Optimalkan Strategi Bisnis Inovatif, Hutama Karya Borong 22 Penghargaan Bergengsi di Tingkat Nasional

Oleh : Candra Mata | Kamis, 10 Oktober 2024 - 09:47 WIB

Sebanyak 22 penghargaan di raih Hutama Karya melalui kompetisi pada bidang Pengembangan Bisnis, Komunikasi, Kepatuhan, hingga QHSSE.
Sebanyak 22 penghargaan di raih Hutama Karya melalui kompetisi pada bidang Pengembangan Bisnis, Komunikasi, Kepatuhan, hingga QHSSE.

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Selain berkomitmen dalam mempercepat penyelesaian sejumlah proyeknya dan mengoptimalkan kinerja keuangan, selama bulan Agustus hingga Oktober 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) juga menunjukkan prestasinya melalui perolehan 22 penghargaan bergengsi di tingkat nasional. 

Keseluruhan penghargaan diraih melalui kompetisi pada bidang Pengembangan Bisnis, Komunikasi, Kepatuhan, hingga QHSSE yang meliputi Juara 1 Kategori Master dalam ajang The Asset Manager 2024; 6 (enam) juara dalam Anugerah Humas Indonesia 2024; 2 (dua) penghargaan di 78th Media Relations Awards 2024; Jawa Pos 7 Most Popular Brand of the Year 2024; 3 (tiga) penghargaan di GRC (Governance, Risk, and Compliance) dan Performance Excellence Awards 2024; 2 (dua) penghargaan dalam The 5th Indonesia PR Summit 2024; hingga 7 (tujuh) penghargaan di Indonesia QHSE Sustainability for Business Awards 2024 (IQSA) 2024, yang mencakup The Best Company Concerned QHSE, The Best QHSE Team, The Best Senior Vice President/Vice President, The Best Women Leader for QHSE Excellence untuk Hutama Karya, dan The Best Company Concerned QHSE, The Best Safety Induction, dan The Best Senior Vice President/Vice President untuk PT Hakaaston (HKA).

Raihan ini membuktikan bahwa Hutama Karya tak hanya fokus dalam pencapaian kinerja konstruksi dan operasi, namun juga diimbangi dengan inovasi bisnis, kepatuhan, keselamatan kerja, hingga transparansi dalam komunikasi publik.

Pada kompetisi pengelolaan aset negara bertajuk The Asset Manager 2024 yang dilaksanakan oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN), Kementerian Keuangan, Hutama Karya meraih Juara 1 pada Kategori Master, meningkat dari tahun sebelumnya yang menduduki Juara ke-2. Berlokasi di Halaman Gedung A.A. Maramis Kementerian Keuangan, Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani kepada Adeliya Aminirezqi serta Dylan Prayuda Jalasena dari Divisi Pengembangan Bisnis dan Manajemen Portofolio Hutama Karya. 

Turut menyaksikan, Wakil Menteri Keuangan Thomas Djiwandono, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, serta Wakil Direktur Utama Hutama Karya Aloysius Kiik Ro.

Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani mengapresiasi para pemenang atas ide kreatifnya dalam menyiapkan strategi pengelolaan aset negara. Kompetisi yang mempertemukan para pengelola aset negara dari 55 instansi, seperti Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Badan Layanan Umum, hingga BUMN dan BUMD ini dihadirkan untuk menguji kemampuan dalam optimalisasi aset melalui kajian highest and best use. 

“Sebuah bangsa memperlakukan aset menggambarkan peradabannya. Maka kita sebagai bangsa yang beradab, perlakuan kita terhadap seluruh aset yang kita miliki haruslah efektif serta efisien. Semoga ajang ini dapat menjadi inspirasi bagi pengelola aset milik negara,” ujar Sri Mulyani.

Sementara itu, Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim mengungkapkan bahwa dalam kompetisi ini Hutama Karya melalui 3 tahapan, yaitu babak Penyisihan, Semi Final, dan Grand Final yang memiliki study case aset negara yang berbeda-beda dan berlangsung selama 1 bulan.

“Hutama Karya berhasil menjadi Juara 1 disusul oleh Wika sebagai Juara 2, dan Perum DAMRI sebagai Juara 3, pada kategori Master. Konsep Inovasi yang disajikan Hutama Karya yakni dalam pengelolaan Aset Embong di Surabaya menjadi kunci kemenangan, dengan usulan pengembangan dua tahap: compound space yang dilengkapi fasilitas publik seperti amphitheater, taman, ruang publik, dan coworking space; serta lifestyle center berkonsep green building,” ujar Adjib.

Lebih lanjut Adjib menyampaikan, dalam Anugerah Humas Indonesia 2024 yang diselenggarakan oleh Majalah PR Indonesia Hutama Karya memborong 6 penghargaan yakni Pelayanan Informasi Publik Terinovatif atas Laporan Layanan Informasi Publik Tahun 2023, PPID Pelaksana Terbaik, Akun Kanal Digital Terbaik, Majalah Internal dan Eksternal Terbaik, hingga Video Profil Perusahaan Terbaik. Penghargaan akan diserahkan pada Jum’at (11/10) di The Rich Jogja Hotel.

“Sebagai perusahaan yang mendapatkan amanah dalam pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera dengan status kepemilikan saham 100% oleh pemerintah, serta mengerjakan sejumlah Proyek Strategis Nasional (PSN), kami berkomitmen untuk transparan dan aktif dalam komunikasi publik agar informasi tersalurkan dengan cepat dan tepat melalui pengelolaan kanal dan produk komunikasi yang tepat sasaran,” imbuh Adjib.

Hal ini sejalan dengan pernyataan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, yang mengatakan bahwa BUMN memiliki tanggung jawab untuk melakukan transparansi kinerja.

“Kita terus dorong keterbukaan informasi sebagai bagian GCG dan kita harapkan Perusahaan BUMN makin hari makin transparan,” ujarnya, mengutip dari CNBC Indonesia (8/3).

Seluruh penghargaan ini menggambarkan konsistensi Hutama Karya dalam menjalankan strategi komunikasi publik yang inovatif dan transparan serta memperkokoh reputasi perusahaan sebagai pemimpin dalam sektor infrastruktur yang selalu berkomitmen pada kualitas, keterbukaan, dan keberlanjutan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mahasiswa Prodi IT President University Raih Juara di Hackathon Prestisius Columbia University AS

Kamis, 10 Oktober 2024 - 11:51 WIB

Mahasiswa Prodi IT President University Kuasai Panggung Dunia Blockchain, Raih Juara di Hackathon Prestisius Columbia University AS

Jaya Iskandar, mahasiswa Prodi IT (Teknologi Informasi) angkatan tahun 2022 President University meraih prestasi gemilang dalam ajang kompetisi Hackathon Blockchain TRON DAO yang diselenggarakan…

Booth Hyper Mega Shipping di TEI 2024

Kamis, 10 Oktober 2024 - 11:50 WIB

Meriahkan Gelaran TEI 2024, Hyper Mega Shipping Perkenalkan Sejumlah Keunggulan Layanan Prima

Trade Expo Indonesia (TEI) 2024 kali ini diikuti oleh sejumlah perusahaan ekspor di Indonesia, salah satunya Hyper Mega Shipping. Perusahaan freight forwarding terkemuka di Indonesia ini memanfaatkan…

Salah satu KEK baru (dok. ekon)

Kamis, 10 Oktober 2024 - 11:40 WIB

Perkuat Sektor Kesehatan dan Pendidikan di Indonesia, Pemerintah Tetapkan Dua KEK Baru

Presiden Joko Widodo baru saja menetapkan dua KEK baru yaitu KEK Edukasi, Teknologi, dan Kesehatan Internasional Banten melalui Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2024 dan KEK Pariwisata Kesehatan…

Responsible Sourcing Initiative Indonesia Project Launch Event

Kamis, 10 Oktober 2024 - 11:13 WIB

Indonesia Jadi Pasar Implementasi Kedua Untuk Inisiatif Global yang Bertujuan Membantu Meningkatkan Kehidupan Pekerja Sektor Informal Limbah

The Circulate Initiative, sebuah organisasi nirlaba yang berdedikasi untuk mengatasi permasalahan polusi plastik di lautan pada negara berkembang, mengumumkan bahwa Indonesia akan menjadi negara…

Pemasaran Evos King Koil melalui Store dan Digital

Kamis, 10 Oktober 2024 - 11:13 WIB

King Koil Beberkan Strategi Pemasaran Evos

Produsen matras, King Koil tidak ingin kehilangan pembeli dengan selalu mengupdate kasur-kasur yang akan dipasarkan. Dengan menggunakan teknologi, agar tidur nyaman.