim agung yang terlibat dalam kasus dugaan korupsi pemotongan honorarium hakim agung dan/atau gratifikasi dan/atau TPPU pada Mahkamah Agung (MA) RI dalam Tahun Anggaran 2022-2023-2024 sebesar…

Menperin Agus

Jumat, 11 Oktober 2024 - 19:48 WIB

Menperin Agus Bawa 10 Pelaku Industri Unjuk Inovasi di WMO Jepang, Raup Kerja Sama USD10 Juta

ndonesia menunjukkan komitmennya untuk terus meningkatkan daya saing industri nasional di kancah global dengan turut berpartisipasi dalam pameran internasional Manufacturing World Osaka (MWO)…