Perkuat Sektor Kesehatan dan Pendidikan di Indonesia, Pemerintah Tetapkan Dua KEK Baru

Oleh : Hariyanto | Kamis, 10 Oktober 2024 - 11:40 WIB

Salah satu KEK baru (dok. ekon)
Salah satu KEK baru (dok. ekon)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Presiden Joko Widodo baru saja menetapkan dua KEK baru yaitu KEK Edukasi, Teknologi, dan Kesehatan Internasional Banten melalui Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2024 dan KEK Pariwisata Kesehatan Internasional Batam melalui Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2024, pada 7 Oktober 2024. 

Kedua KEK ini diharapkan dapat membawa dampak signifikan terhadap perekonomian nasional, sekaligus memberikan manfaat langsung kepada masyarakat dengan peningkatan lapangan pekerjaan dan inovasi, serta berbagai multiplier effect lainnya.

“Setiap KEK memiliki fokus pengembangan yang spesifik dan diharapkan dapat memberikan dampak signifikan terhadap perekonomian, menciptakan lapangan kerja, serta menarik investasi. Langkah ini mencerminkan upaya Pemerintah dalam meningkatkan daya saing ekonomi nasional melalui pengembangan sektor-sektor strategis,” ujar Sekretaris Jenderal Dewan Nasional KEK Rizal Edwin Manansang.

KEK Edukasi, Teknologi, dan Kesehatan Internasional Banten di Kabupaten Tangerang bergerak di bidang pendidikan dan pelayanan kesehatan internasional dengan pengembangan teknologi digital dan diusulkan oleh PT Surya Inter Wisesa (SIW), anak perusahaan PT Bumi Serpong Damai (BSD). Kawasan dengan area sebesar 59,68 ha ini berlokasi di Kabupaten Tangerang.

Dengan target realisasi investasi sebesar Rp18,8 triliun saat beroperasi penuh, KEK ini diharapkan dapat menyerap tenaga kerja hingga 13.446 orang. KEK ini akan menjadi pusat pendidikan internasional dengan beroperasinya Monash University sebagai salah satu universitas terbaik ke-37 di dunia, bidang riset, ekonomi digital, dan pengembangan teknologi dengan target 100 start-ups, bidang kesehatan dengan pelayanan yang terintegrasi, serta industri kreatif.

Penetapan KEK Edukasi, Teknologi, dan Kesehatan Internasional Banten bertujuan mempercepat penciptaan lapangan kerja serta mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Selain berkontribusi pada pembangunan ekonomi lokal, KEK ini juga dirancang untuk mendukung percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi nasional.

PT Surya Inter Wisesa, sebagai pengusul, membawa jaringan praktisi kesehatan internasional yang berfokus pada estetika medis, sementara di bidang teknologi, kawasan ini akan menjadi pusat digital (digital hub) dan inkubator bagi perusahaan rintisan (start-up). Kehadiran perguruan tinggi luar negeri di kawasan ini juga akan memperkaya ekosistem pendidikan, menjadikan KEK ini sebagai pusat inovasi, teknologi, dan pendidikan berstandar internasional.

Sementara itu, KEK Pariwisata Kesehatan Internasional Batam, yang diinisiasi oleh PT Karunia Praja Pesona menargetkan realisasi investasi hingga Rp6,91 triliun dengan potensi penyerapan tenaga kerja sebanyak 105.406 orang. Apollo Hospital India selaku investor utama berkomitmen untuk menyelesaikan pembangunan layanan kesehatan berstandar internasional dan peningkatan medical-tourism, yang ditargetkan akan rampung dan beroperasi di tahun 2026. Dengan dibentuknya KEK Pariwisata Kesehatan Internasional Batam, diharapkan akan terjadi penghematan devisa hingga Rp500 miliar.

KEK Pariwisata Kesehatan Internasional Batam diharapkan mampu menghadirkan layanan kesehatan berstandar internasional dengan menggandeng Apollo Hospitals, penyedia layanan kesehatan swasta terbesar di India. Apollo dikenal karena kemampuannya menyediakan perawatan berkualitas internasional dengan biaya yang kompetitif.

Dengan spesialisasi dalam berbagai layanan kesehatan canggih seperti onkologi, kardiologi, neurologi, serta perawatan bedah berbasis robotik, kehadiran Apollo di Batam akan membuka peluang bagi KEK ini untuk menawarkan perawatan kelas dunia. Ini akan memperkuat posisi Batam sebagai destinasi pariwisata kesehatan regional yang kompetitif, sekaligus mengurangi pengeluaran devisa melalui peningkatan layanan medis dalam negeri, sehingga masyarakat Indonesia tidak perlu lagi mencari perawatan ke luar negeri.

Dengan adanya KEK Edukasi, Teknologi, dan Kesehatan Internasional Banten dan KEK Pariwisata Kesehatan Internasional Batam, Indonesia semakin memperkuat posisinya sebagai negara yang berdaya saing tinggi di sektor pendidikan, kesehatan, dan pariwisata medis. Kedua KEK tersebut akan memberikan dampak positif yang luas, baik dari segi ekonomi, sosial, maupun pengembangan sumber daya manusia.

Hingga saat ini, Indonesia memiliki 22 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), yang terdiri dari 12 KEK Industri, yaitu Gresik, Kendal, Sei Mangkei, Arun Lhokseumawe, Galang Batang, Morotai, Palu, Sorong, MBTK, Bitung, Tanjung Sauh, dan Setangga; 7 KEK Pariwisata, yaitu Mandalika, Lido, Tanjung Lesung, Kura Kura Bali, Tanjung Kelayang, Likupang, dan Sanur (Pariwisata-Kesehatan); 2 KEK Digital, yaitu Nongsa dan Singhasari; serta 1 KEK Jasa lainnya (KEK MRO), yaitu Batam Aero Technic (BAT). 

Dengan bertambahnya 2 KEK baru, total Kawasan Ekonomi Khusus yang telah ditetapkan oleh Presiden menjadi 24 KEK, sedangkan 8 KEK lainnya masih dalam proses penetapan.

Secara kumulatif sejak berdirinya KEK hingga Juni tahun 2024, 22 KEK yang ada berhasil mencatatkan investasi senilai Rp205,2 triliun. Sementara itu, penyerapan tenaga kerja di seluruh KEK mencapai 132.227 orang, dari total 368 jumlah pelaku usaha yang aktif di KEK.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Musim Pancaroba Bikin Banyak Penyakit, Begini Cara Mewaspadainya

Kamis, 10 Oktober 2024 - 14:01 WIB

Musim Pancaroba Bikin Banyak Penyakit, Begini Cara Mewaspadainya

Jakarta-Musim pancaroba atau peralihan antara musim hujan dan kemarau, sering kali membawa perubahan cuaca yang ekstrem. Perubahan suhu yang tiba-tiba, angin kencang, dan hujan yang tidak menentu…

COSMOBEAUTÉ INDONESIA 2024 PIONIR PAMERAN B2B KECANTIKAN TERBESAR DI INDONESIA HADIRKAN INOVASI-INOVASI YANG BERKELANJUTAN DAN RAMAH LINGKUNGAN

Kamis, 10 Oktober 2024 - 13:44 WIB

Wow, Pameran Industri Kecantikan Cosmobeauté Terbesar Kini Hadir di Jakarta Convention Center

Jakarta– Cosmobeauté Indonesia kembali digelar pada 10 – 12 Oktober 2024 di Hall A, B, & Cendrawasih, Jakarta Convention Center (JCC) - Indonesia.

HUT ke-8 Perkumpulan Agen Asuransi Indonesia (PAAI) Agen Asuransi : Profesi yang Bermartabat, Selamatkan Masa Depan Bangsa

Kamis, 10 Oktober 2024 - 13:29 WIB

Agen Asuransi Profesi yang Masih Menjanjikan

Jakarta-Industri asuransi di Indonesia terus berkembang dengan bertambahnya jumlah perusahaan asuransi dan agen yang berperan penting dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat.

Jelang Pelantikan Presiden, Istana Negara Upgrade Fasilitas Air dengan Teknologi Terbaru

Kamis, 10 Oktober 2024 - 13:13 WIB

Jelang Pelantikan Presiden, Istana Negara Upgrade Fasilitas Air dengan Teknologi Terbaru

Jakarta-Menjelang pelantikan presiden terpilih, Presiden Joko Widodo mulai mengemasi barang-barang pribadinya di Istana Kepresidenan Jakarta. Hal tersebut dibenarkan oleh Menteri Sekretaris…

Ket foto: Mochammad Annas Khadafi (berbaju batik) dari Chitra Paratama menerima penghargaan “Platinum” di ajang Continuous Improvement Convention (CIC) 2024 yang diselenggarakan oleh Productivity & Quality Management Consultant (PQM) di Discovery Ancol, 30 September - 2 Oktober 2024.

Kamis, 10 Oktober 2024 - 12:59 WIB

Inovasi Chitra Paratama Berhasil Sabet Penghargaan Platinum di Ajang Continuous Improvement Convention 2024

Jakarta-PT Chitra Paratama (Chitra), bagian dari Grup MahaDasha, kembali membuktikan komitmennya dalam inovasi dan peningkatan kualitas kerja dengan meraih penghargaan “Platinum” di ajang…