Indonesia Jadi Pasar Implementasi Kedua Untuk Inisiatif Global yang Bertujuan Membantu Meningkatkan Kehidupan Pekerja Sektor Informal Limbah

Oleh : Hariyanto | Kamis, 10 Oktober 2024 - 11:13 WIB

Responsible Sourcing Initiative Indonesia Project Launch Event
Responsible Sourcing Initiative Indonesia Project Launch Event

INDUSTRY.co.id - Jakarta – The Circulate Initiative, sebuah organisasi nirlaba yang berdedikasi untuk mengatasi permasalahan polusi plastik di lautan pada negara berkembang, mengumumkan bahwa Indonesia akan menjadi negara kedua untuk penerapan Inisiatif Pengadaan Bertanggung Jawab, sebuah program global tahunan yang dirancang untuk mengatasi tantangan hak asasi manusia yang paling mendesak dalam value chain  daur ulang plastik.

Inisiasi proyek implementasi di Indonesia dilakukan setelah peluncuran di Viet Nam awal tahun ini, mendahului proyek serupa yang direncanakan di India dan Kenya. Dengan tujuan untuk meningkatkan penghidupan pada sekitar 50.000 pekerja informal sektor limbah pada tahun 2026 di beberapa pasar tertentu, inisiatif global ini juga bertujuan untuk memastikan komitmen dari lebih dari 50 merek global, investor, pengolah daur ulang, dan pengumpul untuk mengadopsi sebuah kerangka kerja terpadu, yang menawarkan pendekatan praktis dalam menerapkan praktik sourcing  yang bertanggung jawab.

Di Indonesia, pekerja informal sektor limbah memainkan peran penting dalam pengelolaan limbah plastik, dengan mengumpulkan sekitar satu juta ton limbah per tahun. Pada tahun 2025, pemerintah Indonesia menargetkan pengurangan limbah sebesar 30% dan pengurangan sampah plastik di laut sebesar 70%, sebuah target ambisius yang tidak dapat dicapai tanpa kontribusi dari sektor informal.  

The Coca-Cola Company dan Coca-Cola Europacific Partners (CCEP) akan bermitra dengan Yayasan Mahija Parahita Nusantara untuk mendukung penerapan praktik sourcing yang bertanggung jawab dan membantu meningkatkan penghidupan para pekerja informal sektor limbah dalam value chain mitra daur ulang, PT Amandina Bumi Nusantara di Indonesia.   

Pengumuman ini disampaikan saat perwakilan dari pengolah dan pengumpul daur ulang lokal, asosiasi pekerja limbah, pemerintah, dan perusahaan global berkumpul di Jakarta pada 3-4 Oktober untuk memperdalam pemahaman tentang rantai pasokan yang bertanggung jawab serta kebutuhan dan perspektif pekerja informal sektor limbah di Indonesia,, yang dikenal secara lokal sebagai “pemulung.”

“Menciptakan pendekatan yang dapat mengubah sistem ini bertujuan untuk memastikan rantai pasokan yang bertanggung jawab yang mana membutuhkan kolaborasi dan komitmen dari semua pemangku kepentingan di sepanjang value chain daur ulang plastik. Di Indonesia, pemulung memiliki peran penting dalam membantu mengatasi krisis polusi plastik dan kami berharap dapat bekerja sama dengan mereka dengan tujuan mengatasi tantangan serta memastikan hak-hak mereka dihormati.” kata Annerieke Douma, Program Director di The Circulate Initiative. 

Paul Lalli, Senior Vice President, Global Human Rights, Labor, and Employee Relations di The Coca-Cola Company, mengatakan kontribusi sektor pengumpulan limbah informal sangat penting untuk mendorong ekonomi sirkular dan membantu memastikan pasokan plastik daur ulang berkualitas tinggi yang konsisten di Indonesia. 

"Penghormatan terhadap hak asasi manusia pada mereka yang bekerja di sektor ini sama pentingnya. Kami bangga mendukung Inisiatif Pengadaan Bertanggung Jawab dari The Circulate Initiative dan berharap dapat bekerja sama dengan mitra lokal seperti Yayasan Mahija Parahita Nusantara dan PT Amandina Bumi Nusantara dalam proyek-proyek yang membantu memperdalam pemahaman industri tentang rantai pasokan yang bertanggung jawab." kata Paul Lalli. 

“Kami sangat bergantung pada keterampilan dan kontribusi pekerja informal sektor limbah, yang memasok limbah plastik berkualitas tinggi untuk didaur ulang. Kami sangat senang bisa menjadi bagian dari inisiatif ini, untuk menerapkan praktik di dalam rantai pasokan kami sendiri yang dapat meningkatkan kondisi mereka dan menjadi model bagi rantai pasokan lainnya di Indonesia maupun negara lain.” ujar Suharji Gasali, Direktur Utama PT Amandina Bumi Nusantara. 

“Kami berharap dapat terus melanjutkan kolaborasi dan kemitraan yang erat dengan masyarakat yang tergabung dalam komunitas pemulung untuk mengeksplorasi peluang baru guna meningkatkan kesejahteraan mereka. Inisiatif ini merupakan kesempatan bagi kami untuk menyelaraskan upaya dalam mendukung mata pencaharian para pemulung, karyawan, dan keluarga mereka.” ungkap Ardhina Zaiza, Ketua Yayasan Mahija Parahita Nusantara. 

Peluncuran ini selaras dengan rilis terbaru The Circulate Initiative berjudul Kerangka Kerja Terpadu untuk Pengadaan Plastik Daur Ulang yang Bertanggung Jawab (Kerangka Terpadu), sebuah upaya global pertama yang bertujuan untuk menetapkan serangkaian indikator yang terpadu dan dapat diterapkan bagi pembeli plastik daur ulang dan organisasi lainnya dalam menerapkan praktik rantai pasokan yang bertanggung jawab. Dengan menggunakan kerangka kerja ini, hasil dari proyek di Indonesia dapat dievaluasi, dengan wawasan yang akan dibagikan dan diterapkan ke pasar lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Musim Pancaroba Bikin Banyak Penyakit, Begini Cara Mewaspadainya

Kamis, 10 Oktober 2024 - 14:01 WIB

Musim Pancaroba Bikin Banyak Penyakit, Begini Cara Mewaspadainya

Jakarta-Musim pancaroba atau peralihan antara musim hujan dan kemarau, sering kali membawa perubahan cuaca yang ekstrem. Perubahan suhu yang tiba-tiba, angin kencang, dan hujan yang tidak menentu…

COSMOBEAUTÉ INDONESIA 2024 PIONIR PAMERAN B2B KECANTIKAN TERBESAR DI INDONESIA HADIRKAN INOVASI-INOVASI YANG BERKELANJUTAN DAN RAMAH LINGKUNGAN

Kamis, 10 Oktober 2024 - 13:44 WIB

Wow, Pameran Industri Kecantikan Cosmobeauté Terbesar Kini Hadir di Jakarta Convention Center

Jakarta– Cosmobeauté Indonesia kembali digelar pada 10 – 12 Oktober 2024 di Hall A, B, & Cendrawasih, Jakarta Convention Center (JCC) - Indonesia.

HUT ke-8 Perkumpulan Agen Asuransi Indonesia (PAAI) Agen Asuransi : Profesi yang Bermartabat, Selamatkan Masa Depan Bangsa

Kamis, 10 Oktober 2024 - 13:29 WIB

Agen Asuransi Profesi yang Masih Menjanjikan

Jakarta-Industri asuransi di Indonesia terus berkembang dengan bertambahnya jumlah perusahaan asuransi dan agen yang berperan penting dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat.

Jelang Pelantikan Presiden, Istana Negara Upgrade Fasilitas Air dengan Teknologi Terbaru

Kamis, 10 Oktober 2024 - 13:13 WIB

Jelang Pelantikan Presiden, Istana Negara Upgrade Fasilitas Air dengan Teknologi Terbaru

Jakarta-Menjelang pelantikan presiden terpilih, Presiden Joko Widodo mulai mengemasi barang-barang pribadinya di Istana Kepresidenan Jakarta. Hal tersebut dibenarkan oleh Menteri Sekretaris…

Ket foto: Mochammad Annas Khadafi (berbaju batik) dari Chitra Paratama menerima penghargaan “Platinum” di ajang Continuous Improvement Convention (CIC) 2024 yang diselenggarakan oleh Productivity & Quality Management Consultant (PQM) di Discovery Ancol, 30 September - 2 Oktober 2024.

Kamis, 10 Oktober 2024 - 12:59 WIB

Inovasi Chitra Paratama Berhasil Sabet Penghargaan Platinum di Ajang Continuous Improvement Convention 2024

Jakarta-PT Chitra Paratama (Chitra), bagian dari Grup MahaDasha, kembali membuktikan komitmennya dalam inovasi dan peningkatan kualitas kerja dengan meraih penghargaan “Platinum” di ajang…